Ovianty

Saat Mantan Menolak Balikan-Review Novel Rujuk

Pahitttt. banget. Saat mencintai seseorang mati-matian, tapi orangnya malah menolak kehadiran kita habis-habisan huhu..

 

Siapa yang kayak gitu? Saya sih enggak, wkwkwkw.. Eits maksudnya sekarang, dulu mah bucin habis-habisan. Sampai pengen muntah kalau inget kejadian dulu. Upsss. Oke, bicara tentang ‘kebucinan’ memang tidak ada habisnya. Apalagi kalau udah bucin, eh malah ditolak habis-habisan, serasa pengen menghilang aja di dunia. Pindah gitu ke planet Mars, ketemu alien ganteng yang jomblo.

Rujuk, salah satu novel yang saya suka di platform baca digital Storial. Siapa pun yang pernah merasakan pernah ditolak tapi bucin setengah mati. Pasti setuju sama saya. Akhtarara, penulisnya bisa banget merangkaikan kalimat demi kalimat untuk menggambarkan betapa pedihnya, si karakter utama perempuan ditolak cinta. Bahkan sama mantan suami sendiri. Dan mengemis-ngemis minta balikan, huhu.. Ini novel saya banget, sumpah. Dan merasakan betapa cinta itu semakin ditolak, semakin dalam kayak sumur digali.

 

 

Hayoooo.. mana yang pernah atau sedang bucin, bisa ngumpul di sini, nangis bareng huhu.. Walau sebenarnya ending bisa keraba sih, tapi tetap saja, perjuangan menghilangkan kebucinan itu dalam rasanya. Menolak rasa yang pernah ada. Apalagi mantan suami udah mau nikah sama perempuan lain. Hilang, pedih, semua menjadi satu.

 

Blurb

Status : Berlanjut

Kategori Cerita : Novel

Ditulis Oleh : Akhtarara

Diterbitkan : Minggu, 20 September 2020

Rating : 4,8 dari 5

 

Kalau ada pemilihan nominasi perempuan terbucin sama mantan suami, Orin pasti pemenangnya. Sudah empat tahun bercerai, tapi masih saja menempel seperti perangko ke amplop. Memang berteman dengan Deo, itu menyenangkan. Namun Orin tidak sadar itu berakibat berat juga untuk dirinya, menyandang status janda, tanpa ada keinginan mau move on.

Belum lagi ibunya Orin yang selalu marah-marah, minta Orin segera bangkit. Menemukan seseorang laki-laki yang spesial, bukan hanya berharap pada Deo terus-terusan. Namun apa daya Orin memang bucin habis. Mau dikata apapun sama orang, tetap saja Orin selalu datang ke apartemen Deo. Walau kadang dianggap ‘babu’ sama Deo, yang meminta bantuan Orin buat membereskan apartemen. Tapi anehnya, Orin mau aja. Duh.. Orin. Kamu beneran jomblo ngenes!

Sampai puncaknya, Orin harus berhadapan dengan Susan, calon istri Deo yang menyebalkan. Susan marah besar, saat Orin secara tidak sengaja malah masuk apartemen Deo, saat Susan sedang berduaan dengan Deo. You knowlah, apa yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan saat berduaan di ruangan sepi. Alhamdulillah Akhtara, tidak menggambarkan secara detil di adegan ini. Dan Orin sangat shock melihatnya. Begitu juga dengan Susan.

 

 

Apa yang terjadi saat puncaknya dua perempuan memperebutkan satu laki-laki? Pastinya heboh banget. Cakar-cakaran, jambak-jambakan, saling memaki dan berteriak, itu udah pasti hehe.. Dan inilah yang terjadi pada Orin dan Susan. Sampai akhirnya Orin mengalah. Yups, tidak ada pilihan, karena memang Deo memilih Susan. Bukan dirinya. Orin harus pasrah.

Tapi Tuhan Maha Adil, pasti ada balasan buat orang yang sabar. Datanglah seseorang yang membuat Orin tidak terlalu merana. Yups, malaikat tanpa sayap itu Rey, laki-laki ganteng baru pulang dari luar negeri, membawa banyak cinta untuk Orin. Memasuki hidup Orin tanpa memaksa. Membuka lembaran baru buat Orin, walau Orin sendiri tidak begitu yakin dirinya akan menerima cinta Rey.

Memang review saya sedikit spoiler, tapi novel Rujuk ini akan tetap menyenangkan dibaca, karena menyimpan banyak kejutan dalam kisah percintaan. Selain Orin, juga diceritakan sedikit bagaimana ‘mengenaskannya’ kisah cinta Raja, laki-laki teman kantor Orin. Dan juga Juju, seorang janda beranak satu yang juga menyimpan kisah cinta tragis.

 

Baca juga : Makan Gratis Lewat Kencan- Review Novel Foodie Call

 

It’s All About Novel ‘Bucin’

Yang saya suka dari gaya bercerita Akhtarara, dia bisa menggali emosi pembaca sangat dalam dan kisahnya bisa begitu natural. Bagaimana perjalanan cinta Orin, si bucin yang seperti menghadapi pasang surut gelombang laut. Pastinya membaca Rujuk, seperti menangisi diri saya sendiri yang pernah bucin. Begitu pedih dan sakitnya huhu.. Alhamdulillah saya sudah move on, dan menikah. Berharap Orin juga menemukan cinta sejatinya, apa balikan dengan Deo(andai saya penulisnya, pasti endingnya bukan ini) atau menikah dengan babang Rey (saya mau banget wkwkw..) Saya belum tahu, karena novel ini masih berlanjut. Dan Orin galau berat buat nentuin siapa pendamping hidup selamanya.

 

 

Padahal sudah gemes banget, pengen tahu Orin milih siapa akhirnya. Iya sih semuanya tergantung oleh Akhtarara, sebagai penulis. Tapi kalau boleh meminta, plissss… Jadikan Orin sama babang Rey aja, Deo hempaskan. Laki-laki itu kalau pernah salah, apalagi berkali-kali salah, ceburin aja ke laut. Jangan pernah balik lagi ke mantan, ingat itu! Hahahaha.. Tapi ya tungguin aja deh akhirnya, siapakah yang akan menjadi pasangan Orin, asalkan endingnya jangan dilepas keduanya. Oh nooo…

Bagi yang jomblo dan masih bucin, novel Rujuk sangat pas dibaca, biar sekalian merenung. Memang tidak baik mencintai orang habis-habisan, tapi adakah yang tahu bagaimana caranya menghilangkan rasa cinta? Ibarat kata, gampang diucapin di mulut, tapi susah prakteknya. Sudah lebih baik baca novel Rujuk aja, biar ketemu jawabannya. Percuma dengerin nasihat orang, toh mereka tidak tahu yang kita rasakan saat mengalami ‘bucin’ sama mantan, wkwkwkw..

Jangan lupa baca juga novel-novel lainnya di Storial, yang pastinya keren banget. Kita bisa memilih novel mana yang ingin dibaca di kategori Novel Storial #ReviewNovelStorial.

 

Mengenal Lebih Dekat Penulis

Sebenarnya siapakah Akhtarara? Penulis satu ini memang misterius, tidak menampakan wajahnya di profil picture Storial. Kesukaannya membaca, menulis dan pecinta drama korea. Waah, saya banget. Setelah googling, saya belum menemukan siapa sih Akhtarara sebenarnya. Namun karyanya sudah cukup lumayan banyak di Storial, ada tiga karya lagi selain Rujuk, yaitu Trapped With You, After Taste, dan Exposure. Kalau Akhtarara merupakan penulis baru, saya mengacungkan jempol untuk novel-novelnya #GenerasiBacaOnline

 

Kelebihan

Saya suka sekali novel Rujuk ini mewakili perasaan perempuan manapun di dunia ini. Sesaat emosi meledak, tapi mengambil keputusan terbesar. Dan tololnya, diamini oleh pasangan laki-lakinya. Apalagi ini sudah dalam ikatan pernikahan, kerasa banget betapa jatuhnya perempuan.

Dengan Orin yang meratapi terus-terusan meratapi diri dan berusaha bangkit dengan kekuatan dirinya, itu TOP banget. Dimana-mana perempuan memang harus kuat, biar pernah menjadi bucin, tapi harus bangkit juga suatu saat nanti. Ini bukan cerita bucin yang menggambarkan kelemahan perempuan. Ada saat dimana Orin mendapatkan kembali harga dirinya, diperebutkan kembali oleh laki-laki. Sampai Orin bingung akan memilih ‘siapa’ laki-laki yang akan menjadi pendamping hidupnya. That’s why I like this novel. Tks Akhtarara, bisa memberikan cerita inspiratif bagi untuk menghempaskan kebucinan.

 

Kekurangan

Apa yang saya kurang suka dari novel ini? Hampir nggak ada! Paling ya hanya kesalahan sedikit EYD, selebihnya ini novel cool banget. Natural dan menyenangkan. Oiya ada yang kelupaan, sebenarnya sebel juga ini Akhtarara demen banget gonta ganti cover novel. Mentang-mentang ada di platform Storial, gampang ganti novel, nggak kayak versi cetak. Sudah suka sama cover yang dulu, eh diganti sama Akhtara huhu..

 

Overall, novel ini memang jauh dari nyebelin, malah bikin gemes setengah hidup sama jalan ceritanya. Belajar dari kebucinan tokoh utama, memang menjadi ‘bucin’ itu tidak bagus buat kesehatan hidup wkwkw… Jangan sampai tidak baca, nanti nyesel abis lhoo..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *