Cerita Ovy

Cara Membuat Siomay Bandung Dan Steamed Fish Ala Chef Beatrix

“Bu mau makanan enak.” Satu kalimat yang simpel dari mulut anak, tapi pusing menwujudkannya hehe.. Biasa beli makanan via online karena banyak diskon, sayangnya semakin kesini diskonnya semakin sedikit.

Tantangan bagi setiap ibu rumah tangga untuk menyediakan makanan enak ala resto dengan budget minim, ya harus masak sendiri. Hanya kalau masak setiap hari, suka bingung mau masak apa ya. Sepertinya masakan setiap minggu itu-itu saja, dari ikan goreng, telur semur atau untuk pelengkap soto, ayam goreng tepung, daging teriyaki.

Mau masak yang menunya berbeda dari biasanya, seperti siomay bandung, tapi saya yang mager. Selain takut memakan waktu yang lama dalam memasak, takut juga masakan kurang lezat karena belum pernah memasaknya.

Alhamdulillah mendapatkan kesempatan menyaksikan demo masak membuat Siomay Bandung dan Steamed Fish oleh Chef Beatrix. Acara ini diadakan pada hari Sabtu, 1 Oktober 2023 di Farmers Market Grand Wisata Bekasi. Acara ini kolaborasi antara Polytron, Farmers Market, dan Bibli.com yang dihadiri oleh komunitas Kumpulan Emak-emak Blogger dan komunitas Bibli.com. Dalam rangka 47 tahun anniversary Polytron.

 

Cara Membuat Siomay Bandung Ala Chef Beatrix

Sebagai penyuka siomay, saya tidak pernah masak siomay apalagi siomay bandung yang terkenal enak banget. Baru tahap tukang makan siomay, tapi belum berani untuk membuat sendiri. Siomay itu perintilannya banyak dari tahu, kol, pare dan kentang, Belum lagi ditambah dengan membuat bumbu kacangnya. Semakin membuat mager untuk memasak.

Bagi yang belum kenal Chef Beatrix, sini saya kasih bocoran hehe.. Chef berwajah cantik manis ini merupakan lulusan posisi 9 besar Master Chef Indonesia season 4, pada tahun 2015.

Tips Memasak Siomay Bandung, Siapkan Dulu Bahan-bahannya

Sebenarnya memang memasak siomay itu sudah kelihatan akan memakan waktu berjam-jam dari awal pengolahan. Tapi dengan melihat langsung cooking demo, saya menjadi tahu kalau Chef Beatrix mengakali dengan mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, sebelum mulai memasak.

Ikan tenggiri dan fillet paha ayam bisa dihaluskan terlebih dahulu. Persiapkan semua bumbu, kupas, bersihkan dan goreng bila diperlukan seperti bawang putih dan cabe, agar bumbu kacang tahan lama.

Persiapkan juga tahu, kentang, pare yang sudah dibersihkan bijinya, dan kol yang sudah dipotong sesuai ukuran bisa digulung.

Resep Siomay Bandung Ala Chef Beatrix

Bahan & bumbu:
175 gram daging ikan tenggiri, dicincang halus
75 gram paha ayam fillet, dicincang halus
4 siung bawang putih, dihaluskan
1 sendok teh garam
1/4 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh kaldu bubuk
2 putih telur
1 batang daun bawang, diiris halus
100 gram tepung sagu
Bahan saus:
250 gram kacang tanah goreng, diulek kasar
3 siung bawang putih, digoreng, dihaluskan
8 buah cabai merah keriting, digoreng, dihaluskan
100 gram gula merah sisir
1 1/4 sendok teh garam
350 ml air hangat
2 sendok teh air asam, dari larutan 2 sendok teh asam dan 2 sendok teh air
Bahan pelengkap:
5 buah kentang ukuran kecil, direbus, dikupas
1 buah tahu putih, dipotong 8 bagian segitiga, dikeruk tengahnya
1 buah pare, dikeruk tengahnya
250 gram kol, direbus, digulung
4 buah jeruk limau
3 sendok makan kecap manis
Alat memasak:
Rice Cooker Donabe dari Polytron
Cara membuat siomay:
1. Campur daging ikan tenggiri, daging ayam, bawang putih, garam, gula pasir, penyedap rasa, dan putih telur dan daun bawang. Aduk rata.
2. Masukkan tepung sagu. Uleni rata. Bila tidak menggunakan ikan tenggiri hanya daging ayam saja, maka tidak usah ditambahkan tepung sagu, karena daging ayam sudah padat.
3. Sisihkan 1/4 adonan. Isi ke dalam tahu. Bisa juga adonannya dilebihkan, diisikan ke pare. Kukus di dalam Rice Cooker Donabe, yang bawahnya dikasih air. Sisihkan.
4. Bulatkan sisa adonan dengan sendok. Sendokkan ke dalam kukusan yang sudah diberi alas daun pisang dan dioles tipis minyak. Kukus di dalam Rice Cooker Donabe sampai matang. Sisihkan.
5. Kentang dan kol direbus di dalam Rice Cooker Donabe
6. Saus kacang, aduk rata kacang tanah halus, bawang putih halus, cabai halus, gula merah, dan garam.Tuang air panas sedikit-sedikit sambil diaduk rata. Tambahkan air asam. Aduk rata.
Sajikan siomay bersama saus kacang dan pelengkap.
Rasanya? Enak beneran. Saya suka kentangnya yang teksturnya padat dan agak kering, tapi saat digigit lembut matang ke dalam. Siomay-nya juga terasa pas, tidak terlalu padat dan kenyal, saat dikunyah terasa lezat sekali. Ditambah bumbu kacangnya, dengan kacang tanah pilihan yang terasa manis dan juga tambahan bumbunya membuat enak sekali.

Memasak Siomay Bandung Menggunakan Rice Cooker Donabe dari Polytron

Sejak kedatangannya Chef Beatrix sudah mempersiapkan bahan dan bumbu untuk membuat siomay bandung. Yang cukup mengherankan kompor yang sudah dipersiapkan panitia, tidak dipakai oleh Chef Beatrix. Ternyata cukup menggunakan Rice Cooker Donabe dari Polytron untuk merebus dan mengukus.

Bagi yang penasaran kenapa sih Chef Beatrix menggunakan Rice Cooker Donabe untuk memasak siomay bandung? Yups, karena dilengkapi dengan teknologi terbaik DONAHEAT 3D, pemanasan lebih merata dari 3 arah. Ini terbukti saat merebus kentang, kentangnya agak kering tidak benyek, tapi saat digigit matang merata sampai dalam.

DONAHEAT 3D, juga membuat nasi yang dimasak sepulen nasi Jepang. Teknologi yang memaksimalkan kualitas makanan. Membuat nasi tetap hangat, tidak berkerak dan juga enak dikonsumsi selama 48 jam.

Selain itu kapasitas memasak yang lumayan banyak yaitu 2 liter. Sehingga bisa memasak sekaligus untuk keluarga besar, tidak harus berkali-kali masak, jadi hemat listrik.

Rice cooke Donabe juga sudah food grade, jadi aman untuk kesehatan. Dengan material ceramic coating yang lapisannya lebih tebal dari panci biasa. Untuk membersihkannya agar bebas dari bau sisa masakan, juga relatif mudah. Kita tinggal melepas alumunium cover di permukaan panci Donabe dengan mudah, dan memasangnya kembali.

Memakai rice cooker Donabe pastinya lebih praktis, hanya sekali colok bisa memasak, menanak dan memanaskan. Lebih praktis dan aman juga memasak di dekat anak-anak.

Cara Membuat Steamed Fish Tilapia Ala Chef Beatrix

Nah memasak steamed fish ini alias mengukus ikan simpel banget sih. Yang perlu diperhatikan ikan fillet harus dalam keadaan fresh. Kali ini Chef Beatrix memilih ikan tilapia, walau sebenarnya bisa menggunakan ikan lain, tidak harus ikan laut bisa juga ikan air tawar.

Resep Steamed Fish Ala Chef Beatrix

Bahan & Bumbu:
Ikan kakap/ Dori/ Tilapia – 1 ekor (500 gram)
Air perasan jeruk nipis – 1 sdt
3 sdm Kecap Asin
5 siung Bawang putih, cincang
5 cm Jahe, iris korek api
3 buah Cabai merah besar, potong korek api
1 batang Daun bawang, iris tipis
1 sdm Minyak wijen
2 sdm Saus tiram –
1 sdm Gula pasir – 1 sdt
Merica – 1/2 sdt
Alat Memasak:
Tiara Pot Pro dari Polytron
Cara Membuat:
1. Siangi dan bersihkan ikan kakap. Lumuri dengan air perasan jeruk nipis dan garam. Diamkan sebentar lalu bilas hingga bersih. Taruh ikan di atas alumunium foil, lalu bungkus.
2. Panaskan panci kukusan. Kukus ikan selama 5 menit saja. Angkat.

Memasak Steam Fish Tilapia Dengan Menggunakan Tiara Pot Pro

Melihat cara Chef Beatrix memasak steam fish dengan menggunakan Tiara Pot Pro, ternyata cepat sekali hanya 5 menit dan ikan matang. Wanginya itu lho menyebar saat matang membuat lapar, sudah terbayang rasanya yang lezat.
Untuk yang suka sekali memasak beraneka ragam masakan, pasti senang sekali menggunakan Tiara Pot Pro mulai dari Pressure Cooker hingga Slow Cooker. Apapun masakan bisa dibuat dengan mudah, hanya menggunakan Tiara Pot Pro. Dari membuat berbagai sup, daging rebus, presto, bean/chil, slow cook, tumis, nasi, biji-bijian bubur, kukus, yogurt dan manual/sous vide. Bahkan menurut mas Putra, Public Relations Polytron, Tiara Pot Pro pun bisa untuk memasak 5 ketupat besar. Berguna banget pastinya untuk bulan Ramadhan dan Idul Fitri.
Dengan fitur Smart Steam Release yang membuat katup uap mudah ditutup saat memasak dengan tekanan tinggi, Tiara Pot Pro juga dapat melepas uap dengan cepat sesudah selesai masak.
Untuk waktu memasak pun lebih cepat 70 persen, sehingga bila kita terburu-buru, masakan pun cepat matang. Seperti steam fish yang hanya selesai dalam waktu 5 menit saja. Memasaknya praktis hanya dengan menekan satu tombol. Cukup menekan mode memasak yang diinginkan, masakan akan matang. Mudah ya!

Air Fryer Polytron

Nah untuk produk ini sedang happening, Air Fryer menggoreng tanpa menggunakan minyak. Menggunakannya cukup mudah dengan setting waktu, temperatur dan mulai. Tidak perlu menunggu minyak panas bila menggoreng di wajan. Selain itu juga bentuknya yang transparan membuat mudah untuk melihat masakan saat dimasak. Pastinya mudah dibersihkan dan menjaga dapur tetap rapi. Ditambah dengan Fits Any Pot, desain tutup portable yang cocok untuk panci tahan panas apapun dengan dua ukuran yaitu 22 cm dan 24 cm.

Tertarik menggunakan Rice Cooker Donabe, Tiara Pot Pro, dan Air Fryer Polytron? Yuk kunjungi www.polytron.co.id

25 thoughts on “Cara Membuat Siomay Bandung Dan Steamed Fish Ala Chef Beatrix

  1. Ya Allah postingan ini sungguh terlalu…..terlalu bahaya udah bikin aku ngiler tapi ga bisa makan siomaynya langsung karena cuma gambar hahaha

    Ngiler liat siomay. Mupeng sama Tiarapot Pro nya. Biar bisa masak macam-macam dengan praktis tanpa kompor.

  2. Pakai ikan dan ayam jadi makin gurih nih kayaknya. Kalau dilihat dari gambarnya, rice cooker polytron bisa muat banyak siomay. Makanan sehat semua nih dan bisa dipraktekin di rumah, desain rice cookernya minimalis dan keliatan elegan

  3. ihiy siomay Bandung kesukaan anak2 nih. Alat masaknya kayak gini tuh bikin sat seeeet ya mba. Aku jarang beli online, biasanya pak suami yg suka beli, nyoba2 apa ada yg baru yg seru camilan buat anak2. heheuuuu
    bebikinan snack atau buat makan sehari2 mah PR kita selalu yes hihi..Resep chef Beatrix yg tilapia bisa aku coba nih, asyik klo punya Tiarapot Pro^^ mauuu

  4. Saya tuh kalau cari makanan di foodcourt biasanya akan selalu pilih siomay Bandung. Karena memang rasanya bersahabat banget dengan lidah dan merasa lebih sehat juga dengan pilihan ini. Resep siomay bandung ala chef Beatrix ini sepertinya mudah juga dibuat. Tapi harus punya rice cook donabe dulu ya biar praktis dan tidak bikin ribet masaknya. Fix mau coba resepnya

  5. Aduhhh napa jadi makin mupeng lihat Tiara Pot Pro Polytron. Kalo bikin siomay aku udah sering, karena favorit keluarga juga dari pada beli mending bikin sendiri.

    Ah mupeng nyontek resep Steam Fish Tilapia ala chef Beatrix.

  6. Saya penggemar siomay meski hanya kol dan pare nya saja. Ya, siomay dan tahu saya malah kurang suka.
    Bikin siomay kalau pakai alat canggih jadi terasa mudah dan praktis ya. Pengen punya juga alat dapur keluaran Polytron ini

  7. hihi … sama, Mbak Ovi. Akupun bagian makan siomay aja, belum pernah membuat sendiri. Eh tapi baca bahan dan cara membuat pakai alat masak Polytron kok sepertinya mudah yah. Ga perlu banyak alat, cukup 1 aja udah jadi deh siomay homemade.

  8. Memasak sendiri menggunakan alat masak dari Polytron ini andalan banget yaa..
    Dapat resep makanan yang disukai, bisa auto masak untuk keluarga.
    Jadi keluarga tetap sehat dan makanan menggugah selera pun lancar tersedia .

  9. Kalau di Bandung Siomay ini dimakannya bareng bumbu kacang, kecap, acar dinamain baso tahu. Favorit saya nih siomay di baso tahu. Ternyata bisa bikin sendiri dengan Politron. Bikin steamed fish juga bisa. Enak ya ada riceekoker Donabe ama Tiara Pot dari Politron.

  10. Udah lamaaa ngincer sejenis tiara pot ini, ga tau yang mana tapi kebayangnya yang bisa multifungsi dong yaaa

    eh pas liat para chef masak dengan enak di dalam satu wadah itu kagum dan jadi membulatkan tekad harus punya sekaligus hemat gas!

  11. Rice cooker Donabe ini cocok banget sih buat anak kos, Mak. Selain hemat tempat, olahan masakannya juga bisa macem-macem gitu yang dihasilkan. Menang banyak sih kalau bisa menghasilkan masakan kukus dan goreng dengan 1 alat ini. Efisien banget!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *