Cerita Ovy

Minum Es Malam Hari Bikin Punggung Pegal

Sebagai orang yang sudah jarang keluar malam sejak dua tahun terakhir. Saat keluar rumah malam hari dan minum es, badan saya kaget, sehingga masuk angin.

Bangun pagi saya merasakan pegal punggung yang luar biasa. Dari atas sampai bawah punggung terasa pegal. Dan ini sangat menganggu dalam beraktivitas di rumah.

Awalnya suami mengeluh bahu kirinya nyeri setelah buka puasa kebanyakan minum es sirup. Saya mengira aneh saja, bisa jadi bahu nyeri karena salah tidur, bukan karena es.

Tapi kemudian saya mengalaminya. Beda dengan suami yang hanya bahu kiri, saya mengalami hampir keseluruhan punggung. Dan lucunya terasa pegal ngilu, tidak ada nyut-nyutan atau nyeri.

 

Benarkah Minum Es Membuat Pegal?

Saat meminum es di restoran karena memang disajikan, saya sebenarnya agak ngeri melihat bongkahan es batunya. Tapi godaan untuk meminumnya membuat saya lupa diri. Segar banget memang minum es malam-malam.

Setelah selesai saya lalu memesan ojol untuk pulang. Mungkin ini ada pengaruhnya juga. Es yang membuat tulang agak ngilu, ditambah angin malam.

Ternyata memang udara dingin bisa membuat tulang ngilu seketika. Seperti saat hujan atau mandi air dingin setelah berolahraga. Walau belum ada penelitian secara ilmiah, tapi ternyata air dingin dan udara dingin tidak dapat disepelekan.

 

Mengatasi Pegal Karena Air Dingin

Saya sendiri belum tahu apa yang bisa membuat punggung bisa sembuh 100 persen. Karena saya dan suami melakukan banyak hal untuk membuat bahu dan punggung membaik.

Obat Pereda Nyeri

Untuk ini saya meminum paracetamol saat punggung terasa pegal sekali. Alhamdulillah terasa mendingan, tapi kemudian punggung pegal kembali. Lalu saya mencoba meminum Oskadon Forte, lumayan membaik tapi terasa pegal kembali. Setelah itu meminum neurobion forte, membaik dan kembali terasa pegal.

 

Kompres Botol Air Panas

Ini saran dari teman saya yang menyuruh untuk memasukkan air mendidih ke dalam botol. Lalu dilapisi kain ditempelkan ke bagian yang pegal. Alhamdulillah mendingan terasa. Namun kembali balik lagi setelah beberapa lama.

Dikerok

Ternyata kata suami saya, punggung saya merah sekali saat dikerok. Dan memang terasa sakit ngilu di beberapa bagian. Sehingga saya sempat teriak karena sakit ngilu.

Mungkin memang angin karena air es masih terjebak di punggung’

Minum Air Jahe Panas Dan Teh Panas

Mendingan beneran saat dikasih suami minum teh panas. Tapi ya begitu setelah beberapa lama kembali pegal punggungnya. Sepertinya ada manfaatnya juga, badan menghangat.

Hanya memang yang lebih terasa air jahe sih, dibandingkan teh. Suami pun dianjurkan teratur minum air jahe setiap hari oleh terapis pijatnya. Untuk ini bisa menggunakan air jahe instan dan juga racikan jahe asli yang direbus.

Dipijat

Sebenarnya saya kurang percaya dipijat suami, karena memang suami kurang pintar memijat. Tapi katanya suami merasa mendingan setelah dipijat di sebuah tempat pemijatan. Saya bertanya seperti apa pijatnya. Ternyata hanya dipijat dari atas ke bawah.

Saya lalu meminta suami melakukan hal yang sama. Dan terasa ngilu di beberapa titik. Alhamdulillah tapi setelah dipijat malah benar-benar terasa badan enakan. Walau jujur sakit saat dipijat, tapi pegalnya berkurang jauh sekali.

Beginilah beberapa hal yang saya lakukan saat merasakan pegal punggung setelah minum air es. Semoga membantu bagi yang merasakannya juga. Amin yra.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *