Ovianty

Bisnis Boneka Jari Dan Ceritanya Yang Menjanjikan

Pernah terpikir untuk menjual boneka tangan, tapi beserta buku dongengnya sekalian. Ada yang mau beli nggak?

Dulu sebelum saya menjadi blogger, saya pernah menulis dongeng dan dimuat di majalah anak-anak seperti Birdie dan Bobo. Sayang saya tidak konsisten di cerita dongeng.

Karena memang proses dimuatnya lama, bisa berbulan-bulan. Bahkan ada yang sampai setahun. Honornya pun jauh dari harapan, hanya berkisar 250 ribu per dongeng yang tayang.

Saya akhirnya memilih jalur blogger yang lebih mudah dipublikasikan, dan juga lebih menjanjikan untuk dijadikan profesi. Walau kadang masih suka kangen, menulis dongeng anak lagi.

Ide Menjual Boneka Jari Plus Ceritanya

Selain menulis, saya mempunyai hobi membuat boneka dan aksesoris dari kain felt. Tahu kan? kain berbulu kasar yang tebal dan gampang dibentuk. Nah, dulu sempat kepikiran mau bisnis dari kerajinan kain felt. Tapi selalu terkalahkan dengan kesibukan bekerja, sehingga idenya mental terus.

Padahal stock bahan-bahan kerajinan di rumah masih banyak. Tidak hanya kain felt, tapi juga mote, bunga plastik, lem tembak dan lain-lain.

Setelah menikah dan hamil, saya otomatis berhenti bekerja dari kantor, sampai akhirnya menjadi blogger. Tapi kalau nulis terus suka ada rasa jenuh. Ingin rasanya punya bisnis untuk jualan.

Tapi meneruskan membuat kreasi dari kain felt, paling cuma menjadi hiasan pensil. Masih belum kepikiran membuat kreasi lainnya, yang lebih menjual.

boneka jari
Boneka jari untuk hiasan pensil

Saya lalu kepikiran membuat Kreasiku, boneka jari sekaligus ceritanya. Sehingga para orang tua yang membelikan boneka jari, tidak bingung, mau cerita apa ke anak dengan menggunakan boneka jari.

Ngobrolin ide ini ke suami, akhirnya sama suami cerita dongeng saya diprint. Kebetulan suami memang kerjanya design grafis, dan pernah me-layout majalah. Jadinya suami menyanggupi membuat contohnya sebagai dummy. Cakep banget.

Dongeng anak
Para karakter Dongeng Rambut Emas Zahira

 

Dongeng anak
Rambut Zahira halaman 2

 

dongeng anak
Rambut Zahira halaman 3

 

dongeng anak
Rambut Zahira halaman 4

 

Dongeng anak
Rambut Zahira halaman 5

 

dongeng anak
Rambut Zahira halaman 6

 

dongeng anak
Rambut Emas Zahira halaman 7

 

Boneka jari
Rambut Zahira halaman 8

Dengan begini, saya bisa menggabungkan kedua hobi, menulis dan membuat boneka jari menjadi bisnis. Tinggal mencari siapa yang akan membantu, membuatkan boneka jari sesuai karakter di dongeng. Untuk ini pastinya kalau tidak ketemu orang yang sudah ahli berkreasi dengan kain felt, harus mengajarkan dari awal cara membuat bonekanya.

Dan juga menulis banyak dongeng baru, untuk ini saya bisa menghubungi sesama teman penulis anak. Nanti bisa bagi hasil atau beli putus untuk dongeng tulisannya.

Ke depannya, saya juga ingin sih, ada rekaman ceritanya dalam bentuk audio di usb, biar kalau benar-benar capek, orangtuanya tinggal memperdengarkan cerita ke anaknya.

Cara Menjual Produk Ke Masyarakat

Sebenarnya paling bagus untuk menjual Kreasiku, boneka jari dan ceritanya ya, mempunyai toko sendiri. Sehingga para calon pembeli bisa melihat sendiri karakternya. Dan juga bisa menjual buku-buku cerita anak lain. Sambil nanti diadakan acara-acara mendongeng langsung kepada anak.

Para orang tua juga bisa belajar cara bercerita yang baik kepada anak, menggunakan media boneka jari. Ditambah lagi saya berharap, bisa mengembangkan cerita dongeng Indonesia.

Tapi tidak mungkin saat ini, biaya operasionalnya pasti besar sekali. Untuk menyewa toko di lokasi strategis. Dan untuk saat ini yang memungkinkan baru dijual di marketplace, seperti Blibli.com.

Sebagai pembeli online, marketplace lebih sesuai untuk berjualan dengan budget ngepas. Belum lagi jangkauan Blibli.com, sudah sangat luas. Dan untuk transaksi pastinya terjamin keamanan oleh Blibli.com.

Apalagi setelah saya membeli boneka jari dari China, memang suka bingung menggunakannya untuk bercerita ke anak. Kalau ada ceritanya sekalian kan enak ya, nggak usah mikir lagi, hehe..

Boneka jari
Boneka jari dari China

Jika beneran kreasi boneka tangan dan buku ceritanya, saya jual di Blibli.com, gimana responnya ya? Untuk ini, saya juga harus membuat konten penjualan yang bagus, agar calon pembeliĀ  teredukasi mengenai pentingnya mendongeng kepada anak.

Semoga bisnis ini terwujud, amin yra.

 

 

 

11 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *