Ovianty

Tips Menggoreng Ikan Agar Garing Dan Mulus Kulitnya

Menggoreng ikan selalu menjadi drama tersendiri bagi saya. Selalu hasil ikan yang digoreng berantakan, dan suka lengket saat mau dibalik. Dan itu sangat menyebalkan bagi saya.

Kriuukk… kriuukk.. Nggak pernah kebayang suatu hari nanti bisa menggoreng ikan mulus ala resto. Karena memang suka bikin nagih makan ikan di restoran. Garing dan krenyes pas dimakan. Membuat laper kalau membayangkannya.

Usahakan Ikan Mentah Berada Di Suhu Normal

Biasanya ikan mentah kita simpan ke dalam kulkas. Lalu karena buru-buru mau dimasak, ikan di freezer dikeluarkan, lalu setelah mencair segera digoreng. Ini kurang baik, karena ikan belum berada di suhu normal.

Dan biasanya kalau digoreng pun, ikan akan lengket di wajan, dan kadang memercikkan minyak goreng karena mengandung air. Karena itu lebih baik ikan beku dikeluarkan pada malam hari, dan digoreng pada besok pagi. Saat itu ikan sudah berada di suhu normal, dan sudah dapat digoreng.

Marinasi Ikan Dengan Bumbu

Jangan lupa kalau mau dibekukan marinasi ikan dulu dengan bumbu setelah dikasih jeruk nipis dan garam. Kalau saya lebih suka memakai bawang merah, bawang putih, kemiri dan penyedap jamur. Kalau tidak ada kemiri, cukup dengan bawang merah, bawang putih dan penyedap jamur. Saya biasanya menggunakan bumbu dasar putih, supaya minyak goreng tidak cepat kotor.

Dan saya biasanya marinasi ikan dengan dibekukan. Jadi ikan bisa langsung digoreng setelah ikan mencair. Lebih cepat dan praktis, dibandingkan harus memberikan bumbu untuk ikan.

Taburi Ikan Dengan Tepung

Saat akan menggoreng taburi ikan dengan tepung. Jadi ikan yang dibumbui ditiriskan airnya lalu ditaruh di tepung, bolak-balik lalu goreng. Bisa juga dengan cara menaburkan tepung minyak sekali saja. Bisa juga hanya tadi saya coba masih agak lengket sedikit pas mau baliknya.

Untuk tepung bisa menggunakan tepung terigu, tepung bumbu atau tepung beras. Kalo untuk tepung bumbu, rasanya ikannya memang menjadi lebih gurih. Karena tepung bumbu menempel di ikan.

Goreng Dengan Metode Deep Friying

Memang sih resiko metode ini boros di minyak, dan dikhawatirkan minyak menjadi cepat kotor. Namun memang tingkat kegaringan beda. Kalau saya menggunakan deep frying, ikan awet garingnya sampai lama. Tapi kalau saya menggunakan sedikit minyak, kegaringan ikan kurang lama.

Demikian caranya supaya ikan garing rasanya. Selamat mencoba.

1 thought on “Tips Menggoreng Ikan Agar Garing Dan Mulus Kulitnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *