Cerita Ovy

Tips Memilih Universitas Dan Mendapatkan Beasiswa, Biar Tidak Menyesal

“Tante tahun ini aku kuliah lho,” kata keponakanku. “Trus kamu mau kuliah dimana?”  Tanyaku. “Pengennya Universitas yang ada fakultas Ekonomi Islam atau pendidikan Islam.”

Baru sadar sekarang ternyata sudah masuk tahun ajaran baru, dan keponakanku yang kelas 3 SMA mau menjadi mahasiswa. Pantesan di beberapa status facebook temanku yang anak-anaknya sudah besar. Ramai bikin status tentang persiapan anaknya yang mau kuliah.

 

Memilih Universitas Yang Tepat Untuk Kuliah

Membicarakan tentang anak akan kuliah dimana, penting banget pertama kali menanyakan pada anak, “Mau kuliah di fakultas mana yang sesuai bakat minat kamu?”

Jangan menyuruh anak untuk kuliah di fakultas yang tidak disukai. Hanya karena alasan biaya, lokasi, beasiswa dan lain-lain. Biasanya nanti belajarnya ogah-ogahan dan hasil study-nya kurang maksimal. Malah bisa berhenti study di tengah jalan. Sayang banget.

Setelah tahu Fakultas yang diminati, baru suruh anak mencari Universitas Negeri yang ada Fakultasnya. Bila tidak lolos baru ke Universitas Swasta berkualitas, syukur-syukur ada beasiswa juga.

Seperti keponakan saya yang sejak TK dan SD di sekolah Islam Terpadu, lalu SMP dan SMA di pesantren. Inginnya masuk ke Universitas yang ada Fakultas Pendidikan Islam atau Ekonomi Islam. Targetnya akan melanjutkan study dengan beasiswa ke Mesir, lalu menjadi ahli ekonomi islam atau menjadi guru. Dia merasa tidak cocok bila masuk ke jurusan IPA atau IPS.

Universitas Negeri Sesuai Bakat Minat Anak

Dari setahun lalu, keponakan saya sudah mencari tahu lewat internet Universitas Negeri yang diminati yaitu Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah(UIN Syarif Hidayatullah) dan Universitas Negeri Jakarta(UNJ).

Lokasi Kampus yang masih bisa dijangkau pulang pergi dengan motor, sangat diutamakan Keponakan, karena kondisi ekonomi dan orang tuanya tidak mengijinkan untuk kuliah di luar kota.

Untuk mencari tahu informasi bisa lewat kakak-kakak kelas di sekolah dan  membuka websitenya, untuk mempelajari Universitas tersebut. Dengan Aktivitas Tanpa Batas di internet mendapatkan informasi ada enam jalur masuk UIN Syarif Hidayatullah lengkap dengan persyaratannya. Tidak hanya melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, tapi juga ada jalur lainnya.

Jadi bila keponakan saya tidak lolos di salah satu jalur masuk, bisa mencoba jalur masuk lainnya.

Universitas Swasta Berkualitas Dan Beasiswa

Selain UIN Syarif HIdayatullah dan UNJ yang Universitas Negeri. Seandainya keponakan saya harus masuk Universitas Swasta berkualitas dan ada beasiswanya, hehe.. Biar tidak terlalu mahal bayar kuliahnya.

Seperti Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, dengan Beasiswa Tahfidz Quran, minimal menghafal 15 juz serta memiliki kemampuan akademik tinggi. Bisa mendapatkan bebas biaya pendidikan paling lama 8 semester dan juga bebas biaya formulir.

Universitas Terbaik Luar Negeri Dan Beasiswa

Sedangkan untuk kuliah di luar negeri, keponakan saya lebih suka untuk jenjang pendidikan S2 dan S3. Targetnya sih Universitas Al Azhar di Kairo, Mesir. Mengikuti kakak kelasnya yang ada keterima di sana.

Ada juga Universitas Islam luar negeri lain seperti International Islamic University Malay (IIUM). Alhamdulillahnya ternyata kuliah di Malaysia, bisa melanjutkan study S2 dan S3, dengan mendapatkan Beasiswa Malaysia International Scholarship (MIS).  Dimana cakupan beasiswanya meliputi :

  1. Biaya kuliah gratis
  2. Biaya hidup per bulan berjumlah RM 1.500 (sekitar Rp 4,9 per bulan)

Jalur Prestasi Masuk Universitas Dan Beasiswa Melalui Hafidz Al Quran

Selain jalur SNMPTN dan SBMPTN, untuk para lulusan Pesantren seperti keponakan saya. Bisa masuk Universitas yang menerapkan masuk melalui jalur prestasi Hafidz, dengan hafalan Al Quran minimal 10-15 Juz.

Sehingga bagi para lulusan Pesantren bisa masuk Universitas dengan mudah. Selain itu juga ada beberapa universitas yang juga menawarkan beasiswa bagi Hafidz.

Saat ini ada beberapa Universitas yang menerima jalur prestasi Hafidz yaitu Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Islam Indonesia, Universitas Andalas, Universitas Sebelas Maret, dan lain-lain.

Tips Persiapan Mengincar Beasiswa

Sebagai alumni penerima beasiswa sewaktu kuliah. Sebenarnya dari tahun ke tahun ada tips yang bisa diterapkan untuk mengincar beasiswa. Yang penting usaha dulu, diterima atau tidaknya tergantung rejeki. Iya kan?

Berikut beberapa tipsnya :

  1. Mencari tahu semua informasi tentang beasiswa apa aja yang ada melalui internet, dan bertanya pada alumni beasiswa. Ada beasiswa yang memang disediakan di Universitas, dan ada beasiswa yang di luar Universitas seperti beasiswa Baznas, Kartu Indonesia Pintar (KIP Kuliah) dan Bidikmisi.
  2. Mempelajari cara mendapatkan beasiswa dan hal apa saja yang harus dipersiapkan
  3. Meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Sekarang tidak hanya skor TOEFL yang diminta tapi juga IELTS.
  4. Meningkatkan hafalan Al Quran untuk mendapatkan beasiswa jalur Hafidz
  5. Meningkatkan kemampuan akademis selama di sekolah
  6. Mencoba berprestasi di bidang non formal seperti perlombaan menulis, pidato, dan lain-lain.
  7. Mendaftar beasiswa saat dibuka pendaftaran dan memenuhi semua persyaratan
  8. Menyusun portofolio menarik
  9. Membuat motivation letter
  10. Jangan lupa minta restu orang tua dan berdoa

Cara Mendapatkan Informasi Tentang Universitas Dan Beasiswa Yang Dituju

Untuk saat ini, calon mahasiswa gampang cari tahu segala informasi melalui internet. Tanpa harus pergi ke Universitasnya dan bertanya langsung. Semuanya menjadi mudah dengan Aktivitas Tanpa Batas melalui kelancaran jaringan Internet Keluarga.

Mengutip Katadata Insight Center, ada 5(lima) Sumber Informasi Teratas Perguruan Tinggi dan Jurusan yang dicari calon mahasiswa yaitu :

  • Media Sosial seperti facebook, twitter, instagram, youtube, tiktok. Saya sendiri pun kerap membaca status teman di facebook, yang bercerita banyak tentang persiapan kuliah anaknya. Bahkan bisa sangat detil dari cara mendaftar, biaya UKT sampai kos-kosan bila kampusnya ada di luar kota.
  • Website Universitas, bisa mempelajari semua tentang Universitas dari fakultas yang ada, waktu penerimaan mahasiswa, biaya kuliah dan lain-lain.
  • Senior/Alumni, bila punya kenalan senior/alumninya bisa bertanya-tanya juga
  • Aplikasi Pendidikan, sekarang ini ada juga yang membantu calon mahasiswa untuk mengidentifikasi fakultas dan jurusan yang ingin dituju.
  • Teman, berbagai informasi mengenai universitas yang akan dituju, selain itu juga menambah semangat karena bisa ngampus bareng.

Kuliah Di Fakultas Dan Universitas Tepat Untuk Masa Depan Lebih Baik

Dulu saya sempat menyesal kuliah di jurusan Manajemen Perusahaan, karena setelah lulus kuliah bingung mau kerja apa. Berpikirnya yang penting kuliah dapat gelar sarjana, kerja kantoran dan dapat gaji.

Seandainya saya kuliah di jurusan bahasa Indonesia atau jurnalistik. Lebih tepat sasaran dengan minat dan bakat. Bisa belajar menulis secara profesional dari bangku kuliah. Mungkin karir menulis saya bisa lebih baik dibandingkan sekarang hehe..

Makanya senang melihat calon mahasiswa sekarang, rencana hidupnya bisa terkonsep dengan baik. Sudah tertata jalan hidup ke depannya. Dari memilih Universitas favorit, mau mendaftar beasiswa apa, lulus kuliah mau kerja apa, sudah ada gambaran.

Cukup mempunyai jaringan internet lancar di rumah seperti IndiHome, tanpa harus kemana-mana. Sudah bisa menyusun peta masa depan yang sukses. Dengan pilihan kecepatan sesuai dengan kebutuhan keluarga masing-masing. Kita bisa bebas memilih paket dan kecepatan, untuk melakukan Aktivitas Tanpa Batas.

Sebagai bagian dari TelkomGroup, dan brand internet terbesar di Indonesia. IndiHome memberikan layanan internet, TV interaktif dan beragam konten digital lainnya untuk para generasi muda.

Dengan begitu tidak ada waktu muda yang terbuang sia-sia. Jalan karir lebih terbuka lebar dan lebih mudah dicapai. Usia muda sudah bisa menduduki jenjang karir tinggi dan fokus pada tujuan.

Daftar Pustaka :

https://www.jpnn.com/news/snmptn-2022-lulusan-pesantren-bisa-masuk-fakultas-kedokteran-teknik-ini-penjelasan-ltmpt

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/21/media-sosial-sumber-informasi-perguruan-tinggi-jurusan-mayoritas-siswa

https://tekno.tempo.co/read/1476219/10-perguruan-tinggi-ini-menerima-mahasiswa-baru-lewat-jalur-hafidz-al-quran

https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/yNLL0R6N-ingin-kuliah-di-negara-tetangga-intip-beasiswa-malaysia-international-scholarship

11 thoughts on “Tips Memilih Universitas Dan Mendapatkan Beasiswa, Biar Tidak Menyesal

  1. Semoga ponakannya dimudahkan dan dilancarkan dalam memilih universitas dan meraih cita-cita ya, Mbak Ovy
    Setuju jika kuliah sesuai dengan bakat dan minat maka akan senang menjalani..Pengingat bagi saya juga, karena kini anak saya kelas XI, tahun depan bakal kuliah dia:)

    1. iya benar. amin yra, semoga dimudahkan juga kuliahnya anak mba dian ya. semoga lancar mendapatkan kampus sesuai keinginan amin yra

    1. iya mba ria, semoga anaknya udah ketahuan mau kuliah jurusan apa ya. amin yra, semoga lancar juga anaknya kuliah.

  2. Thank infonya mba, tipsnya juga nih, wah bisa buat sharing nih anak bujang juga tahun depan masuk kuliah

  3. Thank infonya mba, tipsnya juga nih, wah bisa buat sharing nih anak bujang juga tahun depan masuk kuliah . Smeogay ponakan mba Ovy lancar dalam kuliahnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *