Ovianty

Allianz Sweat Challenge, Melakukan Yoga Di Bulan Puasa

Melakukan olahraga saat bulan Ramadhan memang berat, apalagi pas cuaca sedang panas, kebayang haus dan lapar. Tapi ada lho olahraga yang menyenangkan di outdoor saat bulan Ramadhan. Salah satunya dengan mengikuti yoga di Allianz Ecopark Ancol. Bayar? Nggak kok, gratis. Malah dapat ta’jil gratis juga. Alhamdulillah.

Sabtu sore, tanggal 26 Mei 2018, saya bersemangat pergi ke Ancol buat mengikuti Allianz Sweat Challenge event yoga di Allianz Ecopark. Kebetulan badan memang lagi pegal-pegal, butuh olahraga. Bagi yang baru pertama kali mendengar, Allianz Sweat Challenge ini, bentuk merupakan sumbangsih Allianz untuk mengajak Indonesia sehat bersama. Yang terpenting sih bagi saya, acara ini gratis dan juga seru karena barengan sama teman-teman blogger.
Kebetulan di shelter Trans Jakarta Kampung Melayu, naik mba Lita Chan. Kami lalu duduk bersebelahan. Kami tiba di shelter Busway Ancol sekitar lewat dari pukul setengah 5 sore. Agak galau juga mau naik ojek karena takut jauh, tapi kebetulan saat itu ojek sedang tidak ada. Setelah bertanya-tanya, kami memutuskan untuk jalan kaki ke Allianz Ecopark. Kurang lebih ternyata 15 menit untuk sampai ke tujuan. 
Kami sempat bingung juga masuk ke Allianz Ecopark lewat pintu Paint Ball tapi malah tidak menemukan lapangan hijau. Alhamdulillah ketemu sama pasangan suami istri yang sedang jogging, juga mau mencoba yoga. Jadinya saya dan mba Lita mengikuti mereka, walaupun pada awalnya sempat sang istri agak ragu karena belum pernah mengikuti yoga. Saya menyakinkan kalau kami juga belum pernah ikut yoga, akhirnya mereka tertarik ikutan. Ternyata Allianz Ecopark lumayan luas ya, saya merasa keringatan duluan sebelum yoga, karena mencari lapangannya.

Yoga Bersama #AllianzSweatChallenge

Di lapangan hijau, ternyata sudah mau mulai, kami lalu mendaftar ulang di meja registrasi dan menggelar matras biru di lapangan.  Beberapa saat kemudian instrukturnya Adeline Windy, memandu kami untuk melakukan gerakan-gerakan yoga . Jujur, agak ngeri  sih, berhubung udah lama banget nggak olahraga. Karena yoga ini membutuhkan keseimbangan dan relaksasi, belum lagi gerakannya yang membutuhkan kelenturan tubuh. Alhamdulillah ternyata saya bisa mengikuti gerakan yoga dengan baik. Rasanya badan jadi segar dan enakan setelah yoga. Jadi bisa ketagihan nih. Lumayan bisa badan nggak pegel-pegel terus, karena kurang olahraga.

Ada beberapa gerakan yoga yang memang membutuhkan tenaga ekstra menurut saya. Tapi badan menjadi ringan dan segar setelah yoga berakhir. Biasanya saya habis olahraga suka kecapekan, dan pengen cepet pulang. Eh ini setelah buka puasa, malah kita jadi semangat jalan-jalan di Ancol sama teman-teman yang lain.
Alhamdulillahnya, sekitar 5 menit sebelum buka puasa, kami mendapatkan menu ta’jil berupa teh tawar dari Sosro, pisang dari Sun Pride dan kopi dari Ammogambino yang aman buat lambung. Setelah itu kami berfoto bersama dengan para peserta Yoga dan trainernya. Wah saya hepi, karena baru kali mencoba Yoga, apalagi pas bulan puasa, tantangan banget buat yang pemalas olahraga seperti saya. 

Cara Mengikuti Allianz Sweat Challenge

Mau ikutan Allianz Sweat Challenge? Bisa mengajak keluarga dan teman-teman nih. Cek dulu nih jadwalnya, biar bisa pas dengan agenda kita. Sayang kan kalau udah ke Allianz Ecopark, ternyata nggak ada acaranya. Dan jangan lupa, daftarkan diri dulu ke websitenya, biar sudah terdaftar dan tinggal registrasi ulang di meja peserta, kita bisa langsung mengikuti acaranya. Gampang kan.
Untuk hari ini, Yoga For Runners with Adeline Windy, pada pkl 17.00 WIB. Tapi kata mba Adeline, karena pesertanya kebanyakan pemula dan bukan runners, maka yoga yang dilakukan yoga untuk pemula. Alhamdulillah, saya sebagai pemula jadi senang. Enaknya mendaftar ke Allianz Sweat Challenge ini tidak harus menjadi nasabah Allianz terlebih dahulu. Walaupun sebenarnya saya dan keluarga terdaftar sebagai nasabah asuransi kesehatan Allianz, lewat kantor suami. Jadi Allianz memang murni membuat event kesehatan untuk masyarakat, bukan sebatas nasabahnya saja.

Kegiatan Allianz Yang Mensupport Gerakan Hidup Sehat

Selain Allianz Sweat Challenge, ada 2 lagi lho kegiatan Allianz yang mendukung hidup sehat, supaya masyarakat Indonesia sehat terwujud. Karena memang negara akan kuat bila penduduknya sehat. Mau tahu apa aja?

  • Allianz Junior Football Camp 2018                                                                                  

Sepakbola memang sedang mendapatkan angin segar di negeri ini. Saya sudah pernah mendengar beberapa perusahaan susu, memberikan perhatian juga untuk sepakbola, khususnya anak-anak. Saya baru tahu ternyata Allianz peduli juga pada sepak bola. Apalagi memang sepakbola itu lebih baik dibina sejak masih anak-anak, sehingga lebih terlatih dan masa depannya cemerlang. Apalagi sekarang pemain bola Indonesia mulai dilirik oleh klub-klub luar negeri. Tidak disangka sekarang sudah tahun ketujuh pelaksanaan Allianz Junior Football Camp, dan pelatihnya juga didatangkan langsung dari tim pelatih Bayern Munchen. Semoga nanti muncul bakat-bakat baru, sehingga Indonesia bisa masuk nominasi kejuaraan dunia, minimal jadi partisipan dalam kejuaraan dunia.

  • Allianz World Run                                             

Pernah berlari secara virtual? Saya belum sih, dan tertarik mau mencobanya kapan-kapan. Dengan Allianz World Run yang diluncurkan pada tanggal 28 April 2018, kita bisa berlari kapan saja dan dimana saja. Karena berlari merupakan  gaya hidup sehat, yang dapat dipraktekkan secara mudah oleh setiap orang. Dengan total akumulasi kilometer yang dihasilkan, maka akan menjadi dukungan masyarakat atas program edukasi kesehatan remaja. Karena memang masa remaja rentan dengan masalah kesehatan, terutama apabila tidak mendapatkan dukungan dan pengetahuan dari orangtuanya. Periode ini berlangsung dari tanggal 28 April hingga 26 Juli lho, banyak hadiahnya bertebaran, yuk ikutan.

Tuh, banyak kan acara dari Allianz dalam mendukung Indonesia sehat. Jangan sampai ketinggalan, kamu juga bisa ikutan nih!

29 thoughts on “Allianz Sweat Challenge, Melakukan Yoga Di Bulan Puasa

  1. aku ketagihan yoga ini loh mbak , enak buat di badan setelah yoga ya. jadi ketagihan mau yoga lagi , ditambah lokasinya adem bangett.. rumput hamparan hijau allianz ecopark nya bener2 pas untuk olahraga yoga yaa mbak.. mau lagi akhh kalo ada yoga disana

  2. Saya beberapa kali ikut Yoga, dan ternyata setelah pulang Yoga badan terasa enteng lho, tidak merasakan pegal.

    Tapi sayang niy belum bisa rutin olahraga yoganya. Padahal hasilnya udah terasa bugar.

  3. wah tantangan banget ya sore-sore olahraga menjelang buka puasa, asiik bener. saya selama puasa ga pernah olahrga mbak, yang biasanya badminton ini ga pernah sama sekali meskipun udah diajakin.

    saya lihat di situsnya schedul nya ga ada tempat kotanya, mungkin di jkt semua kali ya mbak

  4. Saya rasa belum terlalu banyak lembaga yang peduli dan bahkan terjun langsung dalam mengedukasi masyarakat untuk menerapkan gaya hidup sehat seperti ini. Salut buat Allianz

  5. Duh kalau saja dekat mau deh ikut tantangan yoga nya. Bawa anak dan keluarga. Sayang jauh…

    Ingin belajar yoga, saya baru saja beli matrasnya. Hahaha

  6. Di Surabaya atau Jogja gak ada ya, mbak. Mau puasa atau tidak, sebenarnya tinggal lihat proporsinya sih. Hampir sama dengan olah raga yang lin juga kan?

    Salam
    @nuzululpunya

  7. pernah olahraga yoga, tapi sendiri.. tutor nya youtube! hahaha.. tapi emang ya, gak banyak gerak kesana kesini tapi keringetannya pake bangetttt.. udahannya langsung seger

  8. Baca cerita Mbak Ovy tentang perjalanan sebelum sampai ke tempat yoga, saya udah ngebayangin capeknya duluan Mbak. Hehehe… Kapan hari pernah baca di mana gitu tentang programnya Alllianz ini. Keren ya Mbak. Jarang ada yang mau konsen untuk urusan gaya hidup sehat masyarakat.

  9. Yoga saat puasa. Wowww.. eh tapi karena yoga lebih banyak funnya jadi ga berasa capek ya mba. Malah jadi semangat ya nunggu buka. Makin ke sini allianz makin peduli dan mengembangkan program health lifestyle ya.

  10. Asyik bangat Mba Ovi bisa ikut Yoga meskipun puasa, pasti tubuhnya lebih bugar ya Mba.

    Apalagi yoga di alam terbuka di area Allianz Ecopark yang sejuk pasti makin seru.

    Dan saya pernah juga ke sini, banyak spot foto bagus di sini hehehe

  11. Yoga saat Ramadan? Wah asyik, apalagi dilakukan sebelum buka, sore2 mbak 😀
    Olahraga ini temasuk cocok krn gerakannya bisa menyesuaikan, kalau puasa gini lakukan gerakan yg gk butuh tenaga banyak, tapi ya kyknya butuh konsentrasi hehe 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *