Ovianty

Sarapan Sehat Untuk Anak Dengan Sereal Gandum Utuh

anak sarapan sereal gandum

Setiap pagi selalu menjadi drama tersendiri bagi setiap ibu. Walaupun anak-anak belajar daring, bukan berarti mereka selalu bisa sarapan tepat waktu.

Yupss.. Kadang anak malas bangun dan merasa tidak repot harus pergi ke sekolah. Tapi saat sebentar lagi jam belajar tiba, dan harus standby di depan laptop. Baru deh anak-anak kalang kabut. Makanya bagi sebagian ibu, seperti saya sarapan itu sangat penting. Kalau bangun telat tidak sempat mandi tidak apa-apa, yang penting jangan sampai tidak sarapan. Ada beberapa orang tua yang menganggap sarapan kurang penting. Faktanya di indonesia banyak anak yang tidak sarapan. Ada 25 persen sarapan tapi bentuknya minuman. Ada sarapan tapi tidak lengkap. Sarapan sehat untuk anak sebenarnya sangatlah penting.

“Belajar daring membuat anak-anak kadang sepele bangun, karena tidak harus repot berangkat sekolah. Tapi bagi saya yang terpenting sarapan, supaya mereka mempunyai energi untuk belajar.” (Donna Agnesia, pekerja seni)

 

Sarapan sehat untuk anak menurut Donna Agnesia
Sumber : Instagram @dagnesia

Ternyata pemikiran saya sama dengan Donna, yang sekarang menjadi ibu dari 3 orang anak. Sejak pandemi berperan sebagai full time mommy, Dona menemani anak-anak setiap hari. Belajar jarak jauh, lebih menantang bagi Donna. Mereka membutuhkan konsentrasi lebih besar selama belajar daring, dan untuk itu diperlukan sarapan sehat untuk anak. Selain itu menurut Donna, ada dua kepentingan kenapa sarapan itu wajib, yaitu  sarapan dan zat gizinya. Orang tua tidak menyadarinya bila anak tidak sarapan. Bekerja ekstra untuk memenuhi pembelajaran. Tidak disediakan zat gizi, sehingga anak tidak bisa belajar optimal. Makanya Donna memberikan sarapan sereal gandum yang terbuat dari gandum utuh yang bergizi lengkap.

Manfaat Sarapan Sehat Untuk Anak Dengan Sereal Gandum Utuh

Sayangnya ada sereal gandum yang bukan terbuat dari biji gandum utuh, tapi dari pecahan biji gandum. Sereal gandum ini biasanya dicampur dengan tepung beras atau tepung terigu. Sehingga nilai gizi yang didapat dari sereal ini tidak maksimal.

 

Sarapan sehat untuk anak

 

Lalu apa sih manfaat dari gandum utuh?

Mengandung Lebih Banyak Serat

Serat ini penting untuk anak, karena melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Pasti tidak enak banget walaupun cuma di rumah saja, tapi anak tidak dapat ‘pup’ berhari-hari. Selain itu serat juga berguna untuk menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan usus dan lain-lain.

Mengandung Vitamin B

Vitamin B Complex penting untuk kesehatan tubuh. Dimana vitamin B Complex terdiri dari vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, B12. Dan masing-masing vitamin tersebut mempunyai manafat yang sangat baik bagi tubuh.

Mengandung Karbohidrat

Belajar di rumah, anak-anak tetap membutuhkan energi. Karbohidrat sebagai sumber energi, memberikan kekuatan bagi tubuh untuk beraktivitas. Selain itu karbohidrat juga menjaga fungsi otak manusia. Karena untuk bekerja, otak menggunakan 20 persen dari energi tubuh.

 

sarapan sereal gandum bergizi
sarapan sereal gandum bergizi yang disukai anak

Mengandung Protein

Sebagai anak yang masih dalam masa pertumbuhan, protein sangat diperlukan untuk pembentukan tulang, otot, tulang rawan, kulit dan darah. Selain itu protein juga penting untuk memperbaiki, memperkuat dan mengganti jaringan tubuh.

Mengandung Zat Besi

Si kakak pernah mengalami anemia, kekurangan zat besi. Sehingga memang penting bagi anak untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Agar anak terhindar dari anemia, dan juga kesehatan kulit, rambut, dan kukunya tetap terjaga. Menurut Ahli gizi Dr. Rita Ramayulis DCN, M.Kes Anemia pada anak berdampak pada status gizi, bisa lebih cepat kurus atau lebih cepat gemuk. Dengan tidak sarapan, anak akan mengalami kekurangan gizi secara kompleks. Penting banget makanya menyediakan sarapan sehat untuk anak.

 

Sarapan sehat untuk anak

 

Sereal Gandum Utuh Koko Krunch Nutrismart

“Koko Krunch Nutrismarta mengandung gandum utuh, kombinasi vitamin B1 dan zat besi untuk membantu orang tua dalam menyediakan sarapan yang membantu memenuhi kebutuhan gizi seimbang anak.” (Alaa Shaaban, Businessman Executive Officer Nestle Breakfast)

Pada webinar ‘Selalu Siap Belajar Dari Rumah Bersama Koko Krunch Nutrismarta’ pada hari Rabu, tanggal 19 November 2020. Alaa juga berharap dengan adanya Koko Krunch Nutrismarta, anak-anak dapat sarapan dengan gizi seimbang. Sehingga mereka tetap bersemangat belajar daring di rumah.

 

Sarapan sehat untuk anak dengan Koko Krunch Nutrismarta

 

Dr. Rita menambahkan, nutrisi tepat ada ada Koko Krunch Nutrismarta yang mengandung karbohidrat, vitamin B1 komplek dan asam folat. Dimana asam folat mentransfer ke otak. Ditambah sumber protein lain. Melengkapi kebutuhan makanan sarapan sehat untuk anak. Kandungan Koko Krunch nutrimart. Koko Krunch membantu kebutuhan gizi anak. Dan pastinya saya, Donna dan juga para ibu lainnya dapat memberikan sarapan bergizi dengan mudah setiap pagi.

 

Sarapan-sehat-untuk-anak-dengan-Koko-Krunch-Nutrismarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *