Cerita Ovy

Membersamai #7thBloggercrony Community

Saat baru menjadi blogger pada tahun 2016, pertama kali ikutan dengan acara Bloggercrony Community yang diadakan di daerah Tangerang, padahal rumah saya di Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Ingat banget, waktu itu acara Star Wars, dan bisa mengajak si kakak yang waktu itu berumur 4 tahun, untuk ikutan lomba menggambar Star Wars. Rasanya gimana? Hepi banget pokoknya. Seperti mendapatkan legitimasi blogger, bisa bertemu dengan banyak teman blogger dan disambut ramah oleh Bloggercrony Community. Saat itu yang menyerahkan souvenir mba Wardah Fajri atau biasa dipanggil mba Wawa langsung, sebagai founder Bloggercrony Community. Wow, saya seorang blogger.

Tekad Kuat Dan Alasan Menjadi Blogger

Setelah berhenti menjadi asisten penulis skenario sinetron karena kelahiran anak kedua, saya mengalami baby blues. Rasanya mempunyai dua anak yang masih kecil, tidak mungkin terus menulis untuk sinetron stripping yang dikejar dengan deadline sangat ketat. Tapi bila tidak terus menulis dan berkarya, hanya mengurus anak dan rumah, saya menjadi sangat stress. Belum lagi cibiran dan pertanyaan banyak orang, tentang pendidikan saya yang sarjana ekonomi tapi hanya menjadi Ibu Rumah Tangga.

Berpikir keras apa yang harus saya lakukan untuk kembali menulis, tapi masih bisa mengurus kedua anak. Saya memutuskan menjadi blogger, setelah melihat circle pertemanan di facebook yang rata-rata penulis, ternyata banyak yang menjadi blogger. Dengan melihat keseruan mereka meliput acara, melihat postingan tulisan artikel mereka di status facebook, melihat betapa mereka ‘open minded‘ dan berwawasan luas, dan masih banyak hal lain. Membuat saya bertekad harus menjadi blogger juga.

Apalagi setelah sekian lama resign dari pekerjaan kantoran, yang membuat saya tidak bisa menyicipi makanan enak ala resto karena keterbatasan uang setelah menjadi ibu rumah tangga. Suka iri sama suami yang cerita suka makan enak di restoran karena rapat. Sampai akhirnya saya berdoa terus suatu hari nanti, saya akan bisa menikmati hidangan ala restoran lagi.

Alhamdulillah kesampaian dengan menjadi blogger. Bisa datang ke acara untuk meliput, dijamu dengan menu ala resto belum lagi ditambah coffee break. Ini benar-benar menyenangkan, merasa mendapatkan kembali kehidupan seperti dulu. Belum lagi saat datang menemukan nama saya di antara para undangan, merasa seperti mendapatkan penghargaan kembali atas karya tulisan artikel blog. Apalagi kalau saat event tersebut, wartawan media juga diundang, rasanya bangga banget.

Bloggercrony Community, Komunitas Blogger Pertama Yang Saya Ikuti

Sebenarnya sudah lama mau bisa berkarya lagi dalam menulis, tidak hanya di rumah tapi bisa bertemu dengan sesama rekan penulis. Namun keterbatasan ijin dari suami, membuat saya susah untuk keluar rumah. Alhamdulillah setelah bergabung dengan Bloggercrony Community, dan suami mengantarkan ke event pertama kali yaitu Star Wars, alhamdulillah diberikan ijin menjadi blogger, asalkan bisa membagi waktu dengan peran sebagai seorang ibu rumah tangga.

Di Bloggercrony Community, membuat saya jadi banyak belajar bagaimana cara menjadi blogger yang baik. Walau tidak mudah, karena memang di awal menjadi blogger ada saja pembelajaran. Tapi ternyata hal ini sangat berguna untuk menjadi blogger yang mumpuni. Tidak harus sempurna, tapi setidaknya saya belajar untuk komit melaksanakan tanggung jawab, bila sudah menyanggupi untuk mengikuti sebuah acara.

Saya juga belajar banyak dari mba Yayat, salah satu pengurus yang sangat tegas dalam setiap campaign yang saya ikuti, hehe.. Bagaimana caranya mengerjakan tugas sesuai dengan SOW(Scope Of Work) yang sudah diberikan. Terkadang harus sampai baca berkali-kali agar tidak terjadi kesalahan. Tapi saya jadi sadar, ternyata kebiasaan mengikuti campaign dari Bloggercrony Community, membuat saya terbiasa mengerjakan tugas dengan baik.

Kenangan Manis Mengikuti Blogger Day 2017 Di Bogor

Memang tidak setiap Blogger Day yang diadakan oleh Bloggercrony Community, dapat saya hadiri. Namun ada satu Blogger Day yang paling berkesan, saat Blogger Hang Out Dan Blogger Care Di Blogger Day 2017 Bersama Soman di Bogor dengan menginap 2 hari 1 malam. Awalnya agak ragu untuk mendaftar, karena suami meminta saya bawa si anak kedua yang baru 1 tahun dan masih asi. Tapi setelah bertanya ke panitia ternyata diperbolehkan untuk membawa anak kecil. Akhirnya saya membawa si kecil, alhamdulillah walau sedikit repot, saya masih bisa mengikuti Blogger Day dengan baik.

Di Blogger Day ini saya belajar banyak dari materi-materi yang dibawakan oleh narasumber, walau kerepotan sambil membawa anak. Cukup terkesan dengan kebaikan mba Wawa, saat itu materi dibawakan malam hari, dan si kecil sudah rewel mau tidur. Mba Wawa mempersilahkan saya undur diri lebih cepat, agar si kecil bisa tidur di kamar. Alhamdulillah, saya tidak pernah terbayang akan berada di komunitas yang begitu kondusif di awal-awal memulai menjadi blogger.

Keseruan BloggerDay 2022

Tidak terasa Bloggercrony Community sudah 7 tahun, dan alhamdulillah tahun ini mendapatkan kesempatan sebagai salah satu 100 peserta BloggerDay 2022 dengan tema #ScaleUpYourSkill. Acara yang diadakan online ini, dibuka dengan keseruan panitia Blogger Day, menyapa para peserta, menjelaskan secara singkat tentang Bloggercrony Community dan perjalanan #7thBloggercrony. Dan selama ini sudah berjalan 4 program Komunitas Bloggercrony Indonesia yaitu #bloggerview, #bloggerhangout, #bloggercare dan #bloggerpreneur.

Sempat was-was jaringan internet bakal lola, alhamdulillah ternyata aman. Dan di saat rasa ngantuk melanda karena acara cukup lama sekitar 5 jam, ditambah lagi dengan angin sepoi-sepoi hehe, ada mba Melyluthia dan mas Uwan yang menghibur dengan lantunan lagu merdu.

Saya sadar BloggerDay 2022 ini tidak mungkin terlaksana bila tidak ada dukungan dari segala pihak, salah satunya para sponsor seperti Cera Production sebagai sponsor pendukung BloggerDay 2022. Memproduksi souvenir dan kaos BCC Squad untuk selebrasi virtual 7th Komunitas Bloggercrony Indonesia. Cera Production merupakan perusahaan yang bergerak dalam production service (layanan produksi) untuk kantor swasta dan instansi yang memproduksi Premium Gift Set, souvenir, seragam kerja dan kebutuhan cetak (percetakan). Selama lebih dari 10 tahun, Cera telah dipercaya oleh lebih dari 350 kantor perusahaan dan instansi. Saat ini Cera dapat dijumpai di 13 kota di Indonesia.

Alhamdulillah mendapatkan souvenir sticker dan pin bertuliskan blogger day 2022 dari Cera Production, dan masker dari Bloggercrony Community. Tulisan blogger day 2022 warnanya bagus, cerah dan tajam, tidak pecah atau blur. Jadi bila ingin memesan souvenir kantor, seminar kit kantor, dan lain-lain bisa melihat-lihat langsung di akun instagram Cera Production @ceraproduction.

Metaverse Dan Potensi Kejahatan Literasi

Siang harinya setelah sholat, materi dimulai dengan penjelasan tentang dunia metaverse oleh mas Tuhu, yang ternyata bisa dimasuki anak-anak melalui game Roblox. Ini si kakak yang sekarang berumur hampir 10 tahun, sudah diajak temannya untuk bermain Roblox. Memang kalau saya mengintip Roblox, anak-anak membuat Avatar-nya sendiri. Mereka bisa memilih bentuk wajah, rambut, baju dan aksesoris yang diinginkan. Tapi saya baru tahu kalau Roblox itu bagian dari metaverse. Dan memang teman anak saya kerap janjian ketemuan dengan teman-teman lainnya di Roblox. Mas Tuhu menjelaskan pemain Roblox bisa janjian di Monas jam 4 sore misalnya, dan itu bisa melalui Roblox.

Saya menjadi tertarik sekali dengan materi tentang dunia metaverse, setelah mencari tahu dan ini keren banget. Kita bisa kemanapun di dunia ini secara virtual hanya berbekal dengan kacamata Virtual Reality, headphone dan jaringan internet yang lancar. Bahkan bisa membeli properti di metaverse, dan ini sudah banyak yang melakukannya. Selain itu bisa berjualan berbagai item menggunakan uang virtual. Bahkan sekarang konser-konser musik pun sudah diadakan di metaverse.

Namun menurut mas Anwar, sayangnya saat ini untuk kejahatan literasi di dunia metaverse belum diatur. Walaupun begitu penting bagi para pengguna metaverse untuk hati-hati dalam menggunakan kalimat dalam percakapan. Dilarang menggunakan kata makian, tapi boleh mengkritik dengan sopan. Dengan membiasakan anak-anak untuk berbahasa yang baik, sehingga saat memasuki metaverse mereka tetap menggunakan bahasa yang baik.

Blog Organik Atau Blog Monetizing?

Di sesi materi kedua, mas Matahari Timur yang mengemukakan opini memilih untuk menulis blog dengan idealis, sedangkan Joe memilih untuk memonetisasi blog, keduanya pilihan dan sama-sama baiknya menurut saya.

Walaupun mas Matahari Timur memilih blog organik, tapi rejeki tidak kemana kalau memang sudah serius berkarya. Suatu hari mas Matahari Timur ditawari untuk menulis novel dari tulisan-tulisan di blognya. Selain itu juga mendapatkan undangan-undangan untuk menjadi narasumber.

Untuk saat ini saya memilih memonetisasi blog seperti mas Joe Chandra, entah ke depannya nanti mungkin bisa seperti Matahari Timur yang menulis untuk idealis. Mas Joe Chandramenceritakan kalau fee menulis dari klien luar negeri lebih memuaskan dan merasa lebih dihargai. Saya pun yang mendaftar ke website intellifuence, yang mempertemukan blogger dan micro influencer seluruh dunia dengan klien asing lewat link yang disebar mas Joe di status facebook. Makasih mas Joe Chandra, alhamdulillah saya bisa ikutan menyicipi fee dalam bentuk dolar, setelah menerima job di intellifuence, menuliskan Solusi Agar Anak Bijak Bermain Game Online

Menemukan Potensi Terbaik Dalam Diri

Sedangkan di materi ketiga mba Tsurayya Syarif mengarahkan kita untuk menemukan potensi terbaik di dalam diri. Pentingnya menemukan mengembangkan diri dan memiliki growth mindset. Apalagi di masa pandemi ini, terus berusaha beradaptasi dengan keadaan agar tetap bisa berkembang. Bukan berarti menyerah pada keadaan dan menyalahkan nasib yang dimiliki oleh orang yang fixed mindset.

Kalau menurut saya memang orang yang bisa sukses harus terus berjalan dan maju, memaksimalkan semua potensi dirinya, pintar beradaptasi dan mau berkembang. Hanya duduk diam, tanpa melakukan apa-apa, menganggap diri tidak punya skil dan kemampuan apa-apa itu sangat menyedihkan.

Alhamdulillah untuk saat ini saya sudah menemukan potensi terbaik saya dengan menulis. Mau itu menulis blog, artikel ilmiah, novel, dongeng anak atau menulis apapun yang baik. Saya akan terus menulis insya Allah. Dan saya membuktikan dengan menulis ternyata masih bisa terus berkarya walaupun pandemi datang sejak 2 tahun lalu. Menulis bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, yang diperlukan hanya tekad, komitmen dan terus berusaha mengembangkan skill tulisan.

Sebagai penutupan, diadakan games lagi untuk mendapatkan hadiah e-money, agak sedih sih nggak menang post instagram story, instagram feed, dan menjawab pertanyaan. Eh terakhir diumumkan menang juga dari lucky draw alhamdulillah. Semoga tahun depan Blogger Day diadakan acara offline yaa. Sukses terus Bloggercrony Community.

Apabila ada yang tertarik bergabung dengan Komunitas Bloggercrony Indonesia, bisa kepo-in social media-nya di bawah ini. Syaratnya pastilah harus punya blog dan aktif di social media.

Instagram: https://www.instagram.com/bloggercrony

Facebook: https://www.facebook.com/bloggercrony

Twitter: https://www.twitter.com/bloggercrony

Website: www.bloggercrony.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *