Ovianty

Nikmatnya Lima Sajian Kuliner Terkenal Sumatera Barat

Masakan Sumatera Barat terkenal enak dan lezat. Perpaduan banyaknya bumbu rempah dan santan kental, merupakan ciri khas dalam masakannya. Sehingga bahan makanan apapun, bila dimasak akan menjadi masakan yang menggoda selera siapa saja.

Kuliner Sumatera Barat sangat terkenal sampai ke penjuru dunia. Berikut beberapa kuliner Sumatera Barat yang disukai banyak orang :

1. Rendang

Masakan ini mendapatkan pengakuan sebagai masakan terlezat di dunia. Dengan menggunakan 40 macam bumbu, rendang bisa menaklukkan berbagai masakan yang ada di dunia. Proses pengolahannya pun tidak sebentar, memerlukan waktu dua hari untuk menjadi rendang yang lezat dan tahan lama. Biasanya kadang orang salah sangka menyebut kalio daging sebagai rendang. Padahal disebut rendang kalau kuahnya sudah menghitam.

2. Jengkol Balado
Siapa yang tidak mengenal jengkol? Di Indonesia jengkol menjadi salah satu makanan khas yang disukai banyak orang. Jengkol balado merupakan olahan jengkol goreng yang disajikan dengan sambal goreng. Bisa sambal goreng hijau yang terbuat dari cabe hijau, atau sambal goreng merah yang terbuat dari cabe merah. Cara memasaknya pun agak unik, jengkol yang telah direbus dengan kapur sirih, lalu digeprek sehingga gepeng. Setelah itu baru dicampur cabai dan bawang yang diulek setelah digoreng.

3. Ayam Bakar Padang
Kenikmatan ayam berpadu dengan banyak bumbu rempah dan santan. Bila di daerah lain, ayam diungkep dengan bumbu dan air biasa. Di Sumatera Barat, air biasa untuk ungkep ayam diganti dengan santan. Sehingga menghasilkan ayam yang lezat. Selain itu santan juga membuat ayam tidak lengket pada pemanggang saat dibakar.

4. Ketupat Padang
Sajian ketupat dengan kuah sayur nangka dan pakis ini sangat nikmat. Selain itu ditambahkan telur gulai atau tahu gulai, dengan sambal goreng dan kerupuk beras. Biasanya ketupat padang dimakan pada waktu pagi hari, disiram kuah panas dari kuali.

5. Gulai Tunjang

Kalau di daerah lain, kikil biasanya ditumis atau dijadikan sate. Tapi di Sumatera Barat, kikil alias tunjang  dimasak menjadi gulai dengan bumbu rempah dan santan. Tunjang ini menjadi sangat enak disantap, karena teksturnya kenyal tapi lembut dan sarat bumbu.

Demikian lima sajian kuliner favorit yang berasal dari Sumatera Barat. Untuk menikmatinya pun sangat mudah, tidak harus berkunjung ke Sumater Barat. Karena lima sajian ini tersedia di Rumah Makan Padang yang ada dimana-mana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *