Ovianty

Layanan Drive Thru Tes Swab Covid-19 Yang Aman Dan Nyaman

layanan drive thru swab covid-19

Belakangan ini semenjak kasus Covid-19 meningkat, banyak orang berbondong-bondong ingin melakukan tes, agar ketahuan positif atau negatif.

Siapapun sekarang merasa resah apakah dirinya terkena Covid-19, termasuk saya. Apalagi sejak ada berita tentang penderita yang merupakan orang tanpa gejala (OTG). Dan juga seorang ibu hamil yang terkena penularan walau sudah tiga minggu hanya berada di rumah. Sehingga walaupun tidak baru pulang bepergian dari luar negeri atau bertemu dengan orang asing, seseorang bisa saja positif Covid-19. Duh..

Saya pernah menonton sebuah video dari pria muda, orang Korea Selatan yang memeriksakan dirinya karena baru pulang dari daerah Timur Tengah, memang asyik sih. Karena dari awal, dia dijemput dengan ambulan, lalu turun di deretan tenda di sebuah lapangan. Mengikuti serangkaian pemeriksaan Swab tenggorokan sendirian, tanpa ada pasien lain. Lalu pulang diantar dengan ambulan lagi ke rumah. Setelah itu, dia diminta karantina pribadi selama 14 hari dan dikabarkan hasil tes melalui telepon.

Dua Metode Tes Covid-19

Nah untuk di Indonesia, metode yang digunakan ada dua yaitu rapid test dan swab tenggorokan. Dimana beberapa waktu kemarin sempat ada lembaga-lembaga yang mengadakan rapid test secara massal. Walaupun banyak yang mengikuti tes-nya, tapi kalau saya masih bingung. Lebih valid mana rapid test atau swab tenggorokan.

drive thru swab covid-19

Rapid Test

Bagi yang belum paham dengan rapid tes, sebenarnya rapid tes merupakan skrining untuk mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG. Antibodi ini terbentuk bila tubuh pernah terpapar virus Covid-19.

Cara tesnya dengan mengambil darah pada ujung jari, lalu diteteskan pada alat rapid tes. Bila hasilnya positif atau negatif, belum bisa dipastikan pasien terkena Covid-19 atau tidak. Karena bila hasilnya positif bisa jadi antibodi IgM dan IgG terbentuk karena virus lain, bukan Covid-19. Dan bila hasilnya negatif, bisa jadi tubuh terpapar Covid-19, tapi tubuh tidak membentuk antibodi IgM dan IgG.

Jadi memang rapid test tidak bisa menjamin seseorang terkena Covid-19 atau tidak terkena Covid-19. Karena itu diperlukan swab test untuk memastikannya.

Swab Tenggorokan

Untuk tes swab, yang diambil cairan atau sampel dari bagian belakang hidung dan tenggorokan atau dahak. tes swab ini dianggap lebih akurat, karena virus corona akan menempel di hidung atau tenggorokan bagian dalam saat masuk ke tubuh. Nanti cairan tersebut diperiksa dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR). Hasilnya yang akan membuktikan ada tidaknya Covid-19 pada tubuh pasien.

tes swab covid-19

Layanan Drive Thru Swab Tenggorokan

Sayangnya untuk melakukan tes swab, seseorang harus datang ke rumah sakit. Dan mau tidak mau akan bertemu dengan banyak orang. Walaupun sudah melakukan social distancing, menjaga jarak 1 meter. Serta menggunakan masker dan membawa hand sanitizer. Bagi sebagian orang, terutama lansia sangat rentan untuk diperiksa. Karena tetap ada kemungkinan tertular, bila berada di keramaian.

Apalagi orang kita tidak sepenuhnya mempraktekkan social distancing, kita pakai masker, eh malah ada yang dekat-dekat, trus melepaskan masker. Horor banget.

Lalu bagaimana caranya agar bisa melakukan tes swab dengan aman dan nyaman?

Kabar baiknya Rumah Sakit Premier Jatinegara membuka layanan Drive Thru untuk Swab PCR Covid-19. Inovasi terbaik ini karena memang dari sisi orang yang mau memeriksakan diri, lebih aman.

Caranya mudah, kita datang dengan mobil langsung ke lokasi Drive Thru berada di area parkir baru di samping gedung RS Premier Jatinegara. Kurang lebih sama seperti layanan Drive Thru makanan di restoran fast food, kita tidak harus turun dari mobil. Praktis dan simpel.

layanan drive thru swab covid-19
layanan drive thru swab covid-19 Rumah Sakit Premier Jakarta

Kelebihan Layanan Drive Thru Swab Untuk Covid-19

Memang dibandingkan dengan memeriksakan diri dan masuk ke dalam rumah sakit, biasanya memberikan rasa was-was dan kurang nyaman. Karena itu Layanan Drive Thru ini dibuka Rumah Sakit Premier Jatinegara untuk memberikan rasa aman dan nyaman.

Lalu apa saja sih kelebihannya?

1. Pasien tidak perlu turun dari mobil.

Kita tetap berada di mobil, tanpa harus turun dari mobil. Dengan membuka jendela mobil, petugas akan menghampiri dan melakukan tes Swab. Simpel dan praktis, dan pastinya tidak was-was bertemu dengan pasien lain, yang juga akan melakukan tes Swab.

drive thru swab covid-19

2. Komunikasi pendaftaran dan informasi melalui whats up sehingga semua bisa terdokumentasi

Malasnya kalau ke rumah sakit itu biasanya harus mendaftar dulu lalu antri untuk mendapatkan pemeriksaan. Tapi untuk pendaftaran dan tanya-tanya seputar tes Swab ini juga mudah, tidak harus datang ke Rumah Sakit Premier.

Bisa langsung daftar ke nomor whatsapp 0822 1176 7690. Dengan begitu saat datang tinggal diperiksa oleh petugas yang berpakaian lengkap sesuai standar penanganan Covid-19.

3. Hasil swab PCR Covid-19, akan di email ke alamat email pasien

Setelah tes swab selesai pun, tidak harus menunggu hasil tesnya keluar. Kita bisa langsung pulang, dan nanti hasil tesnya akan dikirimkan melalui email. Pastinya memang lebih nyaman seperti itu, dan tidak gelisah menunggu hasil tes di rumah sakit, karena apapun hasilnya bila dibaca di rumah.

drive thru swab covid-19

4. Bonus free consultation voucher untuk konsultasi gratis ke dokter secara online atau offline

Setelah melakukan Drive Thru tes Swab, kita akan mendapatkan bonus voucher untuk konsultasi kesehatan, bisa seputar Covid-19 atau masalah kesehatan lainnya di luar Covid-19. Enaknya bila merasa was-was datang langsung, konsultasi bisa dilakukan secara online.

Jadi bila kita merasakan salah satu gejala Covid-19, pernah bepergian keluar negeri dalam waktu dekat, berinteraksi dengan orang positif Covid-19, atau merasa was-was walau di rumah tetap takut tertular. Bisa mencoba Layanan Drive Thru tes Swab di Rumah Sakit Premier Jatinegara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *