Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Ovianty

Syukuran 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Amerika

Indonesia-Amerika mempunyai hubungan yang sangat akrab sejak zaman dulu. Berbagai hal tentang Amerika sudah akrab di Indonesia. Terutama dalam makanan favorit Amerika yang sudah diminati masyarakat Indonesia seperti ayam goreng, pizza dan kentang goreng.

Tapi pernah kebayang nggak orang Amerika makan nasi tumpeng khas Indonesia? Dengan berbagai macam lauk pauk khas Indonesia seperti rujak serut, perkedel, ayam goreng, udang tepung, sambal goreng ati dan sebagainya. Bagus juga ya, untuk pertukaran kebudayaan.  Apalagi masakan Indonesia mulai diminati dunia internasional karena rasa masakannya yang khas dan kaya bumbu.

Syukuran 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Amerika

Pada hari tanggal  di Kem Chicks Kemang, Jakarta, diadakan perayaan Syukuran 70 tahun Hubungan Indonesia – Amerika. Syukuran ini dihadiri oleh perwakilan kedubes Amerika, Bapak Chris Ritggers, Konsuler Pertanian & Perdagangan Kedutaan Amerika Serikat, Ibu Nurwati Brotoleksono, Director Kemchicks Kemang dan juga Bapak Leonard Tjahjadi jabatannya Vice President Peka Consult, Inc.

Syukuran Hubungan Diplomatik Indonesia-Amerika
Ibu Nurwati Brotoleksono menyerahkan tumpeng ke Bapak Chris Ritggers

Dengan menyajikan nasi tumpeng khas Indonesia, yang dibuat dari nasi campuran kismis, lalu perkedel campuran kentang dan kurma, serta olahan daging khas Amerika. Nasi tumpeng yang dikombinasikan dengan bahan-bahan masakan Amerika, disajikan beserta beberapa favorit masakan Amerika seperti burger, kentang goreng, pizza dan lain-lain. Hal ini  merupakan simbol dari perwujudan Hubungan Indonesia-Amerika yang harmonis.

Nasi tumpeng dengan aroma kismis yang menyegarkan bercampur dengan bumbu nasi kuning khas Indonesia. Dan perkedel dengan manis kentang bercampur manisnya kurma. Membuat rasa kentang mempunyai manis yang khas. Ditambah daging Amerika memang terasa juicy dan segar. Rasanya enak banget.

Belum lagi masakan Amerika lainnya terutama steak-nya yang menggunakan daging Amerika. Rasanya memang enak banget, walau masakannya Medium. Untuk burgernya saya juga suka sama dagingnya yang memang lebih padat dan segar. Kejunya juga terasa lebih pekat, dibandingkan keju Indonesia yang lebih ringan rasanya.

Memang 70 tahun Indonesia-Amerika terbukti dengan semakin familiarnya lidah masyarakat Indonesia dengan masakan Amerika dan juga bahan-bahan makanan Amerika. Di Kem Chicks sendiri, menjual daging Amerika yang tingkatanya premium, dibandingkan daging impor dari negara lain. Bedanya daging Amerika dengan daging impor lain, itu premium keseluruhan daging, bukan per cutting. Dari segi harga juga memang relatif lebih mahal, tapi kualitasnya lebih enak dan segar.

Mengenal Lebih Jauh Nasi Tumpeng

Nasi Tumpeng memang khas Indonesia banget untuk sebuah perayaan, terutama masyarakat di pulau Jawa dan Bali. Tumpeng merupakan bagian penting dalam perayaan kenduri tradisional. Sebagai wujud rasa syukur dan terima kasih kepada Yang Maha Kuasa atas melimpahnya hasil panen dan berkah lainnya.

Saat ini tumpeng sudah menjadi masakan nasional, yang diminati oleh hampir seluruh rakyat Indonesia. Nasi tumpeng pun sering disajikan pada acara-acara kebangsaan seperti HUT Kemerdekaan, acara peresmian bahkan acara ulang tahun. Bahkan lomba membuat nasi tumpeng kerap diadakan pada saat menyambut HUT Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus.

Syukuran Hubungan Indonesia-Amerika
Ibu Nurwati Brotoleksono memotong nasi tumpeng

Dengan cara penyajian berbentuk kerucut dan ditata bersama lauk pauknya. Nasi tumpeng memang biasanya dibuat dari nasi kuning. Dan disajikan di atas tampah yang dialasi daun pisang. Lalu beraneka lauk pauk disusun di bawahnya. Biasanya sebelum pemotongan tumpeng, diadakan doa bersama, lalu memotong bagian paling atas tumpeng untuk diserahkan kepada orang yang paling penting atau terhormat.

Enaknya lauk pauknya beragam. Sehingga setiap orang bisa memilih sesuai dengan kesukaannya. Apalagi lauk-pauk yang disajikan juga dianjurkan terdiri dari hewan laut(ikan dan udang), hewan darat(daging sapi dan ayam), dan juga sayur-sayuran.

Bahan Masakan dan Daging Amerika Yang Dijual Di Kem Chicks

Dalam rangka syukuran Hubungan Diplomatik ini, Kem Chicks memberikan diskon 20 persen untuk pembelian daging Amerika dari tanggal 1-21 Juli 2019. Selain itu juga ada bahan-bahan masakan Amerika yang bisa dibeli di Kem Chicks. Jadi kalau mau membuat masakan Amerika, bisa langsung membeli bahannya di Kem Chicks, agar rasanya mendekati rasa asli di negaranya.

70 Tahun Hubungan Indonesia-Amerika
Pizza Amerika lebih lebih enak dengan keju asli Amerika

Saya tertarik sebenarnya sama keju Amerika, rasanya lebih pekat dan lebih terasa di lidah. Dan sepertinya enak untuk dibuat masakan yang berbahan keju. Ditambah lagi kalau lagi pengen steak, dibandingkan membeli di restoran dengan harga mahal. Sepertinya masak sendiri juga bisa, karena menurut Chef-nya daging Amerika yang premium, tinggal ditambah lada dan garam rasanya sudah enak.

Tapi untuk masak sendiri, pastinya saya memasak dengan tingkat kematangan well done, alias matang. Karena memang lidah tidak terbiasa untuk masakan steak yang setengah mentah. Dagingnya juga juicy dan enak digigit, alias tidak lembut dan tidak keras. Pantes ya pada menyukai daging Amerika, walau harga lebih mahal sedikit tapi nggak kecewa dengan rasanya.

Mengenal Kem Chicks

Kem Chicks di Kemang memang terkenal di Jakarta. Di Kemang-lah tempat Bob Sadino memutuskan tinggal kembali di tanah air. Setelah 9 tahun bekerja di Amsterdam, Belanda. Setelah lelah menjadi karyawan, Bob Sadino memutuskan untuk menjadi pengusaha. Tapi sayang usaha penyewaan mobilnya gagal, dan membuat Bob depresi.

Sehingga temannya, Sri Mulyono menyarankan Bob Sadino beternak ayam, yang kemudian membuka peluang usaha baru berjualan telur ayam negeri. Usaha berkembang menjual daging ayam potong, sampai akhirnya Bob mendirikan supermarket Kem Chicks pada tahun 1970.

Salah satu makanan khas Amerika yang disajikan

Yang lalu usahanya berkembang menjadi Kemfood, yang menjual sosis, burger, bakso dan nugget. Setelah itu Bob mendirikan lagi Kem Fams, yaitu perladangan sayuran dengan sistem hidroponik.

Bob Sadino terkenal sebagai pengusaha dan motivator bisnis. Dengan gaya santainya yang kerap memakai celana pendek, Bob Sadino menjadi inspirasi nasional bagi para pengusaha muda, dalam menjalankan bisnisnya.

 

429 views

9 thoughts on “Syukuran 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Amerika

  1. Pas buka lihat Pizzanya langsung ngiler hehehe diomelin ngiler di lapak orang. Saya juga kalau makan daging harus yang matang mba, Indonesia banget lidahnya. Tapi suka juga lihat makanan orang luar berbahan daging. Bob Sadino nih salah satu idola aku

  2. Waw nasi tumpeng khas Indonesia-Amerika ya mba, hehe. Btw Aku baru tau NIH soal KemChicks padahal deket banget dari rumah. Solusi belanja bahan mentah dan makanan siap saji nih

  3. Tumpeng budaya indonesia penuh dengan lauk dan hiasan yang sangat cantik.

    Seperti tumpeng yang Lebih indah adanya persahabatan dua negara walaupun banyak perbedaan budaya antara indonesia dan amerika

  4. Omg. Ngiler banget ngeliat pizza nya.
    Ternyata udah lumayan lama juga hubungan diplomatik indonesia dengan amerika ini. Semoga tetap terjaga, aman damai sentosa deh kitanya.

  5. Hubungan AS -Indonesia lama juga, ya sudah 70 tahun. Nggak beda sapai 10 tahun sama umur negara Indonesia. Syukurannya ditandai dengan tumpeng lagi. Nasi tumpeng memang khas banget buat orang Indonesia, sebagai tanda ucapan syukur dan terima kasih atas capaian yang telah diperoleh.

  6. Pengusaha favorit aq yang selalu semangat mengejar impian dan aq mengikuti perjalanannya. Makanya aq selalu menginspirasi dia jangan pernah takut bermimpi terus lah bermimpi diiringi kerja keras suatu saat keinginan kamu tercapai, tulisan ini pernah bob Sadino tulis .
    Makanya aq gila ngayal gara2 sering baca pepatah dia wkwkkw

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *