Ovianty

Menjaga Kesehatan Ginjal Dengan Hidrasi Yang Cukup

“Ibu berat badannya normal, tapi kalau dilihat dari massa lemaknya termasuk tinggi, dan massa ototnya rendah. Ibu harus olahraga rutin dan perbanyak makan makanan yang mengandung protein.”

Demikian penjelasan dari dokter Andri, salah satu dokter yang menjelaskan tentang kesehatan tubuh terutama Ginjal di Booth Cek Kesehatan. Jadi malu ketahuan jarang olahraga, hehe..

Booth ini merupakan salah satu fasilitas gratis dari Danone-Aqua pada serangkaian kegiatan edukatif “Gaya Hidup Sehat Dengan Hidrasi Sehat.”

Sebagai bentuk komitmen Danone-Aqua, dalam rangka memperingati hari Ginjal Sedunia yang jatuh pada tanggal 14 Maret 2019 kemarin.

Booth Cek Kesehatan Dan Booth Lainnya

Memang saya malas olahraga dan makannya suka asal . Karena suka mikir kan berat badan tubuh sudah ideal. Kenapa harus olahraga dan makan sehat sih? Hehe..

Ini memang anggapan yang salah. Jangan Ditiru. Karena ternyata dengan kurang olahraga dan konsumsi menu makanan yang kurang seimbang, bisa menyebabkan sakit kronis pada ginjal. Waduh.

Jadi dalam sesi konsultasi kesehatan dengan dr. Andri, beliau menjelaskan tentang kalender kesehatan ginjal, dimana memang sangat penting menjaga kesehatan ginjal dengan gaya hidup sehat.

Cara Menjaga Ginjal

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Ginjal?

  • Olahraga teratur
  • Konsumsi makanan bergizi seimbang
  • Rutin pantau kadar gula darah dan tekanan darah

Jadi saya harus mulai perbanyak olahraga dan makan makanan berprotein tinggi, yaitu protein nabati dan hewani. Jadi memang sehat itu sangat penting, untuk menghindari penyakit kronis seperti gagal ginjal.

Saya jadi berpikir untuk menekuni kembali olahraga yang saya sebutkan senangi seperti berenang dan jogging. Karena kalau kita suka melakukannya pasti lebih ringan melakukannya.

Nah, selain Booth Cek Kesehatan, itu ada juga Booth lainnya untuk foto dengan latar belakang gambar Aqua, permainan fisik dan juga foto cover majalah. Banyak peserta yang berkunjung ke Booth, dan pastinya Booth Cek Kesehatan paling banyak dikunjungi.

Sebelum bertemu dokter, kita ditimbang dengan alat timbangan yang unik. Dengan berdiri di atas timbangan dan kedua tangan memegang tali, lalu muncul angka-angka di layar timbangan. Makanya dr. Andri bisa mengetahui kalau massa lemak dan massa otot saya.

Fun Walk Bersama Selebritis

Nah menurut saya, jalan kaki juga olahraga menyenangkan lho, apalagi dilakukan bersama-sama. Seperti  FunWalk, yang diadakan setelah pembukaan, di awal acara yang dimulai pada jam 8 pagi. Peserta berjalan bersama-sama di kawasan Car Free Day Thamrin, dengan memegang spanduk. Pada Fun Walk tersebut tidak ketinggalan para selebritis ikutan Fun Walk seperti Ben Joshua, Amara dan lain-lain.

Terlihat semangat memancar di wajah para peserta, karena banyaknya Selebritis yang ikut. Sebelum jalan, peserta banyak meminta foto bareng dengan Selebritis. Semangat banget deh ini Fun Walk-nya.

Selebritis memang sudah peduli sama gaya hidup sehat. Sebelum dan selama Fun Walk, mereka tidak lupa juga minum Aqua, agar hidrasi tubuh cukup.

Cara Menjaga kesehatan ginjal

Memang Danone-Aqua ingin menggalakkan gaya hidup sehat dengan hidrasi yang cukup, agar ginjal terjaga kesehatannya. Karena penderita ginjal di Indonesia ternyata termasuk tinggi lho yaitu 3.800 penderita ginjal kronis per satu juta penduduk Indonesia. Saya jadi baru tahu, ternyata penderita penyakit kronis ginjal termasuk tinggi di Indonesia.

Seminar Kidney Health For Everyone Everywhere

Alhamdulillah, selain Fun Walk, Booth, Panggung ada juga Seminar dengan tema ‘Kidney Health For Everyone’. Saya jadi bisa mengetahui lebih lanjut tentang kesehatan ginjal menurut para pakar dari berbagai bidang. Selain itu juga artis Adinia Wirasti juga nih, jadi penasaran gimana sih gaya hidup sehatnya.

Coba tunjuk tangan, siapa yang suka banget marah-marah, terutama di rumah? Hehe.. Saya termasuk tipe pemarah di rumah. Pokoknya kalau  sudah kesal, kadang anak saya pelototin sama omelin. Bawaannya mulut pengen nyerocos terus, kalau sudah lihat mereka berbuat salah.  Nanti setelah marah reda, saya malah merasa bersalah.

Padahal di rumah nggak kepanasan sinar matahari, tapi kenapa bawaannya sewot? Menstruasi juga nggak, aneh ya?

Nah menurut Dr dr. Ari Fahrial, SpPD-KGEH MMB, dekan UI kekurangan minum bisa menyebabkan dehidrasi yang menimbulkan amarah. Waduh. Pantes, kalau keluar rumah bawaannya adem, karena suka minum selama perjalanan. Tapi karena di rumah, suka lupa minum, jadinya marah-marah deh. Berarti sekarang di rumah harus minum cukup, biar nggak marah-marah, hehe..

Selain itu menurut Adinia, sebagai pecinta kopi, sangat penting untuk minum cukup setiap hari. Adinia pernah merasakan kram saat berolahraga karena jarang minum. Karena itu Adinia membiasakan dirinya minum banyak sebelum syuting dan berolahraga, sehingga pipinya terasa segar.

Jangan salah ya, tingkat kebutuhan minum setiap orang berbeda. Kebutuhan ibu hamil berbeda sama orang dewasa dan anak kecil.

Lalu gimana sih caranya mengetahui hidrasi tubuh cukup atau tidak? Caranya dengan melihat urin, semakin pekat warna urin, berarti semakin kurang cairan.

Cara Menjaga kesehatan ginjal

Walaupun kadang ada penyebab lain, kenapa urin berwarna pekat, seperti minum vitamin, makan buah yang berwarna pekat seperti buah naga, dan lain-lain. Jadi warna pekat urin, tidak menandakan kekurangan cairan, tapi warna dari makanan, minuman atau vitamin. Selama itu warna urin pekat berasal dari buah, maka tidak membahayakan tubuh.

Dr. dr. Diana Sunardi, M. Gizi, SpGK., sebagai Ketua Indonesia Hydration Working Group (IHWG), menjelaskan “IHWG dibentuk dengan misi menyediakan dan berbagi pengetahuan terkait pentingnya hidrasi yang tepat dalam kehidupan sehari-hari kepada masyarakat, karena kami paham betul akan masalah-masalah yang bisa datang dengan kurang minum. Contohnya, ketika terjadi dehidrasi berulang karena kurang konsumsi air putih, seseorang bisa mengalami penyakit ginjal kronis.”

Daur Ulang Botol Aqua

Sebenarnya saya kadang suka merasa bersalah, meminum air di Botol kemasan seperti Aqua, karena menyumbang sampah plastik.

Kita semua tahu Indonesia sebagai penyumbang terbesar sampah plastik ketiga di dunia. Lalu bagaimana dengan botol kemasan Aqua? Apakah bisa didaur ulang? Bisa sih biasanya dibuat prakarya, atau dilebur menjadi biji plastik, lalu dijadikan berbagai macam produk, salah satunya kaus baju.

Dengan memberikan edukasi terkait pentingnya menjaga hidrasi kecukupan cairan di tubuh, untuk kesehatan ginjal, Danone-Aqua setiap tahunnya terus mendukung Hari Ginjal Sedunia.

Apalagi ini sejalan dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), yang dicanangkan Kementerian Kesehatan RI. Alhamdulillah, acara ini berjalan Dengan sukses. Dan peserta selain mendapatkan Goodie Bag berupa tas dan kaus, juga berkesempatan memenangkan berbagai hadiah, dari posting di Instagram dan juga doorprize.

Semoga dengan acara ini, masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan ginjal kita. Jangan sampai menyesal belakangan setelah terlambat.

 

 

 

 

21 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *