Cerita Ovy

Latihan Mengarang ACHI TM, Di Erlangga Art Awards 2023

Pelatihan Mengarang Achi TM

“Bosan, pengen jalan-jalan, pengen healing, pengen punya buku sendiri. Jalan-jalan ke tempat yang jauh dari kota. Menikmati keindahan alam, ngopi di pinggir sawah sambil makan gorengan. Teriak-teriakan hehe..”

Ngapain sih saya menulis seperti itu?

Ya, itu salah satu tulisan pendek yang saya buat saat mengikuti workshop “Latihan Mengarang” Achi TM, pada acara Erlangga Art Awards 2023 hadir kembali di Museum Nasional Indonesia.

Latihan Mengarang Achi TM, Di Erlangga Art Awards 2023

Siapa yang kemarin datang ke Erlangga Art Awards?

Saya datang pas Writing CLinic alias pelatihan Mengarang Achi TM, pada hari Sabtu, 5 Agustus 2023. Janjian sama teman-teman dari FLP Jakarta, yaitu Dina dan si kembar nama duo Widya, hehe… Memang niat mau belajar mengarang novel lagi. Setelah sekian lama bergelut di tulisan non fiksi seperti blog. Jadi kangen menulis fiksi seperti novel.

Senang banget bisa ketemu Achi yang sudah banyak berkarya dalam tulisan fiksi. Dari novel, skenario sinetron sampai ftv. Nggak tanggung-tanggung sih karya Achi mencapai penulis 44 buku, dan lebih dari 200 naskah skenario TV dan 3 layar lebar.

Asyiknya lagi, pelatihan ini berdasarkan buku Latihan Mengarang Erlangga tulisan Achi TM. Jadi bagi yang tidak bisa datang, bisa banget beli bukunya. Bisa di toko buku terdekat atau pesan lewat ig @achi_tm.

Erlangga Art Awards 2023
Erlangga Art Awards 2023

Latihan Mengarang Achi TM Alias Writing Clinic

Achi meminta seluruh peserta untuk menuliskan genre, tema dan tokoh. Saya memilih genre romantis dengan tema percintaan. Uniknya dalam membuat tokoh, Achi menyarankan hal yang paling gampang menjadikan teman di sebelah kiri, menjadi tokoh cerita.

Saya menjadikan Dina, salah satu teman FLP Jakarta. Menurut saya Dina menarik sih untuk dijadikan tokoh, karena profesinya seorang dosen Manajemen dan Bahasa Indonesia.

Nanti tinggal ditambahkan karakter uniknya, misalnya Dina ternyata punya kebiasaan suka bersin kalau dekat cowok ganteng, hehe.. Pernah dia dekat cowok ganteng tapi nggak bersin, pas ditelusuri ternyata cowok itu aslinya jelek, jadi ganteng karena operasi plastik wkwkwkw…

Oya, tema saya percintaan, dengan tokoh Dina ini belum menikah. Akhirnya karena terdesak menikah, mau menikah dengan mahasiswa-nya yang culun dan terjebak LGBT.

Selain itu Achi juga menyuruh menuliskan setting, dan saya menuliskan setting kampus tempat Dina mengajar, club LGBT, Salon, Toko Baju, dan rumah Dina. Sepertinya setting akan bertambah dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Di sini para peserta yang kebanyakan dari SD dan SMP Raudhatul Jannah Cikarang Banten, senang sekali mengikuti pelatihan ini. Mereka juga mendapatkan apresiasi dari Achi TM dan Erlangga, bila berani menampilkan tulisan di panggung. Berupa buku Latihan Mengarang, Topi dan juga Jilbab.

Alhamdulillah banyak peserta yang kebagian hadiah, termasuk salah satu guru olahraga laki-laki. Semoga sukses mengarangnya ya pak!

Achi TM & Erlangga

Erlangga Art Awards 2023 Di Musium Nasional Erlangga

Oiya, bagi yang bingung apa sih Erlangga Art?

Nah, Erlangga Art Awards 2023 merupakan bagian dari rangkaian hari jadi Penerbit Erlangga ke-71, dan berisikan berbagai macam pameran seni yang bertujuan untuk mengasah talenta sebagai wadah pelajar, mahasiswa serta masyarakat umum yang ingin menunjukkan bakat dalam bidang seni.

Acara ini diadakan dari tanggal 1 – 13 Agustus 2023, di Musium Nasional Jakarta. Banyak yang menyebutnya Musium Gajah. Alhamdulillah antusiasme peserta sangat bagus, terutama dari lingkungan sekolah SD, SMP dan SMA di Jakarta dan Luar Jakarta.

Ternyata usia Erlangga sudah 71 tahun. Tidak terasa banget. Dulu ibu saya yang guru agama SMA, selalu membeli buku Erlangga sebagai panduan mengajar di SMA. Keren Erlangga masih bisa bertahan, di tengah carut marut industri perbukuan.

Sukses terus Achi TM dan Erlangga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *