Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Ovianty

Bebeland, Permainan Edukatif Mengasah Kemampuan Anak

“Udah nggak usah capek bikin permainan edukasi di rumah, bawa anak ke Bebeland aja.” (Roslina Verauli, M.Psi, Psi.)

Memang pas untuk anak seperti Erin yang lagi senang bermain datang ke Bebeland. Apalagi kalau bermainnya sambil mengasah IQ, EQ dan SQ anak. Seru banget ya. Memangnya ada permainan apa aja sih di Bebeland?

Permainan Edukatif di Bebeland

Pas mau masuk ke Bebeland, Erin sudah disambut ramah oleh kakak Bebelac. Di bajunya ada tempat tempelan panjang untuk menempelkan badge tanda sudah menyelesaikan setiap permainan.

Dan pastinya bukan sembarang permainan karena sudah dirancang dengan alur cerita, yaitu ‘masalah dan solusi.’ Selain itu ada standing banner di setiap permainan, yang menjelaskan tentang IQ, EQ dan SQ yang diharapkan pada anak.

 

Bebeland permainan edukatif mengasah IQ-EQ-SQ
Standing banner menjelaskan IQ-EQ-SQ

Permainan yang dimainkan Erin itu hampir semua, wkwkw. Sepertinya ada yang ke-skip kayak halte Bus Stop. Kirain itu cuma stand biasa, ternyata pas lihat seorang anak di situ, ada ibu hamil dan kakek duduk. Ini mah iklan Jonathan Frizzy di televisi ya?

Sayang mau ngajak Erin main, tapi karena semakin siang, anak-anak yang main semakin ramai. Memang sih selain main, di Bebeland bisa juga nih borong susu dengan berbagai pilihan hadiah menanti.

Oya, untuk main satu permainan, pengunjung harus mendapatkan paspor dengan membeli 1 dus 800 gram. Dan untuk mendapatkan paspor semua permainan edukasi yang dalam 3 tema besar yaitu BebeSea, BebeTown, dan BebeForest. Total  berjumlah 15 permainan, dan harus beli 8 dus 800 gram untuk dapat menggunakan semuanya.

Permainannya antara lain: Save The Animal, Save The Forest, Rescue Cat, Feed The Animals, Find The Way, Fix The Bridge, Clean The Ocean, Helping Friends, Preserve The Turtle, Fix The Gears dan Coral Savior.

Jadi setiap mau menggunakan permainan, diminta dulu paspornya oleh si kakak Bebeland setiap booth. Setelah distempel, baru anak bisa mengikuti permainan tersebut. Setelah permainan selesai, anak mendapatkan badge dari kakak Bebeland, yang ditempelkan di bajunya. Seru deh semua permainannya, ibunya jadi ingin ikutan main juga.

Berfoto seru di Bebeland
Berfoto bersama anak di stand foto

Save The Animal

Pada permainan ini Erin naik mobil dulu, lalu si kakak Bebeland mengarahkan pakai remote control ke booth. Di sini Erin disambut ceria oleh kakak Bebeland yang lain dan dipakaikan baju dokter hewan.

Setelah itu diajarkan cara membalut luka di leher boneka binatang dengan perban. Erin langsung praktek membalut perban, hasilnya lancar. Senang bisa sekalian praktek jadi dokter hewan.

Fix The Gears

Nah untuk permainan ini, Erin diminta memasangkan semacam roda-roda ke tempatnya. Setelah roda-roda itu terpasang, akhirnya mesin jam bisa dijalankan dengan diputar. Taraaaa… jamnya berfungsi dan binatang di atasnya keluar. Tut..tut..tut.. Woww…

Clean The Ocean

Ini termasuk favorit di Bebeland, soalnya bisa naik perahu muterin laut, haha… Untungnya Erin udah duluan, pas agak siang, rame banget antrian.

Untuk permainan ini, ternyata anak diajak membersihkan laut dari sampah. Iya sih, sekarang ini banyak banget sampah-sampah plastik di laut. Mencemari laut dan pastinya membunuh makhluk hidup di laut terutama ikan. Sedih ya.

Tapi sebelum naik perahu, Erin diajak untuk memperbaiki jembatan menuju laut. Caranya dengan memasang papan-papan jembatan yang terlepas. Lalu setelah jembatannya selesai diperbaiki, Erin naik ke atas perahu dan diberikan alat pancing yang ujungnya magnet. Perahu berjalan dan berhenti sesaat, Erin lalu memancing sampah-sampah di laut dan dikumpulkan di perahu. Perahu berjalan lagi dan memancing sampah lagi. Begitu seterusnya sehingga sampai kembali di jembatan.

Rescue The Cat

Untuk yang ini termasuk favorit juga lhoo di Bebeland, gimana nggak anak bisa naik ke atas dengan memanjat tebing. Lalu meluncur menggunakan perosotan, jatuh di kolam bola warna-warni. Waahh, asyik banget deh.

Kucing yang diselamatin juga boneka kucing, keren bisa dipeluk-peluk dan dicium-cium nih. Malah banyak anak yang nggak mau keluar, saking senangnya bermain.

Save The Forest

Permainan ini saya kurang jelas melihatnya, karena masuk ke dalam terowongan yang ditutupi ranting daun-daun. Jadi Erin diminta masuk terowongan yang nembus ke hutan. Sekilas saya lihat, lantai hutannya bergerak dengan gambar kayu dan sebagainya.

Kata Erin ada sekumpulan hewan yaitu zebra, monyet, gajah dan jerapah yang mau lewat tapi nggak bisa karena ada kayu. Jadi Erin memindahkan kayu agar binatang bisa lewat.

Talkshow Bersama Ijonk Family

Nah ini acara yang ditunggu-tunggu, karena menghadirkan pakar psikologi dan juga keluarga artis. Saya kira awalnya yang akan menjadi narasumber Shireen Sungkar, secara dia ngajak anaknya main-main. Ternyata malah Jonathan Frizzy dan keluarga. Iya juga sih, kan keluarga Ijonk yang menjadi iklan Bebelac di televisi.

Jonathan Frizzy Bebelac
Jonathan Frizzy family menjadi ambassador Bebelac

Talkshow yang dibuka dengan perkenalan oleh MC, dan kemudian naik ke atas panggung psikolog Roslina, Bebelac dan keluarga Jonathan Frizzy. Duh baru lihat ketiga anaknya, cakep-cakep dan sehat. Dua cowok dan satu cewek dengan memakai baju tumeric, menggemaskan. Di sini keluarga Ijonk menceritakan tentang contoh empati yang telah dilakukan oleh anak-anaknya.

“Saya mulai melakukan stimulasi rasa peduli si Kecil dengan mengajarkan anak mengungkapkan perasaan, memiliki rasa peduli terhadap lingkungan sekitar.” (Jonathan Frizzy)

Berarti pas ya sama iklan Bebelac di televisi, dimana salah satu anaknya merasa kasihan sama ibu hamil yang harus berdiri di halte. Anak Ijonk lalu ke rumah dan mengambil semacam peti-peti yang dirangkai menjadi tempat duduk di halte, sehingga ibu hamil tersebut bisa duduk.

Memang menurut Roslina, bahwa dengan empati dan rasa peduli, si Kecil mampu merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain, bersimpati, hingga melihat dan berusaha menyelesaikan masalah dari sudut pandang orang lain.

“Dengan mengembangkan rasa peduli, si Kecil mampu memiliki perilaku prososial, yaitu perilaku membantu orang lain tanpa pamrih. Hal ini yang perlu diasah sejak dini seiring dengan kemampuan daya pikir si Kecil agar si Kecil mampu menyikapi permasalah serta memberikan solusi yang tepat dan penuh empati.” (Roslina Verauli, M.Psi, Psi.)

Memang saya lihat di setiap booth permainan ada standing banner yang menjelaskan tentang hasil yang akan dicapai dalam IQ-EQ-SQ. Saya sempat memfoto beberapa standing banner, karena penasaran dengan apa sih tujuan sebenarnya permainan edukasi ini. Sehingga bisa membacanya lagi di rumah.

Sedangkan menurut Deska Hapsari Nugrahaini, Brand Head Bebelac, dengan pengalaman dan inovasi selama 100 tahun di Nutrisi Awal Kehidupan. Bebelac menghadirkan Bebeland, permainan edukatif di Summarecon Mall Bekasi pada tanggal 7-8 September 2019, untuk mendorong pemberian stimulasi secara dini pada anak.

Tidak hanya di Bekasi diadakan Bebeland, tapi juga di Surabaya dan Medan. Tepatnya di Tunjungan Plaza Surabaya pada 28-29 September 2019 dan Plaza Medan Fair pada 26-27 Oktober 2019. Dicatat nih bagi yang tinggal di kedua kota tersebut.

206 views

11 thoughts on “Bebeland, Permainan Edukatif Mengasah Kemampuan Anak

  1. Wah seru nih anak-anak main di Bebeland ini. Dulu waktu ada ajang Bebestar, suka ada tempat yang serupa ini. Dulu anakku yang nomor 3 yang pernah main di sana. Sekarang ada Bebeland, anakku yang nomor 4 bakalan suka tuh. Semoga nanti ada di Bandung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *