Cerita Ovy

Asyiknya Virtual Sport Run & Ride Selama Pandemi

Virtual run and ride

Kebanyakan rebahan di rumah karena work of home memang tidak bagus. Coba cek berat badan di timbangan, jarumnya ke kanan atau ke kiri? Hihi..

Saya merasakan akhir-akhir ini berat badan menambah dan agak susah membawa badan. Belum lagi badan terasa nyeri lagi dan kurang fit, karena kurang mendapatkan sinar matahari. Walau mulai memperhatikan asupan makanan agar lebih sehat. Lebih banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan serta mengurangi asupan kalori. Namun kalau tidak olahraga tetap saja badan kurang fit.

Memang sih, di rumah bawaannya mager. Paling kalau olahraga hanya naik sepeda statis di ruang tamu. Lalu saya mencoba olahraga senam dengan menggunakan aplikasi di handphone di rumah, tapi agak malas sehingga hasilnya tidak optimal.

Virtual Sport Run & Ride

Rutin berolahraga merupakan salah satu kunci untuk menjaga kesehatan termasuk daya tahan tubuh atau imunitas yang sangat penting untuk diperhatikan terutama dalam masa pandemi seperti sekarang ini.

Bila tidak rajin olahraga indoor bisa dicoba olahraga outdoor, misalnya berlari dan bersepeda. Saya setelah mencoba jalan dan lari kecil pagi hari di sekitar rumah malah mengasyikkan. Akhirnya saya memilih untuk lari kecil dan jalan pagi hari, kerasa kena sinar matahari dan segar.

Bagi yang menyukai event lari dan sepeda bersama-sama, pasti sedih ditiadakan karena pandemi. Tapi kabar baiknya saat ini event lari dan sepeda bisa dilakukan secara virtual, sehingga tidak harus tercipta keramaian. Dengan mengikuti virtual sport run & ride peserta melakukan lari dan sepeda sendirian, tanpa bergerombol. Dimana setiap peserta secara individu mencatat dan melaporkan hasilnya secara virtual dengan menggunakan aplikasi pencatatan untuk mendukung ketepatan jarak dan waktu berlari atau bersepeda. Sehingga prokes tetap berjalan dan aman selama pandemi.

virutal

Manfaat Run & Ride

Menurut Jauhari Johan (Peraih Medali Emas SEA Games 2019 Cabang Olahraga Duathlon), atau yang lebih dikenal dengan bang JJolahraga lari dan sepeda itu sangat bagus untuk kita selama pandemi. Karena tidak hanya untuk kesehatan fisik, tapi juga menyehatkan tubuh dan jiwa. JJ menambahkan, kita perlu menjaga keseimbangan ketiganya untuk mendapatkan kesehatan yang menyeluruh.

Jadi olahraga outdoor memang penting untuk mendapatkan sinar matahari, udara segar, melihat pemandangan, dan tidak ketinggalan pohon-pohon hijau yang mengeluarkan O2. Pantesan saya olahraga indoor di rumah agak malas, karena memang disarankan olahraga outdoor. 

Tips Mengikuti Virtual Sport Run & Ride 

Berikut tips dari bang JJ agar dapat mengikuti virtual sport run & ride secara maksimal, antara lain :

  1. Berolahraga secara teratur. Ini penting, jangan langsung ikut lomba bila jarang berolahraga berlari dan bersepeda sebelumnya. Harus dilakukan secara teratur dulu berlari atau bersepeda setiap hari atau beberapa kali dalam seminggu. Bila tidak dapat dilakukan pada pagi hari karena sibuk, dapat dilakukan pada sore hari atau malam hari. 
  2. Jangan lupa lakukan pemanasan sebelum berolahraga. Otot pasti akan kaget bila tiba-tiba langsung dipaksa berolahraga. Pemanasan itu penting supaya tubuh tidak cidera, dimana otot, detak jantung, dan aliran darah naik perlahan, sehingga tubuh tidak mengalami syok. 
  3. Pastikan tubuh terhidrasi dengan minum. Jangan sampai kurang minum selama berolahraga, karena olahraga akan mengeluarkan banyak keringat, sehingga tubuh bisa dehidrasi bila kurang cairan. Agar tubuh terhidrasi dengan baik, meminum VIT 8+ dianjurkan saat sejak bangun tidur sampai sebelum tidur. 

    “Kami ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk mengimbangi hari aktif dengan dua langkah mudah yaitu: 1. Hydrate to Kick-Start Fresh Morning: memulai hari dan menyegarkan kembali tubuh dengan minum VIT 8+, sehingga lebih siap menjalani aktivitas termasuk olahraga; 2. Re-hydrate to Reset & Balance: menutup hari dengan VIT 8+ lagi untuk re-hidrasi dan reset fungsi tubuh, dan mengisi kembali hidrasi yang hilang sepanjang hari.” (Duhita Anggraeni, Marketing Manager VIT)

  4. Gunakan sunscreen. Terkena sinar UV bisa menyebabkan kulit belang, terbakar, memerah dan iritasi. Dengan menggunakan sunscreen melindungi kulit dari bahaya sinar UV selama berolahraga. Bisa menggunakan sunscreen Nivea Sun, agar kesehatan kulit terjaga saat berolahraga.

    “NIVEA mengerti salah satu alasan kenapa konsumen enggan menggunakan produk sunscreen, karena bisa terasa tidak nyaman ketika berkeringat dan terpapar sinar matahari yang terik. Karena itu, NIVEA memiliki beragam pilihan produk sunscreen yang nyaman, tidak lengket, untuk berbagai jenis olahraga outdoor sesuai kebutuhan pegiat olahraga, maupun sunscreen untuk perawatan kulit sehari-hari.” (Dian Nuzulia, Senior Brand Manager NIVEA Sun)

Virtual Run And Ride Nivea Sun & VIT 8+

Saat ini dibuka pendaftaran Virtual Run & Ride persembahan dari NIVEA SUN & VIT 8+ yang akan berlangsung mulai dari tanggal 1-17 Oktober 2021. Ini merupakan kompetisi bersepeda 100 KM dan berlari 50 KM yang dapat dilaksanakan dalam sekali atau beberapa kali aktivitas selama periode acara, dengan menggunakan pelacak aktivitas ‘Strava’ dan ‘Garvin’ yang harus dihubungkan dengan platform Jawara VR

NIVEA SUN sebagai sun care product No. 1 di dunia berkolaborasi dengan VIT 8+ yang merupakan produk inovasi terbaru dari VIT. Untuk mengajak masyarakat Indonesia menjaga keseimbangan mind, body & spirit dengan menikmati sinar matahari, sambil menaklukkan tantangan berlari dan bersepeda melalui kegiatan Virtual Run & Ride. Dirancang guna memfasilitasi minat masyarakat untuk berolahraga bersama sambil tetap menerapkan protokol kesehatan terkait physical dan social distancing.

 

Cara Mendaftar Sebagai Peserta

Dapat dilakukan melalui website www.jawaravr.id. Early Bird : Rp. 150.000,- (28 Juni-8 Agustus 2021). Normal Period : Rp. 200.000,- (9 Agustus-30 September 2021)

Ketentuan Peserta 

  • Minimal berumur 17 tahun di tahun 2021.
  • Memiliki identitas lengkap.
  • Merupakan Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing .
  • Aktivitas bersepeda dapat dilakukan dengan sepeda jenis apapun.
  • Menyatakan setuju dan tunduk pada peraturan dan ketentuan event Imbangi Hari Cerahmu Bersama VIT 8+ NIVEA SUN Virtual Run & Ride.
  • Mempunyai tracker (Strava atau Garmin) yang dihubungkan dengan platform JawaraVR.
  • Menyatakan setuju dan tunduk pada keputusan yang diambil oleh panitia Imbangi Hari Cerahmu Bersama VIT 8+ NIVEA SUN Virtual Run & Ride.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Setuju untuk menyelesaikan jarak selama periode acara, tanpa adanya batasan pada jumlah aktivitas yang harus dikumpulkan oleh tiap peserta

15 thoughts on “Asyiknya Virtual Sport Run & Ride Selama Pandemi

  1. Harus rajin olahraga ya biar badan sehat dan bugar selalu. Tak lupa minum Vit +8 bia ga dehidrasi, dan pakai sun screen Nivea biar kulit aman dari sinar UV. Saya run nya pas weekend, kalau hari biasa pagi-pagi sibuk di dapur bikin sarapan buat anak-anak sekolah dan kuliah, juga nyiapin suami berangkat kerja. Pas malamnya tepar ga sempat olahraga lagi haha

  2. Senangnya NIVEA dan VIT 8+ menghelat event virtual Run & Ride ini. Apalagi kini virtual sport makin digemari , karena meski pandemi olahraga tetap harus dilakukan demi menjaga keseimbangan jiwa raga. Dan dengan tak meninggalkan pemakaian sunscreen pastinya untuk menjaga kesehatan kulit, juga minum cukup agar terhindar dari dehidrasi

  3. Kalau gak lagi pandemi bakalan seru nih, ada balapan lari, juga sepeda. Olahraga lari maupun sepeda memang sangat penting bagi kesehatan karena kita langsung terkena sinar matahari.

    Oh ya, tak boleh lupa kalau olahraga outdoor memang harus pakai sunscreen, biar badan gak gosong.

  4. Olahraga ini memang harus menjadi kebiasaan agar mendapatkan manfaatnya dalam jangka panjang. Dan bener juga nih, kita seringnya kalau olahraga lari atau jalan langsung tancap gas aja tanpa pemanasan. Akibatnya otot kaku semua, kaki jadi sakit dan pegal-pegal. Sesimpel apapun jenis olahraganya, pemanasan penting untuk mempersiapkan otot.

  5. Wah menarik ya mbak virtual sport ini. bisa dilakukan di rumah. meski demikian sepakat banget, kudu pemanasan dulu ya. jangan kayak saya, udah lama ga olahraga eh sekalinya olahraga langsung tepat, kejang otot hiihhi

  6. Kegiatan seperti ini memang lebih menantang ya, karena meskipun virtual serasa punya banyak teman. Jadi makin bersemangat…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *