Ovianty

Dukung Asian Games 2018 Yuk!

Wah Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games ke-18. Kita bisa dukung Asian Games biar berjalan semakin lancar dan sukses. Sekalian juga jangan lupa kita promosikan budaya, kerajinan dan kuliner Indonesia, ke para suporter dan atlet Asian Games dari negera peserta. Supaya Indonesia semakin dikenal terutama di negara-negara Asia. 
Tidak terasa ya, sebentar lagi Asian Games 2018 akan dimulai di Jakarta-Palembang, di sepanjang jalan jakarta sih sudah banyak spanduk dan baliho menyambut Asian Games 2018. Sebagai rakyat Indonesia, khususnya warga Jakarta, event ini sangat membanggakan, karena Indonesia dianggap pantas sebagai tuan rumah menyelenggarakan Asian Games. Apalagi ini merupakan kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah, setelah sebelumnya menjadi tuan rumah pada tahun 1962, dimana saat itu yang berpartisipasi baru 17 negara di Asia.

Asian Para Games, Pertandingan Para Inspirasi

Nah, selain Asian Games pada bulan Agustus 2018 nanti, juga akan diadakan Asian Para Games 2018 yang akan berlangsung pada 6-13 Oktober mendatang. Kemarin saya dan keluarga menonton diadakan test event yang bertajuk Indonesia Para Games Invitational Tournament, yang diadakan pada 27 Juni sampai 3 Juli di kompleks olahraga Gelora BUng Karno, Senayan, Jakarta.

Bagi yang baru mendengar, pasti masih bingung ya! Asian Para Games ini pertandingan untuk para disabilitas. Kebetulan saya dan keluarga menghadiri pertandingan badminton. Sayang agak jauh dari tempat pertandingan, jadi tidak mendengar nama atletnya. Tapi saya melihat para atlet yang  memang (-maaf) cacat di tangannya dan kakinya. Namun semangat mereka untuk bertanding bisa diacungkan jempol, sangat semangat.
Pada saat istirahat kami disajikan pertunjukan tari Jaipong dan juga tari ala anak muda, yang penuh dengan semangat. Kerasa banget nasionalisme di sini, menyaksikan pertunjukan seni yang membuat para atlet Para Games Indonesia menjadi semangat, dan juga para penonton.

Kilas Balik Asian Games

Sebenarnya buat apa sih diadakannya Asian Games? Asian Games ini sebenarnya bukan pertandingan olahraga biasa lho, ini diadakan setelah Perang Dunia II berakhir, dan beberapa negara di Asia memperoleh kemerdekaan, termasuk Indonesia tentunya. Nah, supaya terjalin hubungan erat antar negara Asia, maka dibuatlah Asian Games, yang dicetuskan oleh Guru Dutt Sondhi, beliau merupakan perwakilan India dalam Olimpiade London tahun 1948. 
Jadi bukan untuk melihat negara mana yang paling unggul olahraganya, Asian Games lebih diperuntukkan untuk persahabatan, dengan 45 negara yang ada di Asia. Jadi seperti petikan kalimat Via Vallen dalam lagu Theme Song Asian Games 2018 ‘Meraih Bintang’, “Kalau menang berprestasi, Kalau kalah jangan frustasi, Kalah menang solidaritas, Kita galang sportifitas.
Indonesia mempunyai banyak legenda lho di Asian Games, dari dunia Badminton seperti Lim Swie King pada Asia Games Bangkok 1978. Untuk saat ini prestasi Asian Games Indonesia terbaik pada Asian Games 2014, di Korea Selatan. Saat itu Indonesia memperoleh 4emas, 5 perak dan 11 perunggu. Peringkat yang didapat Indonesia juga peringkat 17 dari 45 negara. Kalau sekarang sih, dengar-dengar diprediksi peringkat 10 akan diraih Indonesia menurut Erick Tohir, Ketua Indonesia Asian games 2018 Organizing  Comittee. Amin, semoga bisa ya. 

Olahraga Yang Dipertandingkan

Trus olahraga apa saja sih yang akan dipertandingkan di Asian Games 2018 ini? Ternyata ada 40 olahraga, termasuk di dalamnya 10 olahraga baru yang akan dipertandingkan, yaitu :
  1. Rollersport, cabang olahraga yang terdiri dari skateboarding dan roller skate
  2. Bridge, mirip catur tapi harus dimainkan berpasangan dan menggunakan remi
  3. Basket 3×3, total pemain hanya 6 orang
  4. Jet Ski, jet ski sudah familiar di water sport
  5. Pencak Silat, sangat ditunggu oleh Indonesia, karena olahraga asli Indonesia
  6. Jiu Jitsu, seperti gulat
  7. Sambo, perpaduan macam gaya bela diri yang ada di dunia
  8. Kurash, gerakan menyerang dan membanting untuk menjatuhkan lawan
  9. Paralayang, dengan parasut dan turun pada satu titik
  10. Panjat Tebing, memanjat tebing sehingga sampai puncak
Gimana? Keren-keren kan pertandingan olahraga baru di Asian Games 2018? Yuk, nonton pertandingannya. Buktikan kalau kita mendukung Asian Games, terutama para atlet Indonesia agar menang dalam pertandingan. Lalu gimana cara beli tiketnya? Gampang, bisa beli secara online tiketnya, dimana Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) mengatakan ada 2 jenis tiket, yaitu untuk penonton internasional dan untuk penonton domestik. Dan untuk setiap cabang-cabang olahraga, tiketnya akan bervariatif harganya. Siap-siap untuk olahraga favorit, harganya akan lebih mahal dibandingkan olahraga yang kurang diminati. 

Taekwondo Olahraga Beladiri Populer di Indonesia

Dulu sewaktu SMP sampai SMU saya mengikuti bela diri Taekwondo setelah pulang sekolah dan setiap weekend. Taekwondo ini sangat bagus menurut saya karena menggunakan kombinasi kaki dan tangan dalam melakukan bela diri. Ditambah lagi badan menjadi lentur dan lebih fit, karena saat melakukan peregangan sebelum melakukan Taekwondo, kita diminta untuk melakukan gerakan split, yaitu kedua kaki di dilebarkan dan sejajar menempel di lantai. 
Sayang saya hanya sampai sabuk kuning plus, belum sampai sabuk hijau. Walaupun begitu, saya merasa beruntung mengenal salah satu beladiri ini, karena memang sebagai salah satu sarana olahraga saat muda. Ditambah lagi saat itu saya penggemar film-film beladiri China dengan aktor favorit Jet Lee, jadinya saya termotivasi mengikuti Taekowondo salah satunya karena kagum dengan kepiawaian Jet Lee, saat berkelahi dengan musuh-musuhnya. 
Dan saya dengar-dengar, pada 15 Maret 2018 lalu, sembilan atlet taekwondo Indonesia sudah berlatih di Korea Selatan untuk training camp. Keren ya. Katanya sih karena memang Korea Selatan bagus di dunia Taekwondo, padahal nggak kebayang ya, muka putih dan halus begitu, malah jago Taekwondo, hehe.. Tapi bagus deh, biar para atlet Taekwondo Indonesia, lebih siap menghadapi Asian Games 2018 nanti. 
Anak perempuan saya, lebih menyukai olahraga Panahan dibandingkan bela diri. Mungkin karena saat bersekolah di TKIT dulu, diajarkan panahan. Sehingga pada Asian Games ini, kemungkinan selain menonton Taekwondo, kami sekeluarga juga akan menonton panahan, atas permintaan si kakak. Kalau ayahnya pastinya mau nonton pertandingan bola, karena memang doi sangat suka bola. 
Jadi sepertinya harus mempersiapkan uang dari sekarang, kalau ingin menonton pertandingan Asian Games 2018 sekeluarga. Kenapa harus nonton? Ya, karena sebagai tuan rumah kita harus turut mendukung dan menyukseskan Asian Games 2018 dong! Kalau kamu gimana? 

9 thoughts on “Dukung Asian Games 2018 Yuk!

  1. Alhamdulillah banget ya Indonesia bisa jadi tuan rumah untuk Asian Games 2018 ini. Pingin deh nanti ke Palembang, menyaksikan secara langsung kompetisi2nya. Sekalian travelling ke Palembang, mumpung lagi ada event ya kan. Aku belum pernah ke Palembang soalnya. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *