Cerita Ovy

Pengalaman Belanja Sayuran Segar Online Di Segari

Pernah merasa bertambahnya usia, maka kecantikan dan kesehatan akan semakin menurun? Apalagi bila menjelang usia 40 tahun. Bayang-bayang kecemasan semakin menghantui.

“Duh ini badan kok kerasa merentek sih? Padahal seharian ini sepertinya tidak banyak aktivitas yang nuntut tenaga,” keluh saya. Tiba-tiba suami menyeletuk, “Faktor U itu bu, haha..”

Ih, nyebelin banget dengernya. Memangnya saya udah tua banget apa ya? Tapi kenapa sekarang kalau ada yang komen tentang usia saya jadi sensi gini? Iya sih, usia 40 sudah di ambang mata. Hanya saya merasa masih muda kok, bisalah disejajarin sama anak-anak berusia di awal 20 tahun, cuma lihatnya dari ujung sedotan hehe..

Forever young, I want to be forever young. Do you really want to live forever? Forever, and ever. (lagu Forever Young, Undressd)

Sekarang saya baru paham maksud dari lirik lagu tersebut. Memang menjadi tua itu pasti. Hanya mampukah kita menghadapinya? Saat muka berkeriput semua dan badan sakit-sakitan. Setidaknya tua tapi badan tetap terasa muda, hehe..

Kurangnya Mengonsumsi Sayuran Segar Yang Kaya Antioksidan Tinggi Untuk Awet Muda

Sebagai orang keturunan Minang, pola makan di keluarga saya memang kurang bagus. Kami jarang mengonsumsi sayuran, dan makanan sehari-hari terhidang di meja, lebih banyak lauk protein hewani dan santan.

Sayuran pun biasanya hanya nangka, daun singkong, dan labu siam rebus. Di rumah itu dari kecil yang penting ada lauk untuk dimakan, sayur tidak penting ada di menu harian. Kalaupun ada yang dihidangkan biasanya menu sayuran bening bayam, tumis kangkung dan sayur sop.

Begitu pun setelah menikah dengan suami yang keturunan Sunda, ternyata juga kurang menyukai menu sayuran. Padahal katanya kalau Sunda suka lalapan, ternyata suami malah sukanya masakan Minang yang lauk bersantan.Dan anak saya akhirnya kebiasaan hanya meminum kuah sayur, karena dari kecil saya kurang mengenalkan sayuran ke anak-anak.

Padahal sebenarnya banyak sayuran yang kaya antioksidan seperti wortel, brokoli, jagung dan lain-lain. Tapi sayang masih kurang disajikan di rumah, sehingga tidak selalu dikonsumsi.

Padahal banyak cara mengolah sayuran agar bisa dimakan tanpa rasa bosan, yaitu ditumis, dikukus, direbus, dipanggang, dimakan mentah dan juga dijus. Semoga ke depannya saya dan keluarga saya menjadi rajin makan sayur.

Efek Dari Kurang Makan Sayur

Sekarang menjelang usia 40 tahun, terasa banget badan mulai kurang enak. Entah batuk pilek, pegal-pegal, lutut terasa pegal, mudah stress, badan mudah lelah dan lain sebagainya.

Wajah pun terasa kurang segar kalau bercermin. Pengen seperti para artis seusia saya yang masih saja kelihatan segar. Saat saya mencari tahu informasi dari internet. Ternyata bukan karena kurang olahraga saja tapi saya sepertinya kurang makan sayur, terutama yang kaya antioksidan.

Ada banyak efek yang ditimbulkan karena kurang makan sayur, dan saya sudah mengalami beberapa hal seperti di bawah ini :

Badan Mudah Sakit

Saya termasuk mudah terkena pilek, yang lama-lama ikutan muncul batuk. Minum obat dan istirahat juga nggak langsung sembuh, butuh berhari-hari untuk benar-benar fit. Ini menyebalkan sebenarnya, terutama saat pandemi seperti sekarang. Sudah di rumah, trus sakit malesin banget, secara banyak banget kerjaan biar di rumah aja hehe..

Badan Mudah Lelah

Kerasa banget ini. Awalnya saya pikir badan mudah lelah, karena memang usia menjelang angka 4 dan kurang olahraga. Coba cari informasi di google ternyata bisa karena kurang makan sayur juga. Terutama saya yang penderita anemia, harus makan sayuran yang mengandung zat besi.

Selain itu ternyata bila kurang asam folat yang terkandung di sayuran bisa menyebabkan kelelahan dan anemia juga. Tidak cukup hanya dengan minum suplemen vitamin, tapi juga harus makan sayur, bila badan mau fit.

Bikin Lemot

Kadang kalau jalan saya suka lupa membawa sesuatu yang penting, seperti dompet, atm dan sebagainya. Untuk berpikirpun kadang nge-hang kalau sudah banyak yang dipikirkan. Ternyata minimnya asupan nutrisi dari sayuran bisa menjadikan otak tak mampu bekerja secara maksimal. Akibatnya, Anda jadi mudah lupa dan sulit berpikir dengan jernih.

Lutein, nutrisi yang diklaim dapat meningkatkan sistem pembelajaran dan memori di otak, dapat ditemukan dalam berbagai sayuran, seperti sayuran berdaun hijau, wortel, brokoli, jagung, dan tomat.

Kenaikan Berat Badan

Ini mah jangan ditanya, kelamaan di rumah maunya makan dan ngemil. Kurang gerak dan makan sayur buah, maunya camilan manis dan asin. Padahal makanan yang mengandung manis dan asin memang membuat orang gemuk.

Pencernaan juga kurang lancar, karena makanan kurang serat sehingga ke jadwal toilet tidak teratur. Nggak heran kalau badan jadi membesar dan timbangan menganan, huhu..

Gampang Stres

Haha.. memangnya ada ibu-ibu yang nggak stress selama anaknya belajar daring dari rumah? Tapi kerasa sih, kalau makan sayurnya banyakan, pikiran lebih segar. Tapi kebanyakan makan gorengan malah jadi suntuk.

Rata-rata Orang Indonesia Malas Makan Sayur Dan Buah

Ternyata saya tidak sendirian, memang rata-rata orang Indonesia itu malas makan sayur dan buah. Entahlah apa yang menyebabkan keadaan seperti ini? Apa memang ini kebiasaan turun temurun kurang mengonsumsi sayur dan buah di keluarga?

Benar banget negara kita agraris, tapi selama ini sayuran paling laris di meja makan hanya tumis kangkung dan bening bayam. Mungkin ibu-ibu lain sama seperti saya, karena harga murah dan banyak ditemui di pasar terutama saat pandemi begini.

Untuk sayur diharapkan mengonsumsi 250 gram dan untuk buah mengonsumsi 150 gram buah, sehingga dalam sehari kebutuhan konsumsi sayur dan buah diperlukan sebanyak 400 gram.

belanja sayuran online segari

Kriteria Sayuran Terbaik Untuk Dikonsumsi

Bersih

Bebas dari tanah, kotoran lain, hewan-hewan kecil yang tidak kelihatan di mata. Belanja sayur di Segari, alhamdulillah sayurnya saat datang sudah bersih, sehingga tidak perlu khawatir.

Segar

Berwarna, daun tidak layu, tidak keriput, tidak lembek dan berbau, tidak ada bagian tubuh yang ternoda atau berubah warna.

Pengalaman Belanja Sayur Online Di Segari

Namanya pengalaman ya nggak boleh bohong, harus apa adanya. Dan saya ingin menceritakan dengan jujur pengalaman saya berbelanja sayur online di Segari. Setelah mencoba membeli dua kali yaitu pada tanggal 28 Februari 2021, karena cukup puas saya jadi yakin membeli lagi pada tanggal 14 Maret 2021.

Awal mula saya mengetahui Segari dari salah satu grup whatsapp, lalu saya cek instagram Segari. Dan kepoin postingan-postingannya. Dan jujur yang membuat saya tertarik dengan Segari, karena mengutamakan segar, dan jaminan 15 jam dari panen ke rumah konsumen setelah memesan.

Kenapa saya percaya? Ya pastinya kepoin akun media sosial yaitu akun instagram Segari, baca komen-komen para netizen. Rata-rata respon pembelinya baik, jadinya yakin. Kalaupun ada komen yang kurang baik, admin akan merespon melalui DM.

Tahu sendiri netizen Indonesia, terutama ibu-ibu, kalau sudah kecewa pastinya teriak kenceng banget, wkwkw.. Tapi di Segari, reviewnya bagus-bagus. Jadinya saya percaya untuk membeli Sayur Online di Segari.

Cara Memesan Yang Mudah

  1. Membuka website Segari
  2. Memilih sayuran atau bahan pokok yang mau dibeli
  3. Masukan data diri
  4. Isi alamat, dan sesuaikan dengan gmaps
  5. Periksa belanjaan dan totalnya
  6. Pilih pembayaran
  7. Bila memilih via transfer Bank (seperti saya), diminta untuk membayar sebelum pukul. 17.00 WIB
  8. Saya mendapatkan pesan di Whatsapp dari Segari untuk mengirimkan bukti transfer.
  9. Dan besok paginya jam 07.00-10.00 WIB, Segari Driver datang mengantarkan pesanan

Pesanan sampai 15 jam dari panen

Siapapun yang baru berbelanja online pastinya masih suka khawatir, saat mau belanja. Saya walaupun sudah sering belanja online, tetap masih suka khawatir juga sih saat belanja belanja. Apalagi saya tipe yang sukanya mencari kenyamanan, termasuk di belanja online.

Sampai nggak ya pesanannya ke rumah? 

Nah ini point penting banget, saat belanja online dengan membayar lunas saat memesan. Kadang ada perasaan, apakah ini benar atau bakal tertipu. Maklum ibu-ibu, mengeluarkan uang harus hati-hati sekali. Kalau sampai tertipu puluhan sampai ratusan ribu, rasanya kesal banget hehe..

Alhamdulillah di Segari, dua kali pembelian semua pesanan sampai dengan selamat. Selain menjamin kesegaran 15 jam dari panen ke konsumen. Ada QR Code di setiap kemasan sayur, buah dan protein hewani yang diberikan QR Code. Ternyata QR Code itu ada fungsinya yaitu :

  1. QR Code untuk memvalidasi data pesanan dan invoice customer
  2. Nama produk dan gramasi sesuai pesanan
  3. Tanggal pengemasan di hari yang sama dengan pengiriman untuk memastikan hanya produk yang masih segar yang terkirim

Pesanan sesuai foto

Yang mengesalkan dari belanja online itu, yang difoto apa yang didapat apa. Kamera sekarang memang pintar menipu, saya aja nggak mandi dan belum dandan, bisa cantik kalau difoto kamera super bening. Begitu juga barang pesanan di toko online, segar banget eh pas sampai di rumah malah layu, huhu.. Atau biasanya difoto banyak jumlahnya, eh pas dapat malah jumlahnya sedikit, ini pernah juga saya alami, sedih rasanya.

Alhamdulillah di Segari, pesanan berupa sayur, buah dan ayam dari penampilannya sama seperti di foto website. Jumlahnya juga hampir sama dengan di foto website, nggak berbeda jauh.

Jumlah Pesanan Sesuai

Alhamdulillah dua kali belanja mengecek tidak ada kekurangan. Sesuai pesanan untuk itemnya dan jumlahnya juga. Sehingga bisa langsung dimasak atau disimpan sementara di kulkas.

Ongkir Gratis

Ini yang sangat menyenangkan, haha.. Kalau belanja online tapi mahal di ongkir males banget, mending nggak usah. Alhamdulillah di Segari, belanja ongkir gratis minimal pembelanjaan total 50 ribu rupiah. Hemat jadinya ya buat uang belanja.

Harga Standar Dan Terjangkau

Melihat harga-harga sayur, buah, ayam dan lain-lain di website Segari, masih terjangkau. Tidak terlalu mahal kalau dilihat dari kualitas kesegarannya. Ini penting banget, kalau belanja sayur online tapi harga terasa sangat mahal, pastinya mau belanja juga mikir dulu.

Selalu Ada Diskon

Sebagai ibu-ibu memang sudah dari orok kali ya doyan nawar dan diskonan. Kalau belanja sayur online kan nggak mungkin nawar, karena harga sudah jelas seperti belanja di supermarket. Senangnya ada diskon, bisa dicek di akun instagram Segari yang selalu menawarkan beragam diskon terutama untuk pembelian pertama.

Alhamdulillah pembelian pertama saya mendapatkan kode voucher sehingga mendapatkan potongan harga sebanyak 20 persen (Rp. 18.500,-) dari Rp. 70.500,- menjadi Rp. 52.000,- Dan di pembelian kedua, saya mendapatkan harga diskon pada beberapa produk seperti pisang cavendish yang hanya Rp. 5.000,- mendapatkan empat buah pisang.

Suka Dapat Hadiah

Tidak menyangka saat membuka invoice pembayaran pembelian yang ditaruh di atas kardus, ternyata saya mendapatkan 2 Liter Minyak Goreng Tropical, wow rejeki banget ini. Ditambah lagi penawaran kode voucher 20 persen dengan maksimal potongan 20 ribu, bila saya pasang di IG Story. Alhamdulillah, saya pun benaran pasang di IG Story, jadi bisa belanja lagi di Segari dengan potongan diskon.

Dan pada tanggal 16 Maret 2021, saya mendapatkan sms untuk mengaktfikan aplikasi Segari untuk mendapatkan potongan 20 ribu dalam pembelanjaan selanjutnya.

Kemudahan Pembayaran

Memang belanja online itu pembayaran penting. Kalau tidak punya uang di rekening atau e-wallet bisa memilih COD, yang artinya bayar tunai di rumah saat pesanan datang. Tapi kalau punya saldo di rekening Bank atau e-wallet seperti Gopay, OVo dan LinkAja. Enak ya, banyak pilihan opsi pembayaran sehingga tidak ribet.

Mendukung Petani Lokal

Pernah dengar ajakan support petani lokal? Bingung deh kalau tinggal di kota, mana mungkin beli dari petani langsung? Biasanya pertanian itu kan adanya di pinggiran kota atau di desa. Mana mungkin saya pergi langsung ke lahan pertanian, jauh banget.

Segari ternyata mengambil sayur dari petani lokal dalam rangka support petani lokal, bisa dicek di akun instagram Segari. Berarti dengan membeli sayur di Segari, kita juga mendukung petani lokal untuk terus menanam dan memanen dari bumi Indonesia.

Barang Sampai Cepat

Dua kali saya memesan, pesanan datang besok harinya pada pagi hari. Memang saat memesan pilihan waktunya cuma satu yaitu pukul 07.00 – 10.00 WIB. Alhamdulillah datang pagi, bisa digunakan memasak untuk makanan siang hari.

Kurir Ramah

“Pagi, dari Segari.” Begitu sapaan kurir saat datang ke rumah mengirimkan paket pesanan Segari. Senang sih sama kedua kurir Segari, ramah dan baik, tersenyum dan sapaannya juga hangat. Menyenangkan kalau kurirnya seperti ini, bisa jadi langganan. Paling malas kalau kurirnya galak, terus bawaannya cemberut ke konsumen.

Kualitas Kesegaran Terjamin Dengan 15 Jam Sampai Dari Petani

Biasanya kalau membeli sayur, nggak pernah tahu sudah berapa hari dari panen. Apa sudah sampai berhari-hari? Nggak tahu, hehe.. Yang penting masih kelihatan segar ya dibeli, ternyata Segari bisa menjamin 15 jam sampai dari panen. Wah keren juga, karena kesegaran sayur pasti lebih terjamin saat sampai ke pembeli.

Selain itu juga di akun instagram juga dijelaskan, bila sayuran yang kita terima kurang segar, bisa difoto dan kirim ke CS melalui Whatsapp. Sayuran kita akan diganti dengan sayuran yang segar. Wah, kepuasan customer diutamakan ini namanya. Senang kan kalau belanja sayur online seperti ini.

Respon CS Lewat Whatsapp

Ibu-ibu itu paling ribet kalau belanja deh, banyak nanyanya. Saya juga begitu kalau membeli sesuatu pastinya pengin bisa chat-an sama CS lewat Whatsapp. Kapan barang sampai? Apa transfer pembayaran saya sudah diterima? Bagaimana caranya menyakinkan kurir tidak nyasar? Dan lain sebagainya. Emang rempong deh.

Alhamdulillah CS Segari mengerti banget sama ibu-ibu, sebelum saya chat dia sudah chat duluan kalau pembayaran sudah diterima. Terus besoknya CS japri kalau pesanan sedang on the way ke rumah. Bukan robot yang chat, karena kalau benaran robot bukan manusia, saya pasti bete banget.

Seperti saat pembelian kedua, saya lupa kepencet opsi pembayaran dengan COD. Padahal di rumah kan nggak ada uang, duh. Saya mencoba chat CS untuk mengubah pembayaran agar bisa transfer saja. Alhamdulillah CS respon cepat, sehingga saya bisa langsung transfer dan mengirim bukti pembayaran ke CS.

Kemasan Rapi Untuk Daging Ayam

Cukup surprise juga saat membuka kardus mendapati ayam terbungkus rapi. Ini penting sekali untuk menjaga kesegaran ayam agar masih tetap segar saat sampai di konsumen.

Tidak Hanya Ada Sayur,  Tapi Banyak Kebutuhan Masak Lainnya

Di Segari enaknya tidak hanya ada sayuran, tapi juga ada buah, ayam, daging sapi, minyak goreng, bumbu, dan lain-lain. Sehingga bisa sekalian membeli bahan-bahan masak lainnya.

 

Sumber :

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3636640/ini-9-hal-yang-terjadi-pada-tubuh-akibat-kurang-makan-sayur

https://www.alodokter.com/rahasia-awet-muda-tersimpan-dalam-makanan-ini

http://indonesiabaik.id/infografis/konsumsi-buah-dan-sayur-setiap-hari

https://money.kompas.com/read/2020/12/15/114340126/survei-bps-orang-ri-kurang-makan-sayur-kangkung-paling-digemari?page=all

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *