Ovianty

Cara Menyembuhkan Puting Yang Lecet Pada Ibu Menyusui

Puting lecet akibat menyusui

Ada bayinya yang mengalami bingung puting? Saya pernah dan itu perjuangannya tidak mudah, untuk membuat bayi mau menyusui.

Menjadi ibu itu prinsipnya belajar, walaupun tidak semudah teori. Penyesalan terbesar saya saat hamil pertama yaitu tidak belajar banyak tentang menyusui.

Saya pikir setiap ibu akan alamiah menyusui anaknya. Seperti binatang saat anaknya lahir, langsung menyusu. Sesimpel itu. Ternyata saya salah.

Saat melahirkan anak pertama, Erin, saya memang buta tentang menyusui. Dan salahnya saya juga tidak memilih klinik bersalin yang pro asi. Sehingga Erin mengalami bingung puting. Karena sejak baru lahir, perawatnya tidak ada yang mengajarkan bagaimana menyusui.

Dan tidak ada keluarga yang menemani karena keluarga saya rata-rata pro susu formula. Alhasil Erin panas, dan diberikan susu formula di botol oleh klinik bersalin.

Salep puting lecet
Mama’s Choice Nipple Cream

Perjuangan Meng-Asihi

Setelah konsultasi dengan teman, disarankan saya belajar menyusui dengan benar. Tapi sayang karena sudah bingung puting, si kakak yang saat itu baru berusia kurang lebih 2 bulan, malah teriak-teriak histeris. Saya stress dan kena baby blues.

Teman lalu menyarankan konsultasi laktasi, dan alhamdulillah saya mulai sabar dan mengerti cara menyusui.

Pelekatan Yang Kurang Pas

Walau memang agak susah untuk pelekatan karena Erin terbiasa dengan dot susu. Alhasil puting saya lecet dan bernanah. Perih banget saat menyusui, kadang air mata mengalir.

Begini ya ternyata perjuangan menjadi ibu. Dan kalau sudah tidak tertahan sakitnya, kadang saya pencet hidungnya.

Selain itu untuk mengejar gizi Erin saya juga melakukan pumping menggunakan pompa eletronik. Saya lupa saat itu payudara sudah lecet, eh malah akhirnya keluar asi bercampur darah. Kontan saya histeris. Dan istirahat dulu pumping sampai puting saya sembuh.

Puting lecet akibat menyusui
Saya dan si kakak berumur 1 tahun, masih menyusui

Bayi Tumbuh Gigi

Kalau untuk si kecil, Raif, saya sudah bisa menyusui dengan baik. Karena memang Raif lahirnya di Rumah Bersalin yang pro asi. Dari awal melahirkan Raif, langsung dilakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) dengan meletakkan Raif di dada saya. Lalu perawat juga mengajarkan pelekatan dan posisi menyusu dengan benar. Alhamdulillah Raif akhirnya bisa mendapatkan asi dengan baik.

Hanya sayang karena anak laki-laki, Raif menyusunya termasuk kuat. Dan kalau aliran asinya agak lambat saat menyusu terus, Raif mengigit puting saya. Apalagi saat giginya mulai tumbuh, gigitan Raif semakin kencang dan kuat. Puting saya kembali lecet dan bernanah huhu..

Menggunakan BH Biasa

Memang tidak bohong, saat menjadi ibu menyusui harus menggunakan BH menyusui. Karena BH yang biasa dipakai kadang tidak sesuai dengan ukuran payudara saat menyusui yang lebih besar dan padat.

Dan biasanya kalau tidak mengganti BH, akan terasa sesak dan menekan puting sehingga lecet. Belum lagi BH-nya yang kurang aliran payudara, bisa membuat puting kering. Karena itu penting banget buat saya menggunakan BH menyusui.

Cara Mengobati Payudara Yang Lecet

Cara Tradisional

Banyak cara yang diturunkan sejak dulu untuk mengobati puting lecet oleh para orang tua. Karena mama saya pro susu formula, saya banyak bertanya pada teman dan kadang googling.

Di antara pengobatan tradisional yang bisa menyembuhkan puting lecet yang saya lakukan yaitu :

  • Asi, caranya dengan mengoleskan asi yang baru keluar di puting dan area puting. Ada kalanya tidak begitu efektif, karena saat putingnya luka.
  • Minyak kelapa, biasanya saya menggunakan VCO atau minyak kelapa murni yang dibuat dari santan beli di pasar. Cuma ya resikonya jadi lengket puting kalau minyak kelapa.
  • Minyak Zaitun, saya menggunakan minyak zaitun yang digunakan untuk memasak. Bisa yang light atau yang biasa. Cuma seperti minyak kelapa puting juga terasa lengket.
  • Madu, untuk madu karena memang stok, jaga-jaga bayi sariawan. Tapi sayang susah mencari madu yang asli tanpa gula. Sehingga agak jarang menggunakan madu, takut malah disemutin.
  • Kompres handuk hangat, bisa sih kalau puting cuma mengalami masalah kering. Tapi kalau luka terbuka, perihnya subhanallah pas dikompres.

Cara Modern

Akhirnya saya mencari salep yang tepat untuk mengobati puting lecet dan perih di apotek. Karena inginnya puting cepat sembuh dan bisa menyusui dengan tenang. Biasanya mencari internet atau langsung membeli di apotek.

Tapi pastinya saya membeli salep yang aman untuk kulit. Karena puting kan area sensitif, tidak bisa menggunakan sembarang salep, apalagi yang berbahan keras, harus alami. Dan juga karena puting dihisap sama bayi, selain bahan alami harus halal juga. Makanya tidak sembarang salep yang bisa dipakai.

Salep puting lecet bahan alami

Mengatasi Puting Lecet Dengan Mama’s Choice Nipple Cream

Kabar baiknya untuk para ibu pejuang asi, sekarang ada produk terbaru Mama’s Choice Nipple Cream. Kenapa saya merekomendasikan salep ini? Karena memang berbahan bahan alami dan mempunyai banyak keunggulan.

Bahan Alami Terkandung di Mama’s Choice Nipple Cream

  • Date Palm (Kurma), berguna untuk merawat permukaan kulit dengan hidrasi yang maksimal.
  • Minyak kelapa (Coconut Oil),¬† berguna untuk melembabkan kulit yang kering.
  • Shea Butter

Keunggulan Mama’s Choice Nipple Cream

  • 100 persen natural, berbahan alami
  • Dermatologically Tested, sudah dicoba oleh dermatologis (dokter kulit) dan terbukti tidak menyebabkan iritasi kulit
  • Hypoallegenetic, aman tidak memunculkan alergi
  • Alcohol Free, terjamin halalnya
  • Fragrance Free, tidak mengandung pewangi tambahan

Selain itu Mama’s Choice juga berlabel halal MUI dengan nomor 00150074891115. Sehingga tidak perlu khawatir, selain aman dan halal buat ibu menyusui, juga aman dan halal untuk bayi.

Cara Pakai

Bersihkan tangan terlebih dahulu, lalu tuangkan Mama’s Choice Nipple Cream ke tangan. Kemudian oleskan secara merata pada bagian puting yang lecet dan perih, kering atau pecah-pecah hingga meresap.

cara mengobati puting lecet

Cara Pembelian

Berhubung lagi social distancing, dan diminta membatasi keluar rumah. Saya sih menyarankan Mama’s Choice Nipple Cream ini dibeli lewat online. Udah gitu sebagai kaum digital yang doyan rebahan di rumah, pastinya saya bakal nyari penjualan online yang ada promonya.¬†Lumayan ya, menghemat biaya transportasi dan juga harga lebih murah.

Nah di Shopee, semua produk Mama Choice lagi diskon nih, termasuk Nipple Cream yang harganya 99 ribu, menjadi cukup 69 ribu aja. Wah lumayan ya, hemat 20 ribu, bisa dipakai buat beli keperluan lain. Eh kalau mau lebih murah lagi, ditambah diskon 15% dengan pembelian minimal 150 ribu, bisa pakai kode promo MAMAOVIAN yaaa. Yuk cuss buka https://shopee.co.id/mamaschoiceid

Rangkaian Produk Mama’s Choice

Memang Mama Choice sebagai rangkaian produk ibu hamil dan menyusui, mempunyai banyak produk yang pastinya dibutuhkan selama hamil dan menyusui. Mau tahu produknya apa aja?

  • Mama’s Choice Strech Mark, krim untuk menyamarkan Strecth Mark dan melembabkan kulit kering
  • Mama’s Choice Non-Flouride Mouthwash, pasta gigi with Chlorophyll and Mint
  • Mama’s Choice Relaxing Message Oil, untuk menenangkan tubuh dan pikiran dengan dipijat
  • Mama’s Choice Non-Flouride Toothpaste, cairan kumur tanpa alkohol dengan nafas segar lebih lama
rangkaian produk ibu hamil dan menyusui
Rangkaian produk ibu hamil dan menyusui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *