Ovianty

Menghadapi Balita Yang Mogok Sekolah

“Aku nggak mau sekolah!” Erin, anak saya yang berusia 4 tahun, langsung histeris, saat diajak ayahnya untuk berangkat sekolah. Ayahnya langsung bingung dan menatap saya. Aduh, selalu begini ya, kalau ada apa-apa sama anak, selalu ibunya yang ditodong penjelasan. Kebayang kan, betapa betenya, ihikksss…
Padahal saya juga bingung lho, kenapa Erin bisa tiba-tiba ngambek di sekolah. Sekian detik saya berpikir Moms. Lalu terlintas di kepala, ingatan saat menjemput Erin pulang sekolah kemarin. Oya, Erin kemarin sempat curhat selama perjalanan pulang. “Ami, nggak mau bagi aku permen. Ami pelittt..,” begitu kata Erin berulang-ulang.
“Oh iya, Erin mau dibeliin permen yah, kayak punya Ami,” kataku. Ayahnya langsung ketawa. “Mau permen  buat bekal sekolah?” Tanya ayahnya. Erin mengangguk, sambil mengacungkan ibu jari dan jari tengahnya. “Dua,” kata Erin. Ayahnya senang Erin sudah semangat sekolah lagi.
Memang bukan sekali ini Erin mogok sekolah. Dulu pernah Erin tidak mau sekolah selama dua minggu, setiap masuk kelas langsung menangis. Padahal awal masuk sekolah Erin termasuk anak yang bersemangat. Saya pernah diceritakan oleh seorang pengasuh teman sekolahnya Erin, namanya Sultan. Kalau Erin pernah meledek Sultan dengan mengatakan kalau yang suka menangis itu temannya Setan.Sejak itu Sultan menjadi anak yang tidak lagi menangis, takut dibilang temannya setan sama Erin, hehe..
Kembali ke Erin, kenalan baik saya bilang, memang ada kalanya anak tiba-tiba menangis, karena memang ada masanya. Apalagi bila masih balita, jadilah saya terpaksa menerima dengan lapang dada. Ada saja sebab yang membuat anak malas sekolah, dan ini menjadi tantangan bagi setiap orang tua. Dan untuk penyebabnya bisa ketahuan dan tidak ketahuan. Tergantung anaknya masing-masing, mau bercerita atau tidak pada orangtuanya.
Tapi saya pantang menyerah mencari tahu bila Erin malas sekolah, karena saya menganggap ini pembelajaran saya sebagai seorang ibu, untuk mendalami karakter anak. Karena setiap anak kan beda-beda gaya, kembar identik sekalipun tetap berbeda sifatnya. Ditambah lagi Erin tipe ekstrovet, alias selalu terbuka dan banyak ngomong. Sehingga dengan mudahnya saya mengetahui alasan Erin bila tiba-tiba mogok sekolah, karena Erin biasanya akan ngomong setelah dirayu dan dibujuk.
Jadi bagaimana gaya Moms, bila menghadapi anak mogok sekolah?

1 thought on “Menghadapi Balita Yang Mogok Sekolah

  1. Jadi catetan buat ku juga nih mbak.. Nadaa juga kadang suka mogok tiba2 gak mau sekolah.. Kadang alesannya sepele! Karena temen cs-an nya gak masuk hihihi.. Ada ada aja emang..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *