Ovianty

Drone Terbaik Yang Sesuai Buat Kamu

pDulu saya tidak familiar dengan Drone, tapi setelah menjadi blogger dan mengikuti banyak acara, saya baru tahu apa itu Drone. Ternyata barang yang dulu kita anggap lucu dan tidak penting ini, sangat berguna dan bisa membantu dalam merekam video dari atas ketinggian. 

Apa Sih Drone Itu?

Pernah dengar Drone? Ehm.. kira-kira barang seperti apa ya itu? Saya dulu tidak pernah menganggap Drone itu penting, karena memang merasa tidak butuh. Setelah melihat Drone secara langsung beberapa kali event, saya baru tahu alat yang terbang itu namanya Drone. Dan beberapa kali melihat Drone, saya seperti orang-orang norak, melambaikan tangan ke Drone, sambil ketawa-ketiwi, hehe..

Drone terbaik di dunia
(sumber: www.mldspot.com/techno)

Pernah saya di sebuah event di Mall, juga melihat ada Drone yang terbang rendah dan ada juga pas ikutan sebuah demonstrasi, Drone berterbangan di atas. Untung Drone kecil ya, coba kalau seperti helikopter yang besar, takut juga melihatnya. Serasa bakal ada perang.
Sebenarnya buat apa sih Drone itu? Ternyata Drone itu bisa merekam dan mengambil gambar dari ketinggian. Karena Drone itu sebenarnya merupakan pesawat tanpa awak, yang bisa digunakan untuk berbagai kepentingan. Baru sekarang ini Drone bisa dipakai oleh khalayak umum, karena waktu dulu, hanya negara yang boleh menggunakan Drone, untuk mata-mata atau untuk mengecek wilayah dari ketinggian. Bahkan saat perang, Drone dilakukan untuk pengintaian musuh dan penyerangan. Seram ya.

Sejarah Drone

Yang penasaran kapan sih pertama kali Drone muncul, dan kenapa sekarang menjadi begitu populer. Yuk simak sejarahnya di bawah ini. 
  • Pada tanggal 22 Agustus 1849, penggunaan Drone mulai dilakukan saat pertempuran Austria melawan Venesia, Italia. Pada perkembangannya, Drone digunakan pada perang Dunia I. Drone mulai digunakan oleh Amerika dan Inggris. 
  • Pada Perang Dunia II, Drone digunakan oleh para tentara nazi Jerman untuk latihan para tentaranya. 
  • Drone menjadi semakin terkenal, dan digunakan dalam pemboman WTC pada tanggal 11 September 2011. 
  • Drone dikembangkan di Indonesia pada tahun 2000, tapi sayangnya tidak sesuai harapan. Tapi alhamdulillah, Drone sekarang bisa digunakan untuk memantau hutan dan perkebunan yang rawan terbakar. Selain itu Drone juga bisa digunakan saat musibah datang saat banjir, kebakaran hutan, gunung berapi, dan musibah alam lainnya. 
  • Sekarang Drone tidak hanya digunakan oleh pemerintah saja. Para pencari berita seperti jurnalis, blogger, vlogger menggunakan Drone untuk mendapatkan foto dan video lebih baik. 
Drone terbaik di dunia
(sumber: www.mldspot.com/techno)

Kegunaan Drone Saat Ini

Lalu sebenarnya untuk apa orang menggunakan Drone? Apakah untuk kesenangan pribadi saja atau untuk sebuah kepentingan pekerjaan? Ternyata Drone bisa dilakukan untuk dua kepentingan tersebut, yaitu :
  • Untuk Fotografi, biasanya untuk travel blogger, memang sebaiknya mempunyai Drone, karena hasil foto akan lebih maksimal dari atas ketinggian. Dan bisa mengambil view dengan lebih baik, serta menjangkau tempat yang lebih jauh. Seperti contoh saat kita berada di atas gunung, jarak pandang foto pasti terbatas, dan mengambil foto objek jauh pasti juga tidak tajam hasilnya. Nah, dengan Drone, kita bisa menjangkau objek yang diambil dengan lebih dekat, dan hasil foto akan lebih tajam. Selain travel blogger, bisa juga fotografer event seperti wedding, atau event brand. Dibandingkan naik tangga mencari point of view yang bagus dari atas, memakai Drone akan lebih memudahkan. Dan juga bisa memfoto secara keseluruhan dari atas. 
  • Untuk Videography, biasanya Drone memang sangat baik digunakan, karena kalau kamera kan hanya bisa merekam dari bawah. Sedangkan Drone bisa merekam segala aktivitas dari atas, dan leluasa menjelajahi tempat dari sudut mana saja. Ini juga bagus digunakan oleh blogger, vlogger dan juga kameraman. 
Hanya memang bagi yang belum mahir menggunakan Drone, harus menjaga jarak dari penonton atau orang yang datang. Dan juga bagi travel blogger, harus hati-hati, Drone tidak bisa melalui tebing yang sempit, karena takut tertabrak. Mirip helikopter yang sedang terbang, Drone juga antisipasi menabrak objek-objek tertentu kalau tidak mau Drone rusak dan hancur. 

Drone Terbaik Di Dunia

Drone apa saja yang terbaik di dunia? Nah, saking banyaknya Drone yang ada sekarang. Pasti pusing ya buat memutuskan membeli Drone yang diinginkan. Sebaiknya memang sebelum membeli Drone, kita harus mengetahui jenis-jenis Drone terlebih dahulu yang tercanggih di dunia, agar bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan kita. Seperti travel blogger, yang pastinya membutuhkan Drone yang kecil dan simpel untuk dibawa jalan-jalan. Dan pastinya lagi bisa menjelajah alam dengan jauh. Atau perusahaan yang membutuhkan Drone besar untuk pemetaan. Simak jenis-jenis Drone di bawah ini yuk!

  • SenseFly Albris
  • Mercus UAV Zephyr2
  • Lehman Aviation LA500-AG
  • DJI T600 Inspire 1
  • Splash Drone 3
  • Yuneec Typhoon H
  • DJI Mavic Air
  • DJI Phantom 4 Pro
  • GoPro Karma
  • Walkera GPS QR X800
  • Parrot BeBop 2
Yuk, beli Drone yang pas buat kamu!

11 thoughts on “Drone Terbaik Yang Sesuai Buat Kamu

  1. Aku pengen banget punya drone ini, jadi bisa dapetin gambar atau video dari atas, kalau lihat hasil gambar atau video dengan drone dari atas itu udah ngerasa kecil banget, luar biasa banget pencipta Drone ini

  2. drone harganya bisa puluhan juta juga ya
    tapi memang membantu banget apalagi bagi vlogger dan blogger
    cuma tetap ada kelemahan ya…seperti klu nyugsep ke air ada yg ga bisa bagus lagi
    seperti kejadian teman saya

  3. Kebetulan krn urusan pekerjaan.. suamiku beli drone untuk coba aplikasi yang dia buat.. wkwwk kalau photographer buat foto foto.. ya harap maklum.. untuk programmer mah buat ngetes aplikasi yang dia buat..

  4. Wow, drone. Saya sudah beberapa minggu ini demam drone, ditambah saat nonton pembukaan Asian Games makin mupeng sama drone, soalnya kl ada acara2 bagus banget pakai drone mbak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *