Cerita Ovy

Wujud Peduli Sinar Mas Pada Pandemi Indonesia

Indonesia menduduki peringkat pertama sebagai negara paling dermawan di dunia menurut Charities Aid Foundation (CAF) World Giving Index 2021. Tidak hanya masyarakatnya yang bergerak berdonasi, para perusahaan pun melakukan donasi selama pandemi.

Dari dulu kita memang dikenal sebagai negara yang paling suka menyumbang. Walaupun terjadi musibah di luar daerah bahkan di luar negeri sekalipun, kita akan tergerak untuk berdonasi. Makanya alhamdulillah, tinggal di Indonesia, dimana masyarakatnya masih suka bergotong royong, bahu membahu saat tetangganya kesulitan. Apalagi saat pandemi, dimana banyak masyarakat yang kesusahan terutama masalah ekonomi.

Indonesia Merupakan Negara Paling Dermawan Sedunia

Saat Pemda Jakarta memberlakukan pembatasan sosial sejak bulan Maret 2020, yang terbayang yaitu bagaimana caranya para pekerja harian dan pedagang akan bertahan hidup. Kalau saya alhamdulillah suami pekerja kantoran, jadi masih bisa berharap dari gaji bulanan. Tapi banyak sekali tetangga, teman dan kerabat yang bekerja di sektor non kantor, sehingga pembatasan sosial sama saja membatasi bahkan menghilangkan mata pencahariannya.

Saya ingat sekali saat gerakan menggantung sembako di pagar atau di depan rumah, sampai masuk iklan segala. Ini menunjukkan betapa besar hasrat berdonasi para masyarakat untuk meringankan beban saudara sebangsa menghadapi pandemi. Dan ini sangat membantu bagi para tetangga yang berkesusahan.

Menurut Charities Aid Foundation tahun 2020, Indonesia menjadi peringkat pertama negara paling dermawan, dengan total skor sebesar 69 atau naik dari skor sebelumnya sebesar 59 pada 2018.  Pada saat itu, Indonesia juga menempati peringkat pertama sebagai negara paling dermawan di dunia.

Sinar Mas Bersama Pengusaha Peduli NKRI Memberikan Bantuan Covid 19

Selain masyarakat yang tergerak untuk berdonasi, tidak ketinggalan para pengusaha yang tergabung dalam Pengusaha Peduli NKRI, ikut memberikan bantuan untuk Pemerintah dalam menangani pandemi covid 19. Sehingga sangat membantu para masyarakat yang kesusahan ekonomi karena pandemi melanda.

Gerakan donasi yang diadakan oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), juga dipelopori oleh Sinar Mas. Dengan bernama Pengusaha Peduli NKRI, bantuan disalurkan melalui Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia total mencapai lebih dari 650 miliar. Melebihi dari target semula yaitu Rp. 500 miliar. Dengan tersebar ke 358 institusi, 1.080 rumah sakit serta puskesmas Jabodetabek serta 26 provinsi lainnya di Indonesia.

Para anggota Pengusaha Peduli NKRI selain Sinar Mas, ada juga Agung Sedayu Group, Astra International, Djarum Foundation, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Barito Pacific Tbk, PT Intisumber Bajasakti, First Resources Ltd., Putera Sampoerna Foundation, PT Sampoerna Agro Tbk., Panin Group, Triputra Group, KPN Corp, Gan Konsulindo, PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk, Permata Hijau Group, PT Samudra Marine Indonesia serta PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. Mereka semua tergerak untuk memberikan bantuan terutama saat awal pandemi. Ini merupakan gerakan yang bagus untuk ditiru oleh para pengusaha lainya di Indonesia.

Untuk saat ini, Pengusaha Peduli NKRI kembali menggalang dana, bersama dengan Yayasan Budda Tzu Chi, untuk masyarakat yang berdampak Covid 19. Bantuan yang diberikan juga bertahap dengan total 35.000 ton beras, ribuan OC, dan sejumlah obat-obatan yang dibutuhkan oleh pasien Covid-19 seperti Gammaraas, Remdesivir, serta Actemra. Beras diberikan karena merupakan kebutuhan pokok rakyat Indonesia, agar 7 juta keluarga terbantu dengan adanya donasi ini.

Bantuan Sinar Mas Berupa Program Vaksinasi Gotong Royong

Kamu sudah divaksin? Saya alhamdulillah sudah lulus dua kali vaksin. 

Untuk menwujudkan Indonesia herd immunity, memang vaksin diperlukan. Asalkan sehat wal’afiat dan sesuai prosedur, vaksin bisa membuat angka penderita Covid-19 dan penyebarannya menurun. Dengan vaksin kita membantu melindungi keluarga dan juga orang-orang di sekitar kita. Saat ini vaksin yang sudah diberikan Pemerintah yaitu Sinovac dan Astrazenefica, yang terbaru vaksin Moderna dan Gotong Royong dengan gratis alias cuma-cuma.

Namun selain vaksin, tetap jangan lupa menjaga protokol kesehatan. Pastinya dengan 5M, yaitu Memakai masker, Menjaga Jarak, Mencuci tangan dengan sabun, Menghindari kerumunan dan Mengurangi Mobilitas. Dengan melakukan vaksin dan 5M, semoga negara kita cepat terbebas dari Covid 19.

Namun sayangnya belum semua orang mendapatkan vaksinasi, masih ada kelompok masyarakat yang dengan segala keterbatasannya susah untuk vaksin. Saking pentingnya diadakannya vaksin, Sinar Mas bersama dengan Pemerintah menghadirkan program Vaksinasi Gotong Royong untuk karyawan, termasuk pilar usahanya yaitu Sinar Mas Agribusiness and Food dan Asia Pulk & Paper Sinar Mas. Pemberian vaksin secara bertahap juga akan dilaksanakan pada lebih dari 3.000 karyawan Sinar Mas Agribusiness and Food. Sedangkan PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk yang berada di bawah naungan APP Sinar Mas secara bergelombang akan memvaksin 4.000 karyawan.

Selain itu Sinar Mas bersama organisasi nirlaba, Eka Tjipta Foundation (ETF) dan juga bekerja sama dengan alumni Kolese Kanisius , akan menyelenggarakan vaksinasi massal bertajuk Vaksinasi Kanisius dari 5-18 Juli 2021 lalu. Beberapa perusahaan seperti PT Combiphar, PT Petrosea, dan PT Prosehat ikut membantu. Yang kemudian Vaksinasi Kanisius  akan kembali digelar pada pekan pertama Agustus 2021.

“Niat penyelenggaraan vaksinasi ini demi mendukung terbentuknya kekebalan komunitas di Indonesia. Meski pihak yang bekerja sama pada program ini berasal dari bidang yang berbeda, kami memiliki tujuan yang sama,” (Mas Saleh Husin, Managing Director Sinar Mas).

Bantuan Medis Sinar Mas Berupa Oksigen

Kurva penderita Covid-19 per tanggal 20 Agustus 2021 sudah melandai, diharapkan semoga terus menurun kurvanya. Untuk mencapai hasil ini diperlukan kerjasama dari berbagai pihak dalam bentuk bantuan obat-obatan dan oksigen. Apalagi banyak pihak yang ‘bermain’ dengan ketersediaan oksigen, sampai harganya yang menjulang tinggi. Sehingga membuat banyak pasien Covid-19 kesusahan mendapatkan oksigen yang berujung pada kematian.

Karena itu Sinar Mas turut memberikan donasi peralatan medis berupa ribuan ton liquid oxygen dan puluhan ribu oxygen concentrators (OC) untuk pasien Covid-19, sehingga bisa membantu proses penyembuhan mereka. Untuk pengadaan stok oksigen dilakukan oleh Asia Pulp & Pulp (APP) sebanyak 1.200 ton per bulan. Bantuan oksigen tersebut ditujukan kepada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) dan akan disalurkan ke berbagai rumah sakit dan fasilitas kesehatan di Tanah Air.

Semangat Bersama Lepas Dari Covid 19

Butuh kepedulian besar dari berbagai pihak untuk melepaskan diri dari Covid 19. Tidak hanya pemerintah dan tenaga kesehatan saja yang berjibaku melawan pandemi. Tapi juga pihak swasta dari kalangan usaha juga perlu peduli. Dengan adanya wujud kepedulian Pengusaha Peduli NKRI dan Sinar Mas, kita berharap masalah pandemi ini segera usai di negara Indonesia. 

Walaupun memang terlihat secercah cahaya itu masih kecil, tapi dengan terus bahu membahu menolong yang kesusahan maka tidak mustahil Covid 19 akan lenyap. Para pengusaha pun tidak tinggal diam, mereka juga menolong dengan semua daya dan upaya. Semangat ini akan terus membara bersama, pada bangsa yang besar seperti Indonesia, amin yra.

39 thoughts on “Wujud Peduli Sinar Mas Pada Pandemi Indonesia

  1. Semoga kepedulian Sinar Mas pada masyarakat yang terkena dampak hebat pandemi ini bisa ditiru dan diikuti oleh banyak pengusaha lainnya. Jika semua bahu-membahu, banyak orang terselamatkan hidupnya.

  2. Senang membaca berita positif seperti ini. Perusahaan besar seperti Sinar Mas sangat peduli dengan kondisi sekitar. Nominal bantuannya luar biasa besar banget, alhamdulilah. Semoga bisa ditiru oleh perusahaan besar lainnya.

  3. Keren banget program sosial Sinar Mas dan perusahaan yang bergabung ini, kita jadi dibantu dengan bantuan tepat sasaran sesuai kebutuhan yaitu vaksin, dan sembako. masyarakat Indonesia memang sudah gemar menolong dan gotong-royong ya bangga bacanya..

  4. Terima kasih sinar sudah pedulu akan umkm , semoga bisa diikuti oleh yang lainnya untuk melakukan aksi kayak gini, di masa pandmei kayak ini, penting bagi kita untuk saling support

  5. Semoga semakin banyak perusahaan seperti Sinar Mas ini yang peduli dengan kehidupan masyarakat yang semakin sulit di masa pandemi. Bantuan Peduli Pandemi ini sangat membantu lho, apalagi banyak masyarakat yang kehilangan mata pencaharian, dan terdampak cukup seius di masa pandemi. Belum lagi masalah kesehatan, karena itu bantuan Sinar Mas ini sangat besar artinya bagi masyarakat.

  6. Wow dengan total donasi 650 milyar melebihi target dari 500 milyar,salut banget gerakan ini. Semoga berkah buat semuanya dan sukses buat sinar Mas .
    Semoga saja diikuti oleh perusahaan2 lainnya dan ikutan bergabung untuk tetap peduli wabah pandemi ini.

    1. Benar, kalau semua saling peduli dan membantu, jadi meringankan banget buat yang berkesusahan. Semoga gerakan ini terus berjalan dengan baik dan lancar, dan diikuti oleh pengusaha lain
      amin yra

  7. Luar biasa banget ya, 690M itu angka yang fantastis lho. Seneng banget ada campur tangan perusahaan sebesar Sinarmas yang membantu masyarakat kita. Semoga bisa merata hingga ke pelosok ya.

  8. Salut dengan perusahaan yang peduli terhadap kondisi seperti saat ini. Semoga program donasi seprti yang dilakukan oleh Sinar Mas dkk bisa membantu masyarakat luas yang terdampak pandemi

  9. Seneng banget membaca tulisan ini dan memperoleh informasi bahwa negara kita adalah negara dermawan sedunia.

    Turut bangga dengan Sinar Mas yang telah memberikan banyak bantuan bagi masyarakat dalam masa pandemi. Bantuan yang pastinya sangat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *