Ovianty

Memilih Rumah Sakit Berkualitas Untuk Pengobatan Anak

rumah sakit untuk pengobatan anak

Bagi orang tua penting sekali mengetahui rumah sakit yang mempunyai poliklinik anak yang bagus. Karena kita tidak pernah tahu, kapan membutuhkan rumah sakit untuk mengobati anak.

Pernah dulu si kakak sakit setelah main ke rumah tantenya. Tidak disangka hujan turun deras, dan kami terjebak banjir. Akhirnya besoknya dia panas tinggi, dan diare. Sampai hari kelima belum ada perubahan, walaupun sudah berobat.

Setelah berobat kedua kalinya, si kakak disarankan untuk dirawat di rumah sakit, karena mengalami gejala dehidrasi ringan. Sebagai seorang ibu, saya cukup shock. Dan akhirnya membawa si kakak ke IGD Rumah Sakit dan meminta rawat inap.

Sedangkan si adik, memang belum pernah rawat inap. Tapi pernah rawat intens untuk tumbuh kembangnya di rumah sakit. Karena si adik tidak naik berat badannya, dan berada di garis merah dari pertumbuhan normal. Jujur saya sedih. Ternyata adik bermasalah di ususnya, yang tidak mampu menyerap banyak makanan. Sehingga cenderung lebih sering pup, dalam sehari rata-rata 3 kali pup.

Karena itu penting sekali buat saya mengetahui rumah sakit yang mempunyai poliklinik anak yang bagus. Sehingga bisa langsung memberikan pengobatan yang tepat.

Cara Mengetahui Rumah Sakit Untuk Anak Yang Berkualitas

  1. Teman, kenalan atau keluarga.  Biasanya saya bertanya pada teman, kenalan atau keluarga yang anaknya pernah mempunyai riwayat sakit yang sama dengan anak saya. Seperti saat si adik rawat jalan untuk tumbuh kembang. Alhamdulillah, saya bisa bertanya sama teman lewat japrian whatsapp, dimana rumah sakit yang poliklinik anaknya bisa sekalian konsul tumbuh kembang.
  2. Brosur rumah sakit. Tidak dipungkiri sih, kalau ke rumah sakit, saya biasa mengambil brosur-brosurnya. Untuk membaca fasilitas dan pelayanan yang diberikan. Siapa tahu suatu hari nanti membutuhkan informasi untuk pengobatan.
  3. Googling di internet. Nah biasanya saya juga mencari artikel yang berkaitan dengan sakit anak, sekalian rekomendasi dari para netizen untuk mendapatkan rumah sakit yang tepat. Kadang ada rumah sakit yang fasilitasnya kurang lengkap. Kan sayang sudah datang, ternyata kecewa.

Kriteria Rumah Sakit Untuk Anak Yang Berkualitas

  1. Dokter anak yang kompeten. Dalam memilih dokter anak, biasanya saya melihat jam terbangnya, lalu keramahan dokter pada anak dan orang tua. Supaya anak nyaman dalam berobat, dan juga obat yang diberikan paten.
  2. Mempunyai Poliklinik anak. Karena tidak semua poliklinik anak itu lengkap lho. Ada juga poliklinik yang tidak ada tumbuh kembangnya. Hanya mengobati anak sakit. Padahal saat ini, tumbuh kembang anak itu penting, agar anak tidak stunting.
  3. Fasilitas lengkap dan modern. Ini penting banget, seperti adanya Farmasi alias apotek di dalam rumah sakit. Sehingga saat anak saya berobat, bisa langsung menebus obat di apotek rumah sakit. Dan tidak harus mencari di apotek lain yang menghabiskan waktu. Biasanya dokter juga memberikan resep sesuai dengan ketersediaan obat di apotek rumah sakit.
  4. Lokasi strategis. Jangan sampai saat urgent mau berobat anak, seperti anak sedang muntah dan diare. Tapi jalanan ke rumah sakitnya macet, atau susah dilalui. Karena pengalaman saya, anak dehidrasi itu seperti berkejaran dengan waktu. Minimal harus cepat mendapatkan infus, supaya tidak bertambah parah.
  5. Bisa menggunakan asuransi. Di zaman pandemi seperti ini, saat agak susah keuangan. Lebih baik memang mencari rumah sakit yang menyediakan berbagai pilihan asuransi untuk pembayaran. Seperti sewaktu si kakak harus masuk IGD, saya hanya perlu mengeluarkan kartu asuransi sebagai jaminan untuk rumah sakit.
  6. Fokus pada pelayanan. Bagi saya ini utama, sebagai orang tua saya merasakan sekali, saat anak rawat inap, membutuhkan perawat dan dokter yang ramah. Karena kita sudah cemas dengan anak, kalau perawatnya judes, atau dokternya menyebalkan. Rasanya pengin pindah rumah sakit.

Rumah Sakit Mitra Keluarga Waru

Bagi orang tua yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Mencari rumah sakit berkualitas sangat mudah. Tapi bagi yang tinggal di kabupaten seperti Sidoarjo, Jawa Timur. Salah satu referensi rumah sakit yang berkualitas yaitu Rumah Sakit Mitra Keluarga Waru yang berlokasi di No. 8, Jl. Jend S Parman, Krajan Kulon, Waru, Kec. Waru, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

rumah sakit untuk pengobatan anak
Rumah Sakit Mitra Keluarga Waru (sumber : halodoc.com)

Tindakan Medis Di Poliklinik Anak

Ada sekitar 16 tindakan medis yang disediakan di Poliklinik Anak, yaitu :

  1. Tumbuh Kembang Anak
  2. Tumbuh Kembang Ped. Sosial
  3. Endokrinologi
  4. Kesehatan Remaja
  5. Neurologi
  6. Alergi Imunologi
  7. Infeksi & Pediatri Tropis
  8. Kardiologi
  9. Respirologi
  10. Perinatologi
  11. Nefrologi
  12. Pencitraan
  13. Gastroenterologi – Hepatologi
  14. Psikolog Anak
  15. Nutrisi dan Penyakit Metabolik
  16. Pediatri Gawat Darurat

Sehingga orang tua tidak perlu khawatir saat memeriksakan anak ke dokter. Dengan berbagai tindakan medis di atas, akan mudah diketahui gejala dan tindakan medis apa yang harus dilakukan. Untuk kesehatan anak sejak baru dilahirkan sampai usia 18 tahun.

Halodoc Sebagai Salah Satu Solusi Kesehatan Masa Kini

Saat pandemi seperti ini, kadang mau berobat ke rumah sakit agak ragu. Tapi kesehatan sangat penting untuk diperjuangkan. Sehingga bila ada gejala sakit, selain curhat kepada kerabat dan teman, saya juga membutuhkan konsultasi pada dokter.

aplikasi halodoc
aplikasi halodoc

Halodoc, merupakan salah satu aplikasi kesehatan praktis untuk mendapatkan kemudahan konsultasi langsung pada dokter, dan membeli obat terpercaya. Selain juga menggunakan aplikasi Halodoc, juga tidak membutuhkan waktu banyak untuk berobat. Tinggal download aplikasi di playstore, daftar, dan bisa menggunakan berbagai fitur yang dibutuhkan.

Saya pernah konsultasi untuk penyakit mata mama di Halodoc pada tanggal 20 April 2020, dengan dokter mata. Saya tinggal mengisi saldo, dan memilih salah satu dokter mata untuk konsul, lalu saldo terpotong sesuai dengan biaya konsul.

Alhamdulillah, konsul berjalan dengan lancar. Dokter mata sempat meminta foto mata mama untuk dilihat. Ternyata mama mengalami kelelahan akibat kurang tidur, sehingga matanya menjadi kering dan agak nyeri.

Setelah mengikuti petunjuk dokter mata di Halodoc, dengan meminum vitamin mata, teratur membersihkan mata, dan cukup tidur. Mata mama saya kembali normal. Alhamdulillah.

konsultasi online dengan dokter mata
konsul online dengan dokter mata di Halodoc

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *