Cerita Ovy

Kuliner Khas Kapau Yang Menggugah Selera (Bagian 1)

Lifestyle wisata kuliner

Ovianty.com. Kadang orang tidak bisa membedakan mana masakan Padang dan masakan Kapau hehe.. Sama-sama berasal dari Sumatera Barat, tapi ada perbedaannya.

Sekarang, wisata kuliner menjadi bagian dari lifestyle terutama bagi warga kota besar. Saya sendiripun sebagai keturunan dari Minang yang lahir di perantauan, baru tahu kalau masakan Padang berbeda dengan masakan Kapau. Selama ini tahunya makan saja, dan suka keduanya.

Ciri Khas Masakan Kapau

Secara wilayah masakan Kapau dibuat oleh orang Kapau di Bukit Tinggi yang daerahnya berada di dataran tinggi. Sedangkan masakan Padang itu dibuat oleh orang kota Padang yang tinggal di pesisir.

Saya dulu saat pulang kampung ke Bukit Tinggi salah satu yang menyenangkan itu kulineran masakan khas Kapau. Berjejer Nasi Kapau di pasar lereng, yang bikin laper.

Masakan Kapau ciri khasnya biasanya berkuah kuning sedangkan masakan padang biasanya berkuah cokelat. Untuk menggunakan nangka pada gulai pun, nangka yang digunakan oleh orang Kapau nangka besar mendekati matang, bukan nangka muda.

Macam – macam Masakan Kapau

Rendang Daka-daka

Ada yang pernah dengar? Apakah rendang ini bukan rendang daging sapi? Tetap rendang daging sapi kok, tapi ditambahin dengan potongan singkong goreng berbentuk kotak-kotak kecil. Jadi singkongnya digoreng setengah matang, lalu dimasukkan saat daging rendang setengah matang, air santan sudah menyusut. Rasanya enak beneran singkongnya. Dulu saya tidak tahu namanya rendang daka-daka, tahunya rendang singkong.

Lifestyle wisata kuliner

 

Gulai Ikan Batalua

Apa bedanya sama gulai ikan masakan Padang umumnya? Kalau gulai ikan batalua ini sama seperti namanya dalam bahasa Indonesia, yaitu gulai ikan bertelur. Jadi di dalam badan ikan ada telurnya. Terlepas dari telurnya berasal dari ikan itu sendiri atau telurnya merupakan telur ikan lain. Yang penting harus ada telur ikan di dalam badan ikan.

Gulai Tambusu

Ini kesukaan saya, sayang di Jakarta sudah jarang yang menjual. Jadi gulai tambusu alias gulai usus ini sebenarnya sama seperti sosis besar. Dimana kulit usus dimasukkan dengan campuran tahu giling dan telur, diolah sampai matang, lalu dimasak menjadi gulai. Ada juga yang hanya menggunakan isian telur tidak dicampur dengan tahu.

Gulai Nangka

Gulai sayur khas Kapau ini mempunyai ciri khas dengan kuah kuning. Dimana gulainya tidak hanya terdiri dari nangka saja tapi juga rebung, kol dan juga kacang panjang. Nangka yang digunakan pun berbeda dengan nangka pada gulai nangka. Nangka pada gulai sayur khas Kapau ini menggunakan nangka besar, yang hampir matang. Sehingga rasa manisnya nangka terasa saat digulai. Selain itu kuahnya kuning bersih, beda dengan gulai nangka Padang yang agak kecokelatan.

Lifestyle wisata kuliner

Pangek Itiak Lado Mudo

Untuk memasak itiak alias bebek ini biasanya dibakar dulu agar bulu-bulunya gampang dibersihkan. Setelah itu itiak diungkep di bumbu racikan yang dominan cabai hijau alias lado mudo. #kuliner ini merupakan salah satu kuliner yang banyak mempunyai fans, selain rendang.

Uniknya pangek itiak ini mengeluarkan minyak di masakan, sehingga menambah lezat kuah lado mudonya. Setelah air menyusut dan kuah mengental, pangek itiak lado mudo siap untuk dihidangkan.

2 thoughts on “Kuliner Khas Kapau Yang Menggugah Selera (Bagian 1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *