Ovianty

Mengenal Indonesia Lewat Portal Indonesia.Go.Id

Kadang kalau menonton film, suka terpukau sama keindahan alam di luar negeri. Ditambah budaya yang unik, kuliner lezat, dan pastinya pernak-pernik lucu buat dibeli. Jadi pengen ikutan rekan lainnya, berburu tiket murah keluar negeri, sepertinya asyik banget. Mau wisata dalam negeri, masih bingung mau kemana.

Iya sih ladies, Indonesia kaya dengan budaya, seni dan kuliner. Tapi buat dikunjungi yang saya tahu hanya seputar daerah-daerah terkenal seperti Raja Ampat, Labuan Bajo, Jam Gadang, dan sebagainya. Memang ada apa di Indonesia?

Sebenarnya ada banyak di Indonesia yang menarik, cuma kadang kurang informasi. Bahkan turis asing bisa menemukan surga di kawasan Indonesia, saya yang sebagai orang Indonesia malah nggak tahu. Gimana sih caranya mencari tahu daerah wisata yang bagus?

Relaunching Portal Indonesia.Go.Id

Beruntung saya dan rekan blogger lainnya diundang ke Diskusi Media Branding Indonesia Dan Relaunching Portal Indonesia.Go.Id pada hari Senin, 10 Desember 2018, di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informasi RI.

Dengan moderator yaitu Johan Budi, Staf Khusus Kepresidenan, dan para narasumber yaitu Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan RI dan Rhenald Kasali, founder Rumah Perubahan. Ternyata ada lho portal yang istilahnya Indonesia banget, yaitu Indonesia.Go.Id.

relaunching portal indonesia.go.id
moderator dan para narasumber

Portal ini ibarat mini Indonesia, sangat lengkap, tidak seperti jalan-jalan ke TMII, hanya melihat rumah adat, pakaian adat, tradisi masyarakat dan sebagainya. Tapi lebih lengkap dari itu, di sini kita juga bisa tahu lho gambaran Indonesia secara utuh, yang terpercaya tentunya. Dari pariwisata, masyarakat, budaya dan tradisi, investasi dan migrasi, tata pemerintahan, dan perdagangan.

“Latar belakang kita mengembangkan Indonesia.go.id, kita ingin menyampaikan informasi melalui satu website yang menggambarkan tentang Indonesia,” Rosarita Niken Widiastuti, Dirjen IKP Kementerian Kominfo

Berhubung musim liburan sudah dekat, saya langsung kepoin pariwisata di Indonesia.go.id, dan langsung tertarik dengan artikel Mbaru Niang, Istana di Atas Awan. Dengan ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut Flores. Kerennya pada tahun 2012, mendapat penghargaan UNESCO Asia-Pasifik, dengan kategori konservasi warisan budaya.

Belum lagi kalau saya menang hadiah jalan-jalan ke Singapura misalnya, pastinya harus mengurus pasport dulu. Berhubung saya tidak pernah punya paspor, saya ternyata saya bisa membuat paspor secara online. Hanya dengan meng-klik kategori layanan di Indonesia.go.id, dan meng-klik judul ‘Membuat paspor biasa secara online’, saya langsung terhubung dengan artikelnya di www.infopublik.id, dan mengetahui langkah-langkahnya.

relaunching portal indonesia.go.id
tampilan portal indonesia.go.id

Selain versi dekstop, ada juga lho versi mobile-nya ladies. Pastinya seperti saya nih, yang suka membuka portal lewat handphone. Ternyata tampilannya cukup keren dan enak buat dilihat. Katanya sih penampilan Indonesia.go.id lebih bagus daripada tampilan terdahulunya. Ya, kalau tampilan lebih bagus, orang pasti lebih suka mengunjungi portalnya, iya kan.

Diskusi Media Branding Indonesia

Memang pas banget seperti nih yang diutarakan oleh bapak Rudiantara, menteri Komunikasi dan Informasi RI, bahwasanya bapak Johan Budi, staf khusus presiden yang menjadi Pemimpin Redaksi portal Indonesia.go.id. Hasilnya walaupun belum diluncurkan portal ini sudah dibaca oleh 700 ribu orang lebih. Pastinya ini para traveller dan blogger nih, semoga bisa menjadi bahan untuk membuat artikel yang ikut mempromosikan Indonesia ya.

Dan pastinya bukan hanya orang Indonesia saja yang membaca, tapi warga dunia juga, untuk mendapatkan semua informasi akurat tentang Indonesia. Wow. Bapak Rudianta juga mengutarakan portal Indonesia.go.id untuk menjelaskan berita yang sebenar–benarnya, agar masyarakat indonesia dan dunia tidak terkena hoax.

Sedangkan menurut bapak Moeldoko, portal ini membuat dunia tidak khawatir untuk datang ke Indonesia. Para turis akan merasa aman dan tenang, tidak usah takut dengan berita hoax tentang Indonesia, yang mengatakan Indonesia tidak aman. Karena memang kalau terjadi sesuatu, pemerintah yang paling tahu kondisi Indonesia.

Identitas bangsa Indonesia sebagai bangsa apa sih? Kita bangsa yang ramah tamah, tapi agak berubah sekarang. Namun masih tersisa keramahan bangsa di daerah,” jelas bapak Moeldoko. Memang hawa politik yang pasang surut di Indonesia, kadang membuat ada beberapa pihak yang bertentangan. Apalagi mendekati pemilu presiden, saya juga ikut merasakan ketegangannya di media sosial. Semoga kita tetap menjadi bangsa yang ramah tamah ya ladies.

Menurut bapak Rhenald Kasali, banyak hal menarik lho tentang Indonesia yang dibicarakan oleh dunia. Dari bidang kuliner, banyak makanan Indonesia yang mulai diperbincangkan. Indomie yang menjadi sangat terkenal di dunia, sampai banyak video dari berbagai negara, yang menayangkan cara memasak Indomie. Dan juga rendang yang dimasak dengan berbagai racikan berbagai macam bumbu. Dodol yang dibuat dengan menggunakan dayung, dan sebagainya.

“Saat ini Indonesia memasuki fase, dimana dunia sudah berbicara sendiri tentang Indonesia. Dari Asian Games yang memukau sampai Indonesia menjadi tempat investasi kedua di dunia,” ujar bapak Rhenald Kasali.¬†

Mengenal Lebih Dekat GPR TV

Nah, selain portal Indonesia.go.id ada juga nih GPR TV. Ini katanya TV khusus pemerintah, yang berisi tentang konten-konten untuk menyebarkan informasi dari pemerintah. Kira-kira ada konten tentang shopping yang hemat nggak ladies? hehe..

relaunching portal indonesia.go.id
GPR TV

Katanya sih tayangan di GPR TV ‘satu dapur’ dengan portal Indonesia.go.id, baru nanti diolah menjadi tayangan televisi. Di dalamnya ada tayangan Hard News, Feature, Dokumenter, Talkshow, Tutorial, dan sebagainya.

GPR TV ini muncul agar pemerintah bisa totalitas dalam menyampaikan tayangan informasi beragam ke masyarakat. Dan pastinya GPR TV ini sangat penting untuk semangat kebangsaan, menjaga NKRI bersama-sama. Yups, sebagai warga negara Indonesia, pastinya ladies ingin kan, supaya negara ini tetap aman dan damai.

Pemenang Lomba Video Competition

Oya, tidak lupa juga di acara ini ada penganugerahan pemenang video competition nih. Pemenangnya dari kategori pelajar dan umum, yang menceritakan tentang 4 tahun masa kerja pemerintahan. Coba apa aja ya? Ehm.. Kalau saya sih, sekarang sukanya belanja online semakin mudah dan murah. Belum lagi banyaknya ekspedisi pengantaran barang, membuat pesanan belanja saya sampai ke rumah, hihi..

Tapi pas nonton tayangan video para pemenang, salut banget. Banyak yang bisa menyampaikan kepuasannya dalam berbagai video yang menarik. Paling menarik menurut saya sih, video dari pemuda papua. Selama ini Papua yang terkenal dengan kerusuhan dan peperangan, ternyata sudah banyak pembangunannya, alhamdulillah.

9 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *