Cerita Ovy

Cara Anak Tumbuh Tinggi Dan Sehat Dengan Nutrisi Tepat

Suka sedih deh, lihat anak-anak lain termasuk keponakan tinggi-tinggi badannya. Sedangkan kedua anakku masih kurang tinggi badannya. Jadi kepikiran ini mau dikasih suplemen apa supaya mereka juga tinggi seperti anak lain.

Stunting. Satu kata yang lumayan menyeramkan bagi saya sebagai ibu. Secara kedua anak saya memang kurang tinggi. Mengikuti pedoman tinggi dan berat badan anak juga tidak masuk. Si anak pertama perempuan berumur 9 tahun, dan anak kedua laki-laki berumur 6 tahun. Makanya sejak dulu suka malas datang ke Posyandu, karena selalu dibilang masih harus ditambah asupan gizinya. 

Sudah kepikiran mau dikasih suplemen peninggi badan, karena tinggi si anak pertama sama tinggi dengan sepupu perempuannya yang berumur 7 tahun. Badan anak pertama juga langsing. Suami sih santai, katanya keponakannya juga ada yang badannya seperti kedua anak-anak, jadi ada faktor keturunan juga. Saya jadi galau.

Benarkah tinggi badan anak dipengaruhi oleh gen orang tua?

Anak Tumbuh Tinggi Dengan Nutrisi Yang Tepat

Pandemi seperti ini pastinya orang tua dan anak terkukung di rumah, anak belajar online dan orang tua juga work from home. Malah saat covid 19 sedang menanjak naik, saya sendiri pun malas sekali ke pasar tradisional. Sempat terjebak membeli makanan siap masak seperti sosis dan nuget. Untuk kebutuhan gizi anak pun sepertinya tidak saya pikirkan, asal mereka kenyang dan mau makan itu sudah cukup. Padahal kedua anak seperti yang saya ceritakan tadi, memang belum ideal berat badan dan tinggi badannya.

Menurut Dr. Cut Nurul Hafifah Sp.A(K), dokter anak divisi nutrisi dan penyakit metabolism RS Sam Marie, pada acara webinar peluncuran Formula & Kemasan Baru pada Pediasure, masa pandemi ini kebutuhan karbohidrat, lemak, protein harus tercukupi untuk anak.

 

 

Apalagi pada masa 1000 hari tumbuh kembang anak, sejak masih janin sampai berusia 2 tahun, karena nutrisi modal penting tumbuh kembang anak. Setelah masuk tahap pengenalan makanan pada 6 bulan, anak membutuhkan MPASI yang membutuhkan komposisi karbohidrat, protein dan lemak. Bukan dikenalkan buah dan sayur saja. 

Otak juga dibentuk oleh lemak, apalagi anak di bawah 2 tahun bagus untuk mendapatkan lemak. Dimana beberapa buah-buahan mengandung lemak seperti alpukat. Untuk sayur  bisa dikenalkan sedikit-sedikit. Sehingga pentingnya untuk mengenalkan makanan beragam pada anak. 

Selain itu pada webinar tersebut, Dr. dr. Lanny C. Sp.A(K), dokter Anak Divisi Nutrisi dan Penyakit Metabolis RSUP Fatmawati, mengatakan bahwa, “Tidak seperti anggapan pada umumnya, pengaruh genetika terhadap tinggi badan mulai dari bayi hingga usia balita sangat kecil. Nutrisi dan faktor lingkungan seperti kebersihan dan olahraga berperan jauh lebih besar.”

Menjawab pertanyaan di atas, ternyata faktor keturunan sangat kecil berpengaruh pada tinggi anak. Jadi ternyata kedua anak saya mempunyai kesempatan untuk tumbuh lebih tinggi dibandingkan orang tuanya.

Kekurangan Nutrisi Bisa Menghambat Tumbuh Tinggi Anak

Undernutrition atau yang dikenal dengan kekurangan nutrisi. Di Indonesia menurut dr. Jose Rodolfo Dimanoo Jr., Medical Director for Abbott Nutrition Business in Pacific Asia, 1 dari 4 anak Indonesia mengalami stunting, akibat kekurangan nutrisi. Walau sebenarnya kekurangan nutrisi bukan saja berakibat kepada stunting, tapi juga berat badan kurang, berat badan rendah jika dibandingkan dengan tinggi badan, serta defisiensi mikronutrisi.

 

 

Dr. Cut Nurul menambahkan, untuk tinggi anak harus dikejar idealnya pada usia 2 tahun. Sedangkan menurut CDC Growth Chart, 60% tinggi saat dewasa dicapai pada 5 tahun kehidupan pertama anak. Karena itu nutrisi seimbang diberikan sesuai tahapan usianya sehingga tidak terjadi kekurangan nutrisi pada anak.

Cek Pertumbuhan Anak Secara Online Dengan GrowthPedia

Dr. Cut menyarankan bila ingin menimbang bayi dan batita sebaiknya ditimbang tanpa menggunakan baju, pampers dan juga sepatu. Sehingga bisa terdeteksi stunting atau tidak, sehingga dokter bisa menjelaskan sebaiknya bagaimana harus mengejar ketertinggalan bila terindikasi stunting.

Sayangnya karena pandemi begini, orang tua seperti saya sekarang agak enggan ke dokter anak. Biasanya kalau tidak penting sekali, saya menggunakan konsul online dengan dokter anak. Sehingga jarang bisa menimbang dan mengukur tinggi anak.

Untungnya sekarang ada GrowthPedia dari Pediasure yang bisa diakses melalui website Pediasure. Sehingga bisa menimbang dan mengukur tinggi badan anak di rumah, lalu menggunakan GrowthPedia untuk mengetahui apa BB dan Tinggi badan anak sudah sesuai dengan usia dan jenis kelaminnya.

 

Cerita Sherina & Duma Tentang Pediasure

Siapa yang ingat dengan penyanyi cilik Sherina? Sekarang Sherina sudah menikah dan menjadi mom ambassador Pediasure, Sherina yang sejak dulu merupakan peminum Pediasure, memang sangat menyukai Pediasure.

Nah pada webinar ini tidak ketinggalan muncul Sherina, yang sekarang menjadi mom ambassador Pediasure. Sekilas cerita masa kecil, ternyata dulunya Sherina mengenal Pediasure lewat sepupunya. Karena Sherina menyukai rasanya, lalu ibunya mencari tahu tentang Pediasure, sehingga Sherina rutin meminum Pediasure.

Menurut Sherina, seorang ibu harus peduli dengan nutrisi dan pembentukan personality anaknya.  Berikut tips tumbuh tinggi ala Sherina :

  1. Ibunya selalu memberi makanan bergizi dan stimulus yang tepat
  2. Sherina selalu rajin berolahraga dan melakukan aktivitas fisik.
  3. Ibunya selalu rajin mengecek tinggi dan berat badan Sherina
  4. Penting banget buat Sherina mempunyai waktu istirahat yang cukup
  5. Ibunya selalu memberikan 2 gelas Pediasure dan asupan makanan bergizi setiap hari

Sedangkan Duma Riris, yang merupakan Putri Indonesia Runner Up 1 tahun 2007, merasa kegiatan masa kecil yang aktif butuh daya tangkap yang di-support dengan nutrisi yang baik.

Setelah anak bisa makan, biasanya anak tertarik dengan apa yang dimakan oleh orang tuanya. Duma mencoba konsentrasi anak pada makanan apa saja yang dimakan, soal mengukur dan timbang badan rutin ada di sekolah.

“Saat saya kecil, sebelum berangkat mama selalu menyuruh makan dulu. Mama termasuk yang detail melihat makanan untuk anaknya, dari sarapan, makan siang, dan makan malam. Biasanya dikasih juga madu dan suplemen lainnya.” (Duma, Putri Indonesia Runner Up 1 tahun 2007)

Untuk sekarang, Duma meniru sang ibu, dengan memberikan Pediasure untuk diminum oleh anaknya, karena merupakan nutrisi yang mendukung untuk tumbuh kembang anak.

Pediasure Terbaru Dengan Formula Untuk Nutrisi Tumbuh Kembang Anak

Kini Pediasure menghadirkan kemasan dan formula baru yang mengandung Arginine, Vitamin K2, 14 Vitamin & 9 Mineral serta lebih rendah sukrosa 42%. Formula baru Arganine untuk membantu perkembangan otot dan percepatan pertumbuhan si kecil. Ditambah Vitamin K2, membantu tulang rawan matang dan meningkatkan kandungan mineral tulang.

Dan yang menyenangkan bagi ibu, Pediasure ini rasanya enak dan disukai oleh si kecil. Sehingga bisa memenuhi nutrisi lengkap pada anak, untuk mendukung pertumbuhannya.

34 thoughts on “Cara Anak Tumbuh Tinggi Dan Sehat Dengan Nutrisi Tepat

    1. Iya, kalau nanti pertumbuhannya sudah berhenti sedih kan. Lebih baik saat masa pertumbuhan dikejar, dengan Pediasure jadi bisa tumbuh tinggi dan berat badan sesuai.

  1. Nah baru aja tadi sore anak sulungku tanya gimana dia bisa tumbuh tinggi lagi tanpa vitamin, tapi dengan susu.
    Aku jadi ingat PediaSure dan memang sejak dulu percaya dengan sugesti tambah tinggi ini.

    1. Iya ini bagus Pediasure, pas banget buat tambah tinggi dan berat badan anak. Pediasure memang rekomen dari dulu sama dokter. Selama masih bisa dikejar ya pertumbuhan, jadi bisa dimaksimalkan.

    1. Sama yaaa, kayak suami aku hehe.. Apalagi orang-orang juga bilang gitu, ah anaknya kecil kan ibunya juga kecil. Sekarang pandemi ibunya melebar, anaknya tetap aja kecil wkwkwkw..

    1. Alhamdulillah, berarti masih bisa ya orang tua untuk mengejar pertumbuhan anak sampai 17 tahun. Iya dulu sebelum pandemi, anakku les berenang setelah pandemi berhenti renangnya. Nanti sepertinya mau balik berenang lagi, biar tinggi dan sehat.

    1. waah keponakannya bakat tinggi ya, kedua anakku juga nggak sampai 50 cm tingginya. Semoga bisa kekejar ya fik, biar nggak stunting. Aku juga lagi mau ngejar nih. Semangat

  2. Sependapat sama Sherina dan Duma, karena rasa enaknya Pediasure disukai anak-anak, termasuk anakku. Dan bagusnya lagi kandungannya makin lengkap nih, wah jadi makin yakin PediaSure bantu memenuhi nutrisi anak dengan kualitas terbaiknya

    1. Bener, dulu kita kira kalau orang tua pendek ya anak pendek karena keturunan, ternyata salah ya. Alhamdulillah kalau gini memperbaiki keturunan juga biar nggak stunting.

    1. Bisa mba Ade, biar sesuai berat badan dengan standar usia dan jenis kelamin. Kalau anakku tingginya kurang, jadi mau ngejar juga nih tinggi badan.

    1. iyaa bener banget, ibu harus sadar dengan kebutuhan nutrisi anak sejak kecil. Biar ke depannya anak bisa tumbuh kembang dengan baik.

    1. Iya benar, apalagi pandemi begini yaa, kadang orang tua malah lupa kasih nutrisi seimbang. Tahunya kasih makanan biar kenyang. Padahal nutrisi sangat penting untuk pertumbuhan anak.

  3. Pediasure dukung anak tumbuh tinggi dengan optimal yah mba, duku anakku juga minum, soalnya susah bgt makannya. Syukurlah ada pediasure ini

  4. Kalopun gen orang tua tidak terlalu mempengaruhi tinggi badan anak, tetep aja kita gak boleh lalai memperhatikan asupan nutrisi si kecil ya. Karena bagaimanapun asupan nutrisi seimbang mampu membantu mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil. Di tambah lagi dengan PediaSure yg mengandung arginine yg penting untuk pertumbuhan tulang.

  5. Salah satu ketakutanku tuh kalo anak tumbuh pendek dan stunting. Hiii jangan sampai deh. Makanya pas dari sebelum MPASI juga aku menimba ilmu sebanyak2 nya soal nutrisi dan ternyata emang prohe yang paling berpengaruh.

  6. susu pediasure ini memang susu andalan di rumah juga untuk anak-anak saudara, bagus dan disukai anak-anak rasanya dan pastinya dukung anak-anak tumbuh dengan sehat dan kuat, apalagi secara kualitas sudah tidak diragukan lagi ya

  7. iya kalau dengar kata stunting aku takut deh, waktu anak-anak kecil sampai bandingin tinggi dengan teman seusianya.
    PEdiasure konsen banget dengan nutrisi anak-anak untuk bantu tumbuh kembangnya

  8. Anak aku juga sama mbak . Yang kedua cenderung kecil . Tadinya aku fikir karena faktor gen .. setelah baca artikel ini aku baru faham ttg nutrisi2 detail yang harus d berikan . Nice share kak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *