Ovianty

Berbagai Kreasi Makanan Dan Minuman Berbahan Susu Segar

Kreasi makanan minuman berbahan susu segar

Dulu saat saya kecil, ada peternakan sapi di dekat rumah. Mama kadang beli, dan inget banget pas minum ada gumpalan lemaknya. Sekarang sudah susah mencari susu segar alami. Apalagi minum langsung di peternakan, pasti beda rasanya.

Memang tinggal di kota besar seperti Jakarta, sepertinya tidak ada peternakan sapi lagi. Lapangan rumput juga udah hampir nggak ada. Bila ada pun peternakan sapi mungkin di pinggiran Jakarta.

Kebiasaan Meminum Susu Di Indonesia

Mama bilang semua anaknya rutin minum susu sampai umur 2 tahun. Setelah itu susu hanya selingan hampir tidak meminum susu. Dampaknya memang saya juga kurang menyukai susu. Saat hamil pun, saya malas meminum susu. Akhirnya gigi copot satu setelah melahirkan. Sedih sih mengingatnya, sekarang jadinya minum susu, supaya tidak kekurangan kalsium lagi.

Memang dari dulu susu merupakan salah kebutuhan yang tergolong cukup mahal. Dan pastinya susu kurang dianggap sebagai sumber gizi, walaupun sudah dikampanyekan oleh pemerintah sejak dulu. Karena kebiasaan minum susu, kurang ditanamkan dari kecil.

Sedangkan di Barat, susu memegang peranan penting dalam kebutuhan gizi sehari-hari. Susu selalu tersedia untuk dikonsumsi oleh anggota keluarga. Sehingga ini tidak heran, rata-rata mereka tinggi dan terhindar dari stunting. Baru generasi millennial sekarang yang mengonsumsi susu teratur yang mengakibatkan berkurangnya persentase stunting.

Nah, untuk orang yang kurang suka susu seperti saya, sebenarnya susu segar dapat dijadikan bahan dalam membuat makanan dan minuman. Seperti saat ini saya sangat menyukai kopi susu. Minuman kopi yang saya sukai dicampur dengan susu segar, sehingga saya bisa meminum susu dengan lezat setiap hari.

Susu Segar Dalam Kreasi Minuman

 

Kopi Susu Kekinian

Kopi kekinian sekarang sedang happening, banyak bermunculan kedai kopi. Salah satu menu yang digandrungi kopi susu gula aren. Dengan meracik kopi, gula aren, susu segar dan es batu. Jadilah kopi susu kekinian yang menyegarkan. Selain kopi kualitas terbaik, susu yang dipakai pun harus murni dan segar. Sehingga menghasilkan kopi susu yang segar dan lezat.

Milk Tea

Biasanya minum teh hanya diracik dengan tambahan gula. Dan diminum hangat-hangat, terutama pas pagi dan sore hari. Ternyata teh bisa juga dicampur dengan susu segar. Minuman ini biasanya disebut milk tea atau teh tarik. Di Singapura dan Malaysia biasanya minuman ini dijual, dan menjadi minuman nasional.

Cappucino

Menyeruput cappucino panas dengan foam creamer di atasnya benar-benar mantap. Ini minuman kopi yang memang hits sepanjang masa. Saat ingin fokus pada pagi hari, cappucino menjadi salah satu pilihan minuman kopi terbaik. Cara pembuatan foam creamer dengan susu yang dihangatkan lalu dikocok dengan milk frother creamer, sehingga dibentuk saat dituang di kopi hitam, karena kepadatan busa susu.

Milk Shake

Milk shake atau susu kocok, yang bisa dibuat dengan di-blend atau dikocok dengan gelas pengocok. Milk shake ini biasanya dibuat dengan sirup, susu segar dan es batu. Susu segar menjadi kunci kenikmatan milk shake.

Milk Fruit

Milk fruit dibuat dari susu segar, potongan buah, gula, air matang dan topping berupa coklat bubuk, mesis atau chocochips. Milk fruit ini sangat lezat dan bergizi. Bisa disajikan dengan diblend, atau hanya susu dengan potongan buah.

Susu Segar Dalam Kreasi Makanan

 

Mie Kuah Susu

Mie kuah susu mulai digemari sebagai makanan rumahan yang lezat. Cara gampang menyajikannya dengan menggunakan mie instan, setelah matang, air rebusan mie diganti dengan susu segar dan disajikan dalam keadaan hangat.

Soto Kuah Susu

Biasanya soto disajikan dengan kuah bening atau santan kental. Soto sebagai salah satu makanan khas indonesia dan mempunyai banyak citarasa, dari soto mie, soto daging, soto ayam, soto campur, dan lain-lain. Sekarang soto pun bisa disajikan dengan kuah susu segar. Rasanya pun tetap enak, dan disukai banyak orang.

Sereal Susu

Biasanya di perkotaan, anak-anak sekarang sarapan dengan sereal. Sebagai ibu kadang saya juga menyediakan sereal. Selain rasanya yang enak dengan pilihan rasa vanila, jagung dan coklat. Sereal juga mudah dibeli. Selain itu penyajiannya juga cukup sehat, sereal disiram dengan susu segar. Benar-benar bergizi.

Macaroni Schotel

Selama WFH dan belajar daring, pasti butuh camilan yang sehat. Macaroni schotel menjadi pilihan camilan sehat, karena salah satu bahan dasarnya susu segar. Selain itu macaroni schotel juga ditambahkan keju, daging dan juga rempah lada.

Hometown Dairy Fresh Milk

Banyak memang susu sapi UHT yang beredar di pasar. Tapi bila ingin meminum susu segar seperti minum langsung di peternakan. Hometown Dairy bisa menjadi pilihan susu segar murni. Minum susu segar memang menyehatkan. Tidak heran produk susu kemasan saat ini digemari oleh orang perkotaan.

Dengan slogan ‘AS FRESH AS IT CAN BE FROM OUR FARM TO YOUR HOME’ Hometown Dairy menjamin kesegaran susu tidak berubah. Sama persis seperti saat baru diperah dari sapi. 

 

Susu Segar Hometown Dairy

Apa Sih Susu Segar Itu ?

Susu segar adalah susu murni yang diambil dari ambing susu sapi yang sehat dan bersih, diperoleh dengan cara yang benar, kandungan alaminya tidak ditambah atau dikurangi apapun, serta belum mendapat perlakuan apapun kecuali proses pendinginan tanpa mempengaruhi kemurniannya. (Badan Standar Nasional)

Hometown Dairy dibuat melalui proses perah yang terintegrasi. Maksudnya semua terjadi dalam satu lokasi. Dimana susu langsung masuk ke dalam botol kemasan Hometown Dairy.  Bukan susu dibawa dalam perjalanan jauh, baru dikemas. Bila ini dilakukan maka dapat merusak kandungan susu.

Rasa Hometown Dairy Sangat Enak

‘Apa yang kita makan itu yang dihasilkan’ slogan ini juga berlaku pada sapi. Dan saya juga baru tahu. Ternyata sapi yang bahagia dan sehat, akan menghasilkan susu yang enak dan lezat. Hometown Dairy, dengan peternakan sapi sendiri di Terbanggi Besar Lampung Tengah, Indonesia. Peternakan ini dirawat oleh tim yang selalu memperhatikan sapi dengan penuh kasih sayang, sehingga sapi tetap sehat dan tidak mudah stress.

Komposisi Susu Segar Hometown Dairy

Pasti ada yang bingung saat melihat Hometown Dairy seperti saya. Kenapa tidak ada rasa vanila, coklat, blueberry, strawberry dan semacamnya? Yups, karena Hometown Dairy 100 persen susu segar asli. Tanpa tambahan gula, tambahan air, tanpa pengawet dan tanpa adiktif. Kesegaran alami susu benar-benar terjamin. Hometown hanya tahan sebentar, karena susu segar. Rasanya segar dan enaknya, very creamy . TASTE REALLY GOOD AND FRESH!

Saran penyimpanan

Hometown Dairy harus selalu dalam keadaan dingin, dengan suhu 0-4 derajat celsius. Bila kemasan sudah dibuka, maka tanggal expired date tidak berlaku. Jika kemasan masih sealed, Hometown Dairy bisa tahan sekitar 7 hari di kulkas. Bila kemasan dibuka hanya tahan maks 3 hari. Bisa kurang, bisa lebih lama tergantung penyimpanan kita.

Cara Mendapatkan Hometown Dairy

Untuk pembeli secara offline, susu hometown tersedia di :

  • Lulu hypemart
  • Aeon
  • Ranch market
  • Farmers market
  • Lotte mart
  • Kemchicks
  • Foodhall
  • Superindo
  • Jakarta fruit market
  • Duta buah
  • Hero
  • Hypermart
  • Rumah buah

Untuk pembelian secara online, susu hometown tersedia di :

Resep HomeTown Dairy Fried Chicken

Kedua anak saya terutama si kecil sangat suka fried chicken. Tapi kalau memasak fried chicken sendiri, kadang dagingnya terasa keras. Makanya saya googling mencari resep fried chicken yang enak. Ternyata menambahkan komponen susu segar dalam memasaknya. Kebetulan di rumah ada Hometown Dairy, dan saya mencoba memasak fried chicken dengan Hometown Dairy.

Alhamdulillah rasa ayamnya enak dan lembut. Cara memasaknya juga lumayan gampang. Bisa distok juga di kulkas setelah ayam diungkep, nanti tinggal dicampur telur dan tepung kalau mau digoreng. Berikut di bawah ini saya cantumkan resep memasak Hometown Dairy fried chicken.

 

 

RESEP HOMETOWN DAIRY FRIED CHICKEN

Bahan :

  • Ayam potong 1 kg
  • Susu segar Hometown Dairy 50 ml
  • Telur 2 buah
  • Tepung bumbu 250 gr
  • Tepung terigu 2 sdm

Bumbu halus :

  • Jahe 2 ruas
  • Kunyit 1 ruas
  • Bawang putih 6-7 siung
  • Garam secukupnya
  • Kaldu jamur secukupnya

Cara membuat :

  • Ayam potong diungkep dengan susu dan bumbu halus, sampai air menyusut.
  • Setelah itu telur dikocok, dan dicelupkan potongan ayam.
  • Ayam berbalur telur dibalurkan ke adukan tepung bumbu dan tepung terigu.
  • Goreng dalam minyak panas sedang sehingga kecoklatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *