Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Ovianty

Halal Lifestyle Peluang Tumbuh Kembangnya Industri Halal

Nggak pernah kebayang halal lifestyle bakal nge-trend. Pas ngelamar kerja aja dulu sulit diterima kalau pakai jilbab. Buat solat di pusat perbelanjaan pun, susah cari musholanya. Eh sekarang malah artis pada hijrah pakai jilbab. Dan hebohnya lagi, akan ada pameran muslim pertama dan terbesar yang ada di Indonesia. Woww..

Saya pernah ngerasain banget, ujian memperlihatkan identitas sebagai muslimah dengan berjilbab. Orang mandang sebelah mata sama jilbab. Setiap perempuan pakai jilbab dibilang bakal susah dapat kerja dan susah jodoh, huhu.. Tapi alhamdulillah, semakin kesini, malah lebih banyak perempuan berjilbab dibandingkan tidak berjilbab. Dan siapa sangka dalam dunia usaha juga akan semakin banyak produk islami. Terbukti dengan diadakannya Indonesia Muslim Lifestyle Festival Event pada tanggal 30 Agustus-1 September 2019.

Sebagai Pameran Industri Syariah & Halal terbesar yang menyuguhkan gaya hidup halal secara komprehensif, memang sudah sepatutnya diadakan. Lhaa.. potensi pasar muslim untuk industri halal besar banget. Dari muslimah aja seperti saya, pastinya butuh busana muslimah, jilbab, kaus kaki, manset. Belum lagi kalau dirinci busana muslimah apa aja dari busana renang, busana formil untuk ke kantor, busana santai, dan lain-lain. Lalu pastinya juga butuh kosmetik yang halal, biar nyaman pakainya. Trus kalau sudah menikah dan punya anak, juga ingin pakaian yang syar’i untuk keluarganya.

Belum lagi soal jaminan makanan halal agar pas pengen makan di luar nggak was-was. Lalu kalau mau jalan-jalan ke luar negeri, maunya wisata halal. Bacanya buku-buku islami terutama untuk anak, dan mainannya juga diusahakan islami. Belum lagi Alquran, mukena, sajadah, tasbih, sarung, dan perlengkapan lain yang wajib dimiliki umat Islam. Intinya memang sebagai negara salah satu muslim terbanyak di dunia, kita memang membutuhkan pameran ini, sehingga akan mudah membeli produk islami.

Dengan adanya Indonesia Muslim Lifestyle Festival Event pastinya saya dan semua muslim terutama di Jakarta akan lebih mengenal produk-produk islami. Dan bukan tidak mungkin suatu saat nanti Indonesia akan menjadi negara tujuan untuk berburu produk-produk islami. Bukan negara lain yang jumlah umat islamnya masih minoritas. Amin.

Pangsa Pasar Produk Halal Yang Mulai Dilirik Negara Lain

Setahun yang lalu saya mulai gerah dengan pemberitaan tentang wisata halal atau pusat makanan halal di negara lain, seperti Singapura, Jepang dan China. Kapan ya Indonesia bisa seperti itu? Bukannya seharusnya kita yang memulai dan memarakkannya? Jangan sampai kita yang warga negara mayoritas Islam, malah berburu produk islami di negara lain yang Islamnya minoritas. Itu menyedihkan.

Memangnya ada berapa jumlah umat Islam di Indonesia, Asia dan Dunia? Tidak disangka untuk peringkat dunia, Indonesia menduduki peringkat pertama dengan jumlah total 222 juta penduduk muslim. Ini sangat banyak lho. Dan pangsa pasar yang besar sekali menurut saya. Mungkin Indonesia tidak bisa mengejar Singapura sebagai surga belanja, atau Paris sebagai pusat fashion dunia. Tapi Indonesia bisa membidik niche yang tepat sasaran, yaitu pusat produk halal di Asia bahkan dunia.

Peserta Indonesia Muslim Lifestyle Festival
Para peserta kajian

Dan Malaysia sudah memulai pameran seperti ini sejak 12 tahun yang lalu dengan MIHAS (Malaysia International Halal Showcase), pameran dagang industry halal bertaraf internasional. Diharapkan Indonesia Muslim Lifestyle Festival Event bisa menjadi momen yang tepat bagi sebagian besar umat Islam di Indonesia untuk mengembangkan industri halal tidak hanya di Indonesia, tapi juga ke Asia bahkan dunia.

Modest Fashion

Masih banyak busana muslimah dan jilbab yang diproduksi massal oleh negara China lalu dijual ke Indonesia. Memang harganya murah dan terjangkau, tapi kadang sedih bila melihat malah orang China yang mengambil untung. Alhamdulillah, bermula dari para artis yang berani terjun ke bisnis muslimah, sekarang semakin banyak yang berkecimpung dalam bisnis ini. Bahkan sekarang busana muslimah mulai diperagakan di pagelaran fashion Indonesia.

Halal Cosmetic

Sejak semakin banyak muslimah berjilbab, maka selain permintaan busana muslimah meningkat, keperluan muslimah lain juga meningkat seperti kosmetik yang halal. Saya juga paling kritis masalah lipstik dan skincare, pengennya yang halal. Sekarang saya juga menggunakan kosmetik halal yang terbuat dari habbatussauda, daripada menggunakan kosmetik kimiawi yang nggak jaminan halal.

Halal Travel

Untuk saat ini alhamdulillah Indonesia menjadi destinasi halal terbaik di dunia, karena memang di Indonesia mencari tempat solat, makanan halal, hotel islami memang lebih mudah. Halal lifestyle sekarang sudah menjadi kebutuhan.

Halal Media

Jujur saya membutuhkan media yang giat menyiarkan tentang Islam. Tidak hanya tentang kejadian seputar Halal Lifestyle tapi juga menyuguhkan berita-berita tentang Islam dalam dan luar negeri. Apalagi sekarang geliat Islam di luar negeri tumbuh semakin berkembang.

Halal Food

Nah untuk yang ini, Indonesia memang termasuk berhati-hati dalam urusan makanan. MUI pun sudah mengencarkan sosialisasi ke restoran-restoran untuk mempunyai sertifikat produk halal. Walau masih ada beberapa restoran yang belum mendaftarkan sertifikat, tapi ke depannya insya Allah akan lebih digencarkan lagi sertifikat halalnya.

Sharia Property

Sudah banyak komplek-komplek islami yang didirikan developer. Bukan hanya namanya yang islami, tapi juga lingkungannya dibuat islami, dengan bangunan masjid di tengah komplek. Dan dari sistim pembayarannya juga menggunakan cara pembayaran islami, tanpa menggunakan kredit bank konvensional.

Islamic Education

Untuk pendidikan islami di Indonesia, saat ini di Indonesia sedang maraknya orang menyekolahkan di pesantren modern dan sekolah islam seperti SD Islam Terpadu, SD Quran, dan sekolah komunitas berbasis islam. Sehingga menawarkan pendidikan modern dengan berdasarkan syariat Islam.

Indonesia Muslim Lifestyle Festival Event

Pastinya sudah sangat penasaran seperti apa pameran ini nantinya. Secara banyak banget produk islami dari yang akan dipamerkan dan juga dijual. Kalau saya pastinya lagi mencari segala keperluan muslimah, dan berharap ada diskon spesial, hehe..

Didirikan dengan 300 stand dan luas area 13 ribu m2, kamu bisa nih keliling ke Plenary Hall, Main Lobby, Lower Lobby, dan Cendrawasih Hall di JCC Senayan Jakarta. Harga tiketnya juga cukup terjangkau, hanya dengan Rp 25 ribu pada hari Sabtu/Minggu, dan gratis pada hari Jumat.

Pesan Tiket Secara Online

Buat yang suka banget sama digital kayak aku, dan udah malas antri beli tiket. Mending biar cepat masuk ke dalam pameran, lebih baik membeli tiket secara online. Caranya gampang banget kok. Sehingga menghemat waktu juga, kalau sedang terburu-buru atau telat ikut acara kajiannya.

Membeli tiket online Indonesia Muslim Lifestyle Festival Event
Picture taken from Instagram Indonesiamuslimlife fest

Selain belanja juga ada sharing ukhuwah yang dibawakan para ustad ternama. Ini namanya belanja plus, beli barang sekalian dapat siraman rohani, alhamdulillah. Dan pastinya saat kita berbelanja, para suami tidak bosan menunggu karena sambil mendengarkan ceramah.

Pameran Islamic & Halal

Tips Belanja Di Indonesia Muslim Lifestyle Event

  • Gunakan peta agar bisa langsung mengetahui stand-stand mana saja yang akan dikunjungi. Sehingga lebih efektif dan efisien mendapatkan produk yang kita inginkan. Tidak harus putar-putar dulu kemana-mana.
  • Siapkan uang cash untuk jaga-jaga bila ATM jauh atau rusak, serta mesin debit sedang offline.
  • Bawa tas belanja dari rumah, jangan mengandalkan akan diberikan plastik setiap berbelanja.
  • Jangan hanya berbelanja, tapi juga bisa menghadiri kegiatan hijabbers gathering yang mengupas tentang halal lifestyle.
  • Dilihat lagi agenda acara Indonesia Muslim Lifestyle Festival, sehingga tidak ketinggalan acara-acara menarik yang sesuai minat.

 

Susunan Denah Stand Indonesia Muslim Lifestyle Festival

Yuk amankan tanggalnya 30 Agustus – 1 September 2019, jangan sampai ketinggalan. Mumpung masih 4 hari lagi, bisa mencari informasi sebanyak-banyak tentang Indonesia Muslim Lifestyle Festival Event.

408 views

25 thoughts on “Halal Lifestyle Peluang Tumbuh Kembangnya Industri Halal

  1. Terasa banget ya geliat halal lifestyle ini yaa…
    Yg penting isu halal ini bener bener bs terserap secara substantif dan implementatif bukan sekedar jargon.
    Tugas semua muslim mengawal.

  2. Yaa, udah kelewatan ya. Weekend kemarin aku ada acara di lingkungan tempat tinggal. Akhirnya nggak ke mana-mana deh. Padahal seru juga nih, bisa nyobain aneka kuliner tanpa mikir halal or not. Karena pasti halal.

  3. Wah…sudah lewat ya mbak, padahal aku udah rencana pingin me time ke sini, sekalian mau lihat edu fair-nya, plus bisa cuci mata lihat tren fashion baru, mudah-mudahan kalau ada Indonesia Muslim Lifestyle Festival lagi, aku bisa langsung cuss datang.

  4. Kemarin saya mau kemari nih. Tapi sayang ga jadi. Padahal dah janjian sama Nurul Sufitri. Eh yg jagain anakku ga ada. Bagus ya acaranya. Mau tau juga produk food yg halalnya apa aja

  5. alhamdulillah ya sekarang banget kegiatan yang mendukung lifestyle dan bisnis ukm muslim. semoga ke depannya makin mudah mendapatkan produk halal di indonesia karena semua sudah aware dengan gaya hidup muslim

  6. Aku ke muffest dan khilaf beli gamis disini hehehe, subhanallah acara ini ga nyangka rame banget. Ternyata acara islami gini masih banyak yang ingin datang untuk mendengarkan kajian dari berbagai kota, ada yang dari bandung, garut sampai palembang naik bis rombongan gituuu mba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *