Ovianty

Sasa Santan Kelapa, Santan Yang Praktis Dan Serbaguna

Bu, kok masakannya anyep? Nggak ada rasa?” Sebal deh, kalau suami udah ngomong begitu. Capek-capek masak dibilang masakan nggak enak. Memang begini kalau lidah suami sukanya masakan bersantan yang enak dan gurih. Sayur bening aja, dia nggak suka. Maunya masakan padang, padahal kan masaknya susah. Harus beli kelapa parut di pasar, terus diperas buat ngambil santannya. Jadi lama masaknya, keburu ngantuk. Pengennya masak itu cepet, srek.. srek jadi, biar cepat selesai, bisa ngerjain kerjaan rumah lain, atau nulis blog. Malas ribet soalnya.
Untungnya saya diundang ke launching Sasa Santan Kelapa berbentuk cair di PT. Sasa Inti yang berlokasi di Kemanggisan, pada hari Rabu, tanggal 20 Desember 2017. Jadi bisa mendapatkan informasi mengenai santan instan yang bagus. Sebagai produk baru, Sasa Santan Kelapa merupakan santan murni segar pilihan, yang praktis, gurih dan mantap rasanya. Rasanya juga sesegar kelapa baru diperas, tanpa bahan pengawet. Ditambah lagi, bagi penderita diet sangat bagus, karena mengandung 0% gula dan 0% kolesterol alias bebas gula serta bebas kolesterol. Tidak usah takut kolesterol dan diabetes-nya akan melonjak tinggi bila mengonsumsi Sasa Santan Kelapa. Pokoknya aman banget memakai Sasa Santan Kelapa, aslinya santan.

(Keseruan Talkshow Sasa Santan Kelapa)

Di acara talkshow yang menjelaskan tentang Sasa Santan Kelapa oleh Bapak Sutjipto, (Senior Marketing Manager Sasa), Chef Vania Wibisono. Senangnya pas sesi tanya jawab, ada ibu yang rempong kalau masak gulai seperti saya, juga menanyakan perihal santan yang pecah kalau dimasak. Pas banget pertanyaannya. “Sasa Santan Kelapa tidak akan pecah bila dimasak, tidak usah khawatir,” jawab Bapak Sutjipto. Wah, asyik banget. Berarti masak gulai, terutama rendang, nggak usah capek dijagain. Keren banget deh Sasa Santan Kelapa. Masakan rumah langsung enak menggunakan bumbu masak, dan pastinya belajar masak dengan mengikuti Sasa Cooking Class.

Chef Vania juga menambahkan kalau Sasa sebagai brand bumbu masakan terpercaya, yang sudah ada sejak lama, yaitu tahun 1968. Sehingga Sasa Santan Kelapa terjamin kelezatannya. Chef Vania pun mengakui, dibandingkan brand santan cair lainnya, Sasa Santan Kelapa terasa creamy dan gurih. Cocok dijadikan bahan untuk masakan apapun yang membutuhkan santan sebagai penambah kelezatan rasa.

Launching Sasa Santan Kelapa lalu ditandai dengan membelah kelapa raksasa, yang isinya Sasa Santan Kelapa raksasa. Keren. Dengan ini, Sasa Santan Kelapa bisa didapatkan di mana-mana dengan mudah, seperti minimarket, pasar tradisional, swalayan dan warung kelontong. Yuk beli yang banyak.

(Bpk. Ronny A. Imbar, Chef Vania, Bpk. Sutjipto)
(Sasa Santan Kelapa Raksasa)

Saya sendiri sewaktu ditantang oleh Chef Kong yang akan menyajikan resep kreasi santan, maju ke depan, menyicipi Sasa Santan Kelapa, langsung jatuh cinta sama Sasa Santan Kelapa. Kenapa? Karena memang manis dan kentalnya beda sama brand santan cair langganan saya. Ini rasanya lebih kental, manis kelapanya sangat terasa, dan sepertinya pas disajikan untuk topping makanan.

Di cooking class ini, Chef Kong sendiri membuktikannya dengan membuat Mango Thai, yang rasanya menari-nari di lidah saking enaknya, karena dikasih Sasa Santan Kelapa di atasnya. Kesegaran mangga asli yang manis tanpa gula, bercampur dengan kelezatan Sasa Santan Kelapa. Ibu-ibu sampai mengantri berkali-kali untuk menikmati Mango Thai, termasuk saya. Setelah gelas kosong, ngantri lagi wkwkw.. Lucunya Chef Kong malah senang, “Siapa lagi yang mau nambah? Ayo ngantri,” seru Chef Kong dengan semangat. Padahal Chef Kong belum nyicipin sama sekali, hehe. Para ibu yang membantu Chef Kong membuat Mango Thai, juga bersemangat, setelah habis langsung diblender lagi mangganya.

(Chef Kong dibantu para ibu membuat Mango Thai)

(Mango Thai)

Setelah puas dengan Mango Thai, acara selanjutnya sesi belajar fotografi makanan dengan Chef Vania dan Ayu Diah Respatih. Menurut Chef Vania, zaman sekarang mencari uang lewat media sosial sangat mudah. Dengan memfoto makanan yang diposting ke instagram, bisa dijadikan profesi yang lumayan. Ayu Diah, salah satunya, sebagai food blogger yang sudah mendapatkan penghasilan dari instagram dari postingannya, membagikan ilmunya dalam memotret makanan.

(Ayu Diah Respatih)

Ternyata dalam memotret makanan yang paling penting lighting. Untuk lighting alami bisa dibantu dengan pencahayaan dari luar, dari pkl. 09.00-15.00 WIB. Kalau tidak bisa karena sesi pemotretan indoor, bisa dibantu dengan lampu led dan styrofoam di beberapa sisi. Selain itu foto jangan sampai bocor, dan juga harus fokus pada objek yang difoto. Pernak-pernik yang ditambahkan hanya sebagai pemanis, yang paling penting objek yang difoto jelas dan pas.

(Soto Betawi menggunakan Sasa Santan Kelapa)

Senangnya, saya dan para ibu peserta lainnya diberi kesempatan untuk mempraktekkan ilmu memotret makanan yang instagramable. Masakan yang disajikan untuk diabadikan ke foto yaitu soto betawi dan rendang. Dessertnya Mango Thai yang tadi kita cicipi. Saya dan ibu-ibu lain bersemangat sekali memotret lalu langsung minta penilaian. Kita foto dari atas, samping, bawah, untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal. Aduh padahal sudah ngiler banget mau makan soto dan rendangnya, secara perut langsung lapar, melihat masakan enak.

Saya juga tidak lupa ikutan narsis di booth foto Sasa Santan Kelapa, bareng ibu-ibu yang lain. Memang ibu-ibu zaman now, selain masak bareng, juga bisa narsis bareng juga, hihi. Love it banget sama Sasa Santan Kelapa, makasih.

Akhirnya setelah puas foto-foto, saya dan peserta lain dipersilahkan masuk kembali ke ruangan. Wow, saat masuk, aroma masakan menyebar kemana-mana. Enak banget baunya, pas panitia mempersilahkan untuk makan, saya dan para ibu langsung ngantri dengan semangat. Tidak sabar mau makan, apalagi masakan Chef Kong, menggunakan Sasa Santan Kelapa, pasti maknyus.

Soto betawinya kerasa manis segar santan yang fresh, ditambah rendang yang kaya bumbu dan santan. Rasanya? Ehmm.. nyummy. Kalau nggak malu, pengen nambah. Apalagi dessert salad buah yang segar dan asam manis. Enak banget.

Acara berakhir dengan pengumuman pemenang instagram dan livegram, yang mendapatkan goodie bag tambahan serta voucher belanja. Vouchernya bisa tuh buat memborong Sasa Santan Kelapa, buat stok masak berbulan-bulan di rumah.

(Para pemenang Livegram dan Instagram)

Senang banget bisa hadir di acara ini. Semoga nanti Sasa mengadakan event-event masak seperti ini. Mendapatkan ilmu masak yang berharga, terutama santan instan Sasa Santan Kelapa, dan juga bisa menyicipi hasil masakan chef terkenal, Chef Kong dan Chef Vania. Makasih Sasa Santan Kelapa. Bagi yang pengen tahu resep-resep seputar Sasa Santan Kelapa, yuk gabung di Komunitas Kreasi Sasa, bisa ngintip juga di www.kreasisasa.com dan juga follow sosial media Kreasi Sasa @kreasisasa.
#SasaSantanKelapa#AslinyaSantan #BelajarMasak #KreasiSasa
#MasakanRumah

6 thoughts on “Sasa Santan Kelapa, Santan Yang Praktis Dan Serbaguna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *