Ovianty

Tips Naik Haji Sebelum Umur 40 tahun Dengan MyArafah

Naik haji lebih baik, jangan pas udah tua dan sakit-sakitan. Kalau muda bisa naik haji, kenapa nggak?

Dulu pas nganter mama umroh tahun 2010 di bandara soekarno, kaget juga melihat rombongan haji, ada yang masih agak muda. Sekitar usia 40-50 an, dan kelihatannya fresh.

Peserta umroh yang kelihatan tua ada juga sih. Dianter pakai kursi roda, tanpa ada pendamping keluarga.

Agak ngenes juga sih ladies. Jadi kepikiran kira-kira umur berapa saya bakal umroh dan naik haji?


Cara Naik Haji Sebelum Umur 40

Pernah nggak ladies, kepikiran naik haji sebelum usia 40 tahun?

Kalau niat pasti deh, semua orang Islam niat mau melaksanakan rukun haji kelima. Tapi kapannya itu yang jadi pertanyaan?

Biasanya yang jadi masalah pastilah uang untuk naik haji. Karena dengan bergantung pada kurs dolar. Naik haji dan umroh membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Tapi dengan penghasilan kaum milennial saat ini, yang mencapai 8 digit. Tentunya hal itu nggak bakalan jadi masalah.

Hanya sayangnya, kebutuhan dan gaya hidup, suka menghabiskan uang dengan cepat. Apalagi yang hobinya shopping kayak saya, dan suka jalan-jalan, penting banget untuk berhemat.

MyArafah
Ibu Yuliana bersama para hijabers community

Lalu bagaimana caranya biar bisa naik haji sebelum umur 40 tahun? Berhubung saya sudah kepala 3, saya sih sedang mencoba membuat ketentuan bagi diri sendiri, biar cepat naik haji.

Kalau ladies yang usianya masih rata-rata 20-an, bisa nih kayaknya sebelum usia 40 tahun naik haji.

Niat dan doa

Segala sesuatu butuh niat ya ladies, karena kemauan yang kuat akan membuat kita fokus pada tujuan. Jangan lupa doa terus-menerus, Allah pasti dengar dan mengabulkan doa.

Biasanya doa dipanjatkan setelah solat lima waktu dan juga saat waktu-waktu mustajab berdoa.

Sepertinya memang kalau tidak diniatkan naik haji, pasti bakalan lama naik hajinya. Jadi malu, selama ini belum kuat niat dan doanya.

Merubah Gaya Hidup

Penting banget nih, ladies. Gaya hidup butuh modal lhoo. Minum kopi racikan di cafe, bisa diganti dengan kopi di cafe lain yang lebih murah. Atau syukur-syukur bikin kopi racikan sendiri di kantor dan rumah.

Sekarang pun kalau beli kopi di cafe, saya sangat selektif, maunya beli yang diskon atau kalau harus beli, saat kepepet meeting sama orang. Itu juga ukuran medium atau short, hehe..

Kalau pengeluaran per bulan bisa dikurangi, bisa nih kelebihan uang dialokasikan untuk naik haji.

Menabung

Nah, dari uang hasil mengubah gaya hidup, bisa dicemplungin ke celengan. Setiap menghemat, selisihnya ditabung.

Agar bisa naik haji, sepertinya memang harus istiqomah menabung juga, dan mengerem pengeluaran belanja online nih.

MyArafah
Counter Maybank Syariah

Sepertinya saya juga bisa mencari tabungan bank yang memang khusus untuk naik haji. Biar kalau lihat buku tabungannya, semakin semangat menabung ya.

Apalagi kalau tabungannya syariah, dan bisa mendapatkan bagi hasil yang menguntungkan, wah lumayan tuh. Jangan sampai terjebak sama bagi hasil yang bisa merugikan. Karena nanti  tabungan bukan bertambah tapi menyusut, malah bisa habis seketika.

Pernah mengalami seperti ini, sewaktu suami membeli produk asuransi yamg juga ada bagi hasilnya. Bukannya mendapatkan bagi hasil, malah setelah 10 tahun jadi rugi 20 juta. Nyesek.

Dengan mendapatkan bagi hasil sebagai ganti bunga bank, menabung juga lebih nyaman. Karena untuk naik haji, lebih baik seperti My Arafah, tabungan terbebas dari riba.  

Investasi Emas

Suami saya pernah mengajak saya untuk membeli emas. Saya pikir benar juga adanya. Jadi kepikiran untuk membeli emas, nanti kalau sudah terkumpul banyak bisa dijual lagi.

Tapi bukan perhiasan emas ya ladies, melainkan emas batangan yang harga jualnya lebih baik dibandingkan perhiasan emas.

Hanya sayangnya kalau dijual lagi, harga jual emas bisa lebih murah daripada harga beli. Lalu tidak ada bagi hasilnya, seperti tabungan MyArafah dari Maybank syariah.

Mencari Penghasilan Tambahan

Nah ini ladies, nggak bohong kan, kalau zaman sekarang biaya hidup naik. Dulu saya kalau mau jalan-jalan bawa anak cukup dengan uang 50 ribu. Sekarang mah udah nggak, kalau cuma bawa uang 50 ribu, harus sedia ATM sama bawa e-money.

Terus gimana nabung ya? Apalagi saya masih suka buka-buka marketplace buat cari barang yang didiskon. Sama suka ke pasar pagi setiap Jumat, nyari barang-barang lucu yang harganya murah. Tuh pusing kan.

Yupss, alternatifnya saya harus mencari uang lebih giat. Maklum sebagai freelance, yang bukan dapat gajian bulanan, harus lebih kerja keras, agar dapat penghasilan lebih setiap bulan.

Bisa macam-macam caranya, seperti berbisnis atau mencari pekerjaan tambahan. Berhubung saya lebih suka menulis, makanya saya berpikiran untuk mulai menulis fiksi kembali seperti novel. Semoga dimudahkan, amin.

Tabungan MyArafah Memudahkan Naik Haji

Udah pada dengar tabungan MyArafah belum? Dari salah satu tips saya diatas, menabung dengan My Arafah, bisa menjadi salah satu ikhtiar untuk haji sebelum usia 40 tahun.

Kebetulan saya dan teman-teman blogger mendapatkan undangan menghadiri Dream Day 2018 di Mal Summarecon Bekasi, pada hari Sabtu, tanggal 17 November 2018. Pada talkshow tersebut, ibu Yuliana Fitri dari CFS Syariah Maybank, menjelaskan tentang tabungan haji masa kini, yaitu MyArafah dari MyBank Syariah.

MyArafah
Ibu Yuliana menjelaskan mengenai MyArafah

Jujur saya baru kali ini mendengar tabungan MyArafah. Menabung dengan My Arafah, bisa menjadi salah satu ikhtiar untuk haji sebelum usia 40 tahun lho ladies.

Karena kalau kita sudah niat naik haji, mewujudkannya dengan menabung MyArafah. Maka insya Allah jalannya akan lebih mudah, dengan rejeki yang terbuka lebar.

MyArafah

Tabungan keluaran dari Maybank Syariah ini sangat mudah lho. Hanya menabung 100 ribu, kita bisa membuka tabungan MyArafah. Coba bandingkan dengan total shopping baju dan kosmetik per bulan? Hihi.. pasti deh totalnya di atas 100 ribu. Belum lagi kalau ditambah sama pengeluaran nongkrong di cafe, wah pengeluarannya bisa berkali lipat 100 ribu.

Setoran selanjutnya berapa ya nominalnya? Murah banget, setiap bulan kita hanya perlu menyetor minimal 100 ribu juga. Dan senangnya nggak ada beban administrasi setiap bulan.

Terus kapan dong kita mendapatkan porsi haji? Nah nanti setelah tabungan mencapai 25 juta, tinggal mengurus ke kantor Kementerian Agama Setempat. Dapat deh, jatah naik haji dari pemerintah. Mudah banget ya.

Untuk lebih jelasnya ladies, bisa dilihat gambar di bawah ini.

Tuh kan ladies, tabungan MyArafah memudahkan langkah ke Baitullah. Semoga tercapai ya, cita-cita naik haji sebelum usia 40 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *